MEDIA PEMBELAJARAN

Sebelum membahas media pembelajaran, sebaiknya kita membahas dulu apa itu belajar, pengajaran, dan pembelajaran. Belajar dalam bahasa inggris adalah “learning” yaitu proses pengembangan individu melalui penambahan pengetahuan, keahlian, dan sikap melalui interaksi dengan informasi dan lingkungan. Sedangkan pengajaran adalah setiap kegiatan seseorang yang dimaksudkan untuk memfasilitasi pembelajaran orang lain. Konsep pengajaran sudah banyak ditinggalkan pada era saat ini. Pada era informasi saat ini istilah pengajaran sudah tidak banyak terdengar karena sejatinya setiap siswa aktif dalam mencari pengetahuan dan keterampilan. Para ahli lebih memilih istilah pembelajaran daripada pengajaran. Pembelajaran merupakan suatu rangkaian peristiwa yang mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perkembangan pengetahuan, keahlian dan perilaku siswa terfasilitasi (Suparman, 2012, p. 10).

Selain menggunakan berbagai pendekatan maupun metode pembelajaran juga membutuhkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan pun sangat bervariasi, tergantung kebutuhan, karakteristik dan pembiayaan.

Media merupakan bentuk jamak dari “medium” dalam Bahasa Inggris. Asal kata medium adalah “medius” dalam bahasa latin yang berarti tengah, perantara atau pengantar (Arsyad, 2011, p. 3). Dengan demikian media adalah saluran komunikasi yang menyampaikan informasi dari sumbernya kepada penerima.

Media pembelajaran merupakan media yang digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran ini mencakup semua media yang digunakan agar pencapaian tujuan pembelajaran lebih mudah. Media pembelajaran bisa berupa video, televisi, buku, miniatur, dan juga guru. Saat ini bentuk media sudah sangat beragam dan canggih. Setiap siswa di dunia sudah sangat terbiasa menggunakan bentuk multimedia.

Penggunaan media pembelajaran oleh seorang guru sangat tergantung pada bagaimana guru melihat siswa belajar. Banyak teori pembelajaran yang berkembang dalam beberapa abad terakhir. Sudut pandang teori pembelajaran yang digunakan akan sangat menentukan bagaimana keputusan pembelajaran dibuat. Berbagai perspektif belajar ini bisa dibaca DI SINI.

Loading...

Pada dasarnya ada 6 (enam) jenis media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran (Heinich, Molenda, Russell, & Smaldino, 2002, p. 10). Keenam media tersebut adalah :

  1. Teks
  2. Audio
  3. Visual
  4. Gambar bergerak
  5. Miniatur atau obyek manipulatif
  6. Manusia

Keenam jenis media ini bisa dikombinasikan dalam mengembangkan media pengajaran. Media pengajaran (pembelajaran) sendiri bisa diklasifikasikan sebagai: media naratif, media interaktif, media adaptif, media komunikatif, dan media produktif. Pembahasan selengkapnya bisa dilihat Di Sini

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Loading...

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning. Merrill.

Suparman, M. A. (2012). Desain Instruksional Medern: Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

One comment

Tinggalkan Balasan