Contoh Video Pembelajaran Sebagai Pengganti Pengalaman

Video mampu digunakan secara efektif untuk memberikan pengalaman belajar bagi para peserta didik. Bahkan banyak hal yang bisa dilakukan video untuk melengkapi pembelajaran di kelas baik yang bersifat daring (dalam jejaring) maupun luring (luar jejaring). Video ini mampu menghadirkan sesuatu yang tidak mampu dihadirkan guru atau media apapun yang digunakan.

Video menghadirkan banyak pengalaman belajar pada peserta didik, seperti mengunjungi tempat-tempat berbahaya, tempat yang jauh di luar negeri, momen langka yang jarang terjadi, momen kejadian yang sangat cepat bahkan lambat. Bila tanpa menggunakan video guru akan kesulitan memberikan pengalaman visual pada peserta didiknya. Foto saja tidak cukup untuk memberikan pengalaman visual tentang perubahan, juga tidak asyik digunakan untuk mendapatkan kesan ruang pada suatu tempat.

Video sebagai media pembelajaran yang mampu menghasilkan banyak pengalaman visual pada peserta didik. Bahkan saat ini sudah ada teknologi realitas virtual yang memanfaatkan accelerometer di gawai telepon seluler. Kita bisa seakan-akan berada ditempat yang kita lihat menggunakan teknologi tersebut.

Pada artikel ini saya akan memberikan contoh bagaimana video bisa digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu menghadirkan pengalaman-pengalaman tertentu pada peserta didik. Tentunya pengalaman-pengalaman ini adalah pengganti dari pengalaman nyata, karena tidak semua pengalaman nyata tersebut mudah kita hadirkan pada peserta didik. Berikut ini adalah Contoh Video Pembelajaran Sebagai Pengganti Pengalaman.

  • Perubahan atau pergerakan yang dinamis

Sebuah pengalaman visual tentang perubahan atau pergerakan tidak mungkin dijelaskan menggunakan gambar diam. Contohnya adalah perubahan hewan ini yang berubah secara dinamis mengikuti lingkungannya.

  • Tempat atau lokasi yang berbahaya atau jauh di luar negeri

Jelas tidak mungkin kita membawa peserta didik kita ke tempat-tempat yang berbahaya untuk memberi penjelasan yang akurat tentang suatu hal. Juga akan memakan banyak biaya bila tempat itu jauh dari sekolah. Berikut ini adalah video tentang penampakan lava gunung berapi yang tidak mungkin dilihat dari jarak dekat oleh manusia. Namun menggunakan teknologi canggih, saat ini bisa dilihat dengan mudah oleh peserta didik.

  • Sudut pandang, misal dari udara, big close-up atau dengan pembesaran

Video di atas juga termasuk video yang memberikan pengalaman sudut pandang. Pengalaman pembesaran atau juga pengambilan gambar dari jarak yang sangat dekat juga akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para peserta didik untuk melihat obyek yang sangat kecil.

  • Proses atau peralatan teknis
Loading...

Kita bisa dengan mudah menjelaskan proses kerja mesin menggunakan video. Hampir tidak mungkin untuk menjelaskan hal ini melalui cerita atau ceramah. Bahkan pengalaman langsung pun tidak mungkin dilakukan karena terkait dengan biaya dan persiapan yang panjang serta merepotkan.

  • Objek 3D, menggunakan gerakan atau penjajaran

Bila Anda melihat video di bawah ini, maka bisa dibayangkan bagaimana kita bisa memberi pengalaman perbandingan yang sempurna tanpa menggunakan video. Karena hal ini tidak mungkin dilakukan di alam nyata, maka biasanya pembuat video memanfaatkan animasi 3 dimensi untuk menghadirkan pengalaman visual itu pada pemirsa.

  • Gerakan lambat / cepat

Salah satu kelebihan video adalah bisa menayangkan hasil rekaman kamera dengan jumlah frame gambar yang sangat banyak dan juga sangat sedikit per satuan waktu (detik). Semakin banyak frame gambar yang tampil per detik berarti pergerakan akan semakin halus. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk pengaturan waktu dan membuat gerakan lambat. Dalam video ini ada beberapa moment yang dibuat lambat agar kita bisa mengetahui dengan persis apa yang terjadi dalam pandangan mata kita yang terbatas. Hal ini adalah pengalaman yang tidak mungkin kita dapatkan tanpa bantuan video.

  • Orang / binatang yang berinteraksi baik nyata atau drama

Interaksi manusia maupun binatang yang terjadi secara natural sangat sulit terjadi berulang. Menghadirkan pengalaman interaksi pada peserta didik sangat sulit dilakukan tanpa bantuan video. Perlu kesabaran dan keberuntungan untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan. Adanya video interaksi yang tidak sengaja terekam akan menjadi pengalaman berharga bagi peserta didik. Video interaksi ini juga bisa direkam dengan sengaja, namun tentunya membutuhkan usaha yang tidak mudah.

  • Peristiwa hanya satu kali atau jarang terjadi

Kejadian yang jarang sekali terjadi, bahkan ada yang hanya sekali terjadi dalam kurun waktu ratsan tahun, akan sulit dihadirkan dalam pembelajaran. Hanya melalui rekaman video yang sebagian besar terekam secara tidak terencana, yang bisa dihadirkan sebagai pengganti pengalaman nyata. Tentu ini mustahil kita hadirkan di kelas tanpa adanya video.

  • Urutan dan durasi kronologis
Loading...

Untuk menggambarkan kronologi peristiwa yang panjang dengan akurat tidak cukup hanya dengan mengandalkan gambar diam. Video bisa digunakan untuk penggambaran kronologis secara lebih detail dengan durasi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Kecanggihan teknologi membuat pekerjaan menggambarkan kronologi dengan video simulasi 3D semakin mudah dan murah.

  • Bahan-bahan untuk dianalisis pemirsa

Pencampuran bahan-bahan tertentu untuk sebuah eksperimen atau prakarya juga bisa menggunakan video. Pengalaman ini mungkin saja sebaiknya disajikan secara langsung kepada peserta didik, namun bila menyangkut dengan bahan-bahan yang mahal atau berbahaya maka penggunaan video lebih masuk akal.

  • Acara bertahap, misal eksperimen kompleks, pentingnya dramatisasi

Sebuah eksperimen sosial seperti contoh di bawah ini memerlukan persiapan matang dan tahapan-tahapan tertentu. Video ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi peserta didik dalam memahami sebuah eksperimen. Sangat sulit untuk memberikan pengalaman langsung pada semua peserta didik, sehingga video rekaman eksperimen ini bisa menjadi pengganti pengalaman itu.

One comment

Tinggalkan Balasan