Alasan Kenapa Memilih Jadi Pengusaha

Alasan Kenapa Memilih Jadi Pengusaha  

Loading...

Alasan Kenapa Memilih Jadi Pengusaha – Ketika awal memulai usaha, saya termakan ucapan dari para motivator yang menjadikan profesi pengusaha sebagai profesi dan jalan hidup terbaik. Padahal pegawai yang profesional jauh lebih mulia dibanding pengusaha yang korup.

Kesuksesan bisa kita raih jika kita serius dan tekun serta kerja keras untuk meraihnya. Apa pun bidang yang kita inginkan. Jadi pengusaha yang sukses itu butuh waktu bertahun-tahun dengan berbagai kegagalan di dalamnya. Menjadi pegawai pun butuh waktu puluhan tahun untuk mencapai Top Position diiringi dengan berbagai tantangan di dalamnya.

Perbedaan mencolok antara pengusaha dan pegawai lebih ke risiko yang ditanggungnya.  Menjadi pengusaha sering kali bermain dengan lingkup risiko yang lebih besar, dan tentunya keberhasilan atau kegagalan yang juga besar. Pengusaha yang tidak bisa mengatur pola kerja dan manajemen usahanya bisa saja bangkrut dan meninggalkan banyak hutang.

Perbedaan Pegawai dan Pengusaha, kenapa memilih jadi pengusaha ?

Secara sederhana perbedaan antara pengusaha dan pegawai dapat dilihat dari tabel berikut ini :

Tabel Perbandingan dan risiko antara Pegawai dan Pengusaha

PegawaiPengusaha
Mengikuti jalan yang adaMencari jalan
Lebih banyak bertindakLebih banyak mendengar
Mengambil sedikit risikoHarus lebih berani mengambil risiko
Memiliki kemampuan yang dalamLebih generalis
Dibayar karena jasaDibayar karena hasil
Menyukai liburan karena ia tidak perlu bekerjaMenyukai liburan karena mereka dapat bekerja seharian tanpa mengalami gangguan
Butuh jaminanTidak butuh jaminan
Mengikuti peraturan yang berlakuMembuat aturan
Bertanggungjawab pada beberapa keputusanBertanggungjawab atas semua hal
Melakukan tugasMembuat rencana

Tabel di atas menunjukkan bahwa risiko yang diterima pegawai lebih kecil dibanding apa yang didapat pengusaha, demikian juga dengan manfaat yang didapat. Ada sebuah ungkapan yang pas untuk fenomena ini. “Higs Risk High Return

Ketika seorang pengusaha gagal dan bangkrut, ia akan belajar dari kesalahannya dan akan membuat usaha yang dilakukan berikutnya menjadi lebih matang.  Hasil survei membuktikan pengusaha yang kreatif, tekun dan berpikir ke depan pasti akan sukses dalam bisnis dengan waktu yang berbeda.

Ketika pengusaha sukses dalam bisnisnya, biasanya kesuksesan itu akan merambat ke berbagai bidang dan lini bisnis yang dirintis. Hal ini diakibatkan pengalaman yang matang yang di dapat dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

Kenapa seseorang memilih jadi seorang pengusaha sejatinya adalah belajar untuk menjadi seorang risk manager, yaitu orang yang berani dan bisa mengolah serta mengubah masalah menjadi potensi, hambatan jadi tantangan, hutang menjadi investasi yang bernilai, dan mencetak tim dan produk yang andal.

Jadi lebih baik memilih jadi Pengusaha atau jadi Pegawai, silakan tentukan sendiri? Apa pun yang menjadi keputusan Anda adalah hak sekaligus tanggung jawab Anda. Apa pun itu semoga sukses buat seluruh pembaca maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan