Gambar 4 Dimensi (4D)

Gambar 4 dimensi (4D) pada dasarnya adalah gambar bergerak atau animasi dalam ruang 3D. Gambar 4 dimensi merupakan penambahan waktu ke gambar 3D. Tambahan ini dapat menunjukkan tindakan dan perubahan seiring waktu. Pergerakan avatar 3D di ruang imersif adalah contoh gambar 4D.

Video 3D dapat menunjukkan perubahan mendalam dari waktu ke waktu atau interaktivitas dengan objek 3D. Contoh nyata dari gambar 4D yang sering kita lihat adalah ketika kita bermain game 3D, dimana karakter bisa kita gerakkan secara interaktif.

Sprite

Sprite 3D atau objek animasi dapat membantu menarik perhatian pemirsa terhadap fakta tertentu, saat mata mengikuti gerakan. Karakter digital 3D dapat dirancang mengikuti proses perencanaan tertentu, atau bisa kita arahkan sesuai dengan keinginan kita. Misalnya dalam permainan video game, karakter 3D yang kita mainkan bisa kita gerakkan kesana kemari dalam ruang imersif atau virtual. Seperti video di bawah ini.

Video ini adalah rekaman permainan game Fight Night Champion yang sering saya mainkan di console XBOX 360 ketika sedang butuh refreshing sejenak. Karakter 3D yang mensimulasikan legenda tinju Mike Tyson melawan Mohammad Ali. Karakter ini dibuat sangat mirip baik tampilan fisual, mimik muka, gaya berjalan, sampai pada gaya bertinju mereka.

Pemodelan untuk Film atau Game

Film digital dan desain game dianggap sebagai bidang paling canggih dalam penciptaan gambar digital karena pekerjaan rumit yang membutuhkan kompleksitas kerja serta tuntutan kualitas yang tinggi.

Untuk film, perancang karakter digital dapat membangun dari model dan objek fisik, kemudian membentuknya secara digital. Mereka dapat menggunakan aktor manusia untuk menangkap detail wajah dari emosi atau komunikasi verbal, menggunakan pelacakan atau pemindaian gerakan wajah yang ditempatkan pada wajah manusia.

Sebuah contoh berikut ini adalah video tutorial bagaimana kita pun bisa membuat membuat karakter 3D dengan model diri kita sendiri.

Loading...

Teknologi sudah semakin maju dan murah. Hampir semua orang bisa mengakses teknologi ini. Pada video tersebut menunjukkan bahwa kita bisa membuat game menggunakan bantuan game engine yang tersedia secara gratis dan sangat familiar di kalangan game developer indie yaitu Unity.

Flowfields

Flowfields dapat menunjukkan bagaimana cairan dan gas dapat menyebar seiring waktu dan ruang. Volume rendering dapat memberikan visualisasi set data volumetrik 3D dengan merepresentasikan informasi sebagai warna, arah, dan kekaburan.

Seringkali, visualisasi berbasis waktu ini dapat dimanipulasi oleh pengguna dalam hal pengaturan parameter input. Mereka dapat mempercepat waktu atau mengubah aspek skenario untuk melihat efek, dalam rentang waktu, melalui bilah geser atau input parameter yang berbeda.

Beberapa visualisasi dapat menggabungkan informasi dari set data yang berbeda untuk keperluan analisis, kontras, dan presentasi. Citra 3D dapat ditangkap dalam bentuk 3D dengan kamera kelas atas atau banyak kamera, atau gambar tersebut dapat diekstrapolasi dari beberapa program perangkat lunak yang dapat mengubah gambar sekuensial 2D menjadi gambar 3D.

Loading...

Berikut contoh proses pembuatan Flowfields dengan bantuan aplikasi komputer menggunakan aplikasi (game engine) Unity.

Game engine Unity ini adalah salah satu game engine paling populer untuk membuat game android baik. Ada 2 pilihan pengembangan game yang disediakan yaitu 2D dan 3D.

Cukup sekian dulu ya Gaes ….. sampai jumpa lagi….

Tinggalkan Balasan