MACAM-MACAM GENRE GIM

Ribuan gim yang sudah diluncurkan di berbagai konsol oleh ratusan bahkan ribuan pengembang sangat bervariasi dan hampir selalu membawa hal-hal baru. Gim dari masa ke masa juga semakin berkembang semakin kompleks dan menarik.

Mungkin sudah tidak terhitung berapa gim yang kita lewatkan keberadaannya. Tidak seperti dulu, waktu orang-orang seusia saya masih SD, di tahun 1990-an dimana jumlah gim yang berbedar dan bisa kita nikmati masih bisa dihitung dengan jari.

Ribuan gim itu secara umum dapat diklasifikasikan dalam beberapa genre atau jenis. Genre gim seperti gim aksi, petualangan, kasual, pendidikan, RPG (role playing game), simulasi, olahraga (termasuk gim pertempuran), strategi, dan lainnya. Selain itu ada beberapa gim lintas genre (hibrida) atau beberapa genre dalam satu gim.

Gim dari beberapa genre tersebut masih diklasifikasikan dalam kategori kecil lagi. Misalnya, gim RPG atau gim petualangan, dibedakan lagi dalam kategori sudut pandang tampilan (kamera) permainan atau point of view (POV). POV “orang pertama” dimana lingkungan gim dilihat dari sudut pandang (lensa kamera) pemain sendiri. POV “orang ketiga” memiliki karakter dimana pemain dalam pandangan seolah-olah kamera video mengikuti pergerakan karakter. Dalam POV orang ketiga, kamera video mungkin diam  atau bisa bergerak bebas, dan bisa menunjukkan berbagai sudut gim (memutar atau angle yang berbeda).

Untuk gim petualangan istilah first-person shooter (FPS) digunakan untuk menggambarkan POV untuk gim tempur/penembak seperti gim Doom atau Counter-Strike. Sedangkan POV orang ketiga disebut dengan third-person shooter (TPS), dimana pemain gim dapat melihat avatar di layar dalam tampilan orang ketiga.

Gim Aksi (Action Game)

Gim aksi adalah gim yang mengutamakan pergerakan kita secara nonstop. Pada awalnya gim aksi bergaya arcade tentang penembakan pesawat ruang angkasa dengan bulatan-bulatan peluru. Kemudian muncul “platform,” “rail,” atau “side scrollers,” yang mendominasi genre gim aksi di masa selanjutnya.

Gim aksi selalu bergerak, menyerang, menghindar, bereaksi, dan pindah tempat. Lingkungan berputar di sekitar gamer yang selalu menjadi pusat permainan dan kontrol. Permaianan gim aksi lebih menekankan aksi daripada cerita.

Gim aksi biasanya menggunakan animasi cerita singkat sebelum dimulainya permainan atau pertempuran, ketika pemain berhasil melalui bagian atau level sering muncul cerita tambahan sebagai lanjutan dari cerita utuh.

Jadi, cerita dalam gim aksi hanya mendapat porsi yang sedikit bukan sesuatu yang diutamakan. Dengan kata lain hanya sebatas syarat atau pelengkap. Bahkan dalam FPS, penekanan utama adalah tindakan dengan bertarung, mengumpulkan senjata dan amunisi, perisai, dan benda-benda seperti poin kesehatan dan pengalaman.

Kemajuan teknologi telekomunikasi dan prosesor membuat genre ini semakin berkembang. Gim yang paling fenomenal di abad ini misalnya Mobile Legends dan PUBG (Player Unknown’s Battlegrounds) merupakan gim aksi massively multiplayer FPS (MMFPS) di mana jutaan pemain gim yang terkoneksi dengan internet bermain dalam satu alam maya baik secara tim maupun individual.

Gim Petualangan (Adventure Game)

Gim petualangan adalah gim pencarian atau eksplorasi di mana tersedia teka-teki yang harus dipecahkan di sepanjang perjalanan. Pada masa awal permainan interaktif menjadi trend, dunia gim didominasi oleh gim petualangan. Seiring perkembangan mikrokomputer di era 1980-an gim ini sangat populer walaupun dalam resolusi tampilan yang rendah.

Gim petualangan terkenal pada saat itu diantaranya adalah The Hobbit, Lord of the Rings, dan Star Trek, yang merupakan gim petualangan teks pertama dari era mainframe. Dalam waktu singkat banyak perusahaan gim muncul dan berhasil meluncurkan banyak sekali gim petualangan berbasis teks.

Gim teks ini cenderung tanpa grafis, hanya mengandalkan teks dan imajinasi pemain. Namun, dengan cerita-cerita yang menarik gim ini sukses membuat pemain ketagihan. Ketika teknologi komputer semakin maju dengan lebih banyak memori dan prosesor grafis yang lebih baik, gim petualangan berbasis grafis muncul dan menjadi populer.

Penggemar gim petualangan tertantang untuk memecahkan teka-teki rumit para desainer. Namun akhirnya genre lain mulai memenangkan kontes popularitas konsumen. Pada akhir 1990-an penerbit dan distributor menganggap gim petualangan sudah mati. Gim-gim petualangan hibrida lalu muncul. Gim ini mengkombinasikan gim aksi dan petualangan.

Gim petualangan hibrida biasanya dimulai dengan persediaan-persediaan, senjata, dan makanan yang terbatas. Pemain dikirim pada sebuah misi pencarian (untuk menyelamatkan sang putri, membebaskan tawanan atau menemukan dan mengembalikan benda pusaka). Sepanjang perjalanan, pemain akan diberikan teka-teki untuk dipecahkan.

Desainer gim dapat membuatnya menjadi teka-teki yang jelas atau menyembunyikan teka-teki di dalam cerita. Namun tetap saja itu teka-teki yang harus dipecahkan. Biasanya, semua gameplay, bercerita, atau peningkatan level ditahan sampai puzzle dipecahkan. Teka-teki dapat berupa teka-teki fisik (manuver objek dalam urutan yang tepat, memindahkan objek, memperoleh objek, atau membangun objek), teka-teki verbal (memecahkan teka-teki, menemukan kata sandi rahasia, mempelajari ungkapan kata), sebuah puzzle waktu (melakukan tugas dalam urutan yang tepat atau dalam durasi waktu), melintasi labirin, atau eksplorasi landskap.

Sebagian besar teka-teki memiliki satu solusi yang benar. Sebaiknya teka-teki dirancang dengan tiga solusi, yaitu solusi fisik, solusi intelektual, dan solusi masuk akal.

Gim Kasual (Casual Game)

Gim kasual termasuk gim seperti board games, gim kartu (termasuk gim judi), dan game shows. Board games dapat mencakup permainan klasik seperti Catur, Othello, dan Go. Board game populer dan membuat ketagihan, serta umumnya dikenal oleh khalayak luas (pasar massal). Misalnya, gamer membeli program catur meskipun mereka bukan pemain catur hanya karena mereka ingin memiliki program catur. Untuk penggemar catur, mereka membeli beberapa program catur karena kekuatan permainan yang beragam, fitur gim (internet, berbagai kontrol waktu dan fitur analisis).

Board game versi komputer bisa dikembangkan dari gim anak-anak maupun dewasa populer. Para eksekutif di perusahaan-perusahaan ini pada awalnya khawatir bahwa versi komputer dari permainan mereka akan mengkanibal penjualan mainan fisik.

Ada perbedaan yang mendasar antara gim fisik dan gim komputer. Diantaranya adalah:

  • Memastikan bahwa papan gim dan kepingan tidak akan hilang, yang sering terjadi pada versi mainan eceran.
  • Memastikan bahwa pemain harus mengikuti aturan dan kecurangan tidak bisa terjadi.
  • Dapat menyapa setiap pemain dengan nama dan hadiah pemain untuk interaksi melalui animasi dan suara membuat atau melatih pemain untuk berhasil menyelesaikan gilirannya.
  • Dapat disimpan dan dilanjutkan kapan saja tanpa memasang papan dan kepingan-kepingan bagian.
  • Bisa dimainkan sendirian maupun bersama-sama.

Gim Pertunjukan (game show) merupakan gim acara pertunjukan populer. Ketika pemain ingin menjadi kontestan di acara favoritnya. Pemain dapat merasakan melalui suara dan animasi sensasi berada di sebuah game show tanpa meninggalkan kantor atau rumah mereka.

Mereka dapat bermain melawan lawan “nyata” (melalui jaringan atau Internet) atau melawan komputer dengan program AI (kecerdasan buatan). Pemain yang cerdas dapat merasa sukses dengan melakukan yang terbaik dan memenangkan hadiah, uang tunai, atau apa pun dari gim pertunjukan. Gamer lain dapat berlatih dan tampil lebih baik tanpa malu tampil buruk di dunia nyata.

Contoh populer dari gim ini adalah “Who Wants to Be a Millionaire”. Keberhasilan penjualan gim dan permintaan pasar seringkali tergantung pada keberhasilan acara TV, bukan seberapa baik desain gim tersebut.

Permainan kartu termasuk permainan kartu solitaire, cribbage, heart, rummy, Old Maid, bridge, dan semua gim perjudian (poker, blackjack, keno, mesin slot, roulette, craps, dan bakarat). Gim kartu mirip dengan gim papan klasik karena gamer ingin memiliki tingkat keterampilan atau ingin merasakan fitur menarik dari gim ini.

Loading...

Selain menghibur pemain, gim kasual dapat melatih, mendidik, dan meningkatkan pengetahuan dan tingkat keterampilan pemain. Gim kasual memiliki audiens pasar massal yang mengetahui dan memahami produk berdasarkan nama dan paketnya. Penerbit dan pengembang dapat dengan mudah memahami konsep gim dan berkonsentrasi pada fitur dan grafis gim.

Gim Edukasi (Educational Game)

Gim edukasi menekankan pencapaian pembelajaran. Gim dirancang untuk mengajarkan atau memperkuat konsep yang dipelajari. Gim edukasi terlihat seperti gim dari genre lain, tetapi mereka adalah genre mereka sendiri karena mereka menekankan pendidikan.

Gim dengan desain yang sederhana tentu sangat membosankan, misalnya soal latihan teks seperti fill-in-the-blank, pilihan ganda, atau esai. Dengan sedikit imajinasi, kita dapat mengubah permainan pilihan ganda menjadi permainan gameshow yang menyenangkan di host menanyakan kepada siswa pertanyaan berorientasi pendidikan dan jawaban yang benar mendapatkan poin atau uang tunai virtual. Gim sejarah dapat diubah menjadi gim petualangan atau RPG, di mana siswa memainkan karakter utama dan harus menjawab pertanyaan sejarah yang relevan atau menyelesaikan situasi historis dengan benar.

Gim RPG (Role-Playing Games)

Gim RPG merupakan gim dengan dunia virtual yang luas untuk dijelajahi di mana para pemain berkeliaran di medan mencari harta, objek yang diinginkan, dan cara untuk meningkatkan pengalaman dan status kesehatan mereka serta menghancurkan monster dan rintangan yang menghalangi mereka.

RPG dimulai saat dungeon merangkak melalui labirin kertas yang dibuat oleh “master” (desainer dungeon). Seorang master akan menciptakan labirin rumit yang diisi dengan jebakan, monster, dan sihir jahat. Pemain akan memasuki labirin yang dipersenjatai dengan keterampilan individu, kemampuan magis, dan senjata. Pada setiap belokan, musuh akan mencoba mengecoh, mengalahkan dengan sihir, dan mengalahkan penciptaan sang master.

Dunia internet telah memungkinkan jutaan penggemar RPG untuk menjelajahi medan yang lebih besar dan pencarian yang lebih eksotis. Akronim MMRPG adalah kepanjangan dari massively multiplayer RPG, sebuah gim di mana kelompok pemain antar teman atau kelompok dari seluruh dunia terbentuk untuk mengeksplorasi, mengumpulkan, dan melawan pihak lain atau monster. MMRPG memiliki banyak pihak, masing-masing dalam berbagai pencarian dan dengan tujuan mereka sendiri.

RPG memiliki tujuan tertentu, dan setelah beberapa jam bermain akan menemukan akhir. MMRPG mungkin tidak memiliki akhir yang spesifik dan dapat dimainkan sampai pemain menyelesaikan semua pencarian atau sampai pemain MMRPG atau Internet lainnya membutuhkan.

RPG tidak terbatas pada alur cerita. Stasiun ruang angkasa, Zaman Es, eksplorasi Eropa abad ke-15, penemuan Amerika, dan skenario futuristik semuanya bisa menjadi dunia imajinasi yang layak untuk RPG. Bahkan kehidupan hari ini dapat digunakan, seperti kehidupan di negara asing, atau kehidupan di sebuah komunitas.

Gim Simulasi (Simulation Games)

Gim simulasi memungkinkan gamer mengalami situasi dunia nyata melalui area praktik yang aman. Sejak 1950-an, Departemen Pertahanan AS telah melatih militer dengan simulator yang terkomputerisasi seperti simulator pesawat, simulator tank, dan simulator wargaming (peluncuran dan pertempuran rudal).

Simulasi itu menyenangkan dan seakan-akan merasakan dunia nyata. Sebagian besar aplikasi dunia nyata yang disimulasikan akan sangat berbahaya dan sangat mahal bila tidak disimulasikan. Misalnya simulasi penembakan rudal dan simulasi penerbangan pesawat. Menavigasi dan mereproduksi skenario praktik lebih praktis dan lebih mudah diatur di dalam simulator.

Simulasi dapat diklasifikasikan sebagai “simulasi kendaraan” atau “simulasi pengelolaan.” Simulasi kendaraan misalnya simulasi truk, mobil Formula-1, pesawat terbang, helikopter, kapal, kapal selam, pesawat ruang angkasa, stasiun ruang angkasa, sepeda motor, dan sebagainya. Simulasi pengelolaan misalnya mengelola pembangkit listrik tenaga nuklir, perusahaan pialang yang mencoba memprediksi pasar saham, menjadi walikota kota atau presiden, menjadi pemilik klub golf, menjadi pengelola kebun binatang kota, menjadi Kaisar Romawi, menjadi pemilik taman hiburan, dan bahkan mengelola kehidupan keluarga.

Seseorang yang bermain gim Formula-1 bisa merasakan tabrakan mobil dengan kecepatan tinggi, mengatasi lintasan yang sulit, serta menghadapi cuaca yang berubah. Pengemudi bisa jadi adalah pemula yang bila benar-benar berlatih mengendarai Formula-1 menjadi sangat mahal. Di sinilah simulasi menjadi berharga. Bahkan pengemudi pemula dapat mengakses simulasi balap dan mewujudkan impian mereka. Skenario dapat diatur untuk berbagai kondisi cuaca seperti hujan, kabut, salju, atau panas, panas kering. Berbagai situasi mobil dapat diatur seperti berbagai kondisi ban, radiator, atau mesin.

Pengemudi dapat berlatih belokan dan tanjakan pada berbagai kecepatan tanpa takut cedera pada mobil atau diri mereka sendiri. Kunci untuk simulasi kendaraan adalah realisme, respons yang cepat dan akurat terhadap input gamer dan situasi yang disimulasikan.

Banyak simulator penerbangan yang dijalankan pada PC dapat digunakan untuk mencatat jam penerbangan untuk lisensi pribadi. Gamer dapat mempelajari cara menggunakan kontrol dan instrumen pesawat, mengangkat dan mendaratkan pesawat, dan menavigasi dalam simulasi. Mereka dapat membuat kesalahan dan menguji situasi yang biasanya berbahaya seperti macet, terbang terbalik, atau berputar ke bawah tanpa takut cedera dan kerusakan yang mahal.

Skenario dapat dicoba dan diuji ulang dengan aman. Membaca dari sebuah manual tentang “bagaimana-caranya” dan “mengapa” tidak apa-apa, tetapi mencoba suatu tindakan dan gagal adalah penguatan yang lebih baik dari konsep-konsep tersebut. Pilot simulator bisa mengalami crash tetapi tetap hidup untuk menceritakannya.

Loading...

Terlepas dari jenis simulasi yang terpenting adalah, penelitian yang akurat, realisme, dan gim yang menyenangkan untuk membangun gim yang baik.

Gim Olahraga (Termasuk Gim Pertarungan)

Gim olahraga biasanya terbagi dalam dua versi: POV pemain, juga disebut ” twitch games“, dan POV manajer (gim strategi). Biasanya gim versi POV pemain dirancang untuk pemain yang lebih muda (di bawah 20 tahun) di mana lebih mementingkan ketangkasan untuk bermain. Pemain manajer POV lebih mementingkan perencanaan, realisme, statistik, dan strategi.

Dalam gim sepakbola, gim versi POV pemain akan membuat gamer melakukan manuver pada setiap pemain timnya dengan menyerang dan bertahan. Hasil permainan akan menjadi hasil interaksi pemain. Contoh gim versi ini adalah Pro Evolution Soccer atau FIFA Soccer. Namun, pada gim POV manajer akan membuat gamer memutuskan permainan ofensif dan formasi defensif, dengan menentukan strategi apa yang akan digunakan apakah mementingkan bola-bola pendek atau umpan langsung ke depan dengan bola lambung, siapa saja pemain yang dipilih dari daftar pemain dan menentukan bagaimana para pemain bergerak, apakah lebih fleksibel atau tidak. Contoh gim versi ini adalah Football Manager atau Championship Manager.

Gim pertarungan biasanya dibagai menjadi menjadi POV pejuang (eye of the fighter) atau POV orang ketiga. Gim pertarungan mencakup seni bela diri, tinju, gulat, dan pertempuran menggunakan senjata.

Gim Strategi

Gim strategi adalah gim yang membutuhkan “pemikiran” dan “perencanaan.” Pemenang gim ditentukan melalui “pertempuran pikiran” (battle of the minds).

Gim strategi berbeda dari genre lain karena desainer gim menciptakan aturan dan tujuan, tetapi gamer yang memutuskan strategi apa yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut dan mengecoh lawan. Gim perang adalah gim strategi walaupun merupakan simulasi dari peristiwa aktual atau fiktif.

Gim strategi dapat dimainkan sebagai gim real-time atau berbasis giliran. Secara real time, semua pemain termasuk pemain yang dikendalikan komputer (AI) berlomba tanpa henti, secara bersamaan. Pada gim berbasis giliran, masing-masing pemain menyelesaikan gilirannya sebelum pemain berikutnya dimulai.

POV atau perspektif khusus dari gim strategi adalah tampilan overhead sehingga memungkinkan semua pemain melihat seluruh area permainan.

Jenis Gim Lain (Puzzles dan Toys)

Gim puzzle memiliki tujuan sederhana, yaitu “memecahkan teka-teki.” Gamer mungkin harus menata bagian-bagian gambar, menjatuhkan tatanan balok sampai waktu habis, menyelesaikan level, atau menempatkan potongan manuver di lokasi yang benar. Gim mengeluarkan balok dengan langkah seminimal mungkin adalah salah satu contoh gim puzzle.

Gim mainan (toys) memungkinkan gamer membuat objek seperti membangun robot virtual yang dapat perintahkan atau membuat mobil remote control atau pesawat terbang untuk dikendarai. Gim memikirkan tata letak domino yang sangat besar berdiri tegak. Ketika gamer mengetuk domino pertama, mereka semua jatuh secara berurutan sampai seluruh susunan blok statis.

Tinggalkan Balasan