Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Bicara mengenai buah-buahan, Indonesia memang rajanya. Dengan memiliki beraneka ragam buah dengan berbagai macam varian bentuk dan juga rasa. Salah satunya adalah buah semangka, dan ternyata manfaat buah semangka untuk kesehatan sangat banyak.

Buah yang satu ini saya kira sobat semuanya sudah kenal karena termasuk dalam nama buah yang populer di Negara kita. Buah yang kaya akan air dengan rasa manis dan juga menyegarkan.

Selain rasanya yang menyegarkan dan sebagai buah favorit di musim panas, ternyata buah semangkat juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tentu saja hal itu terjadi karena banyak kandungan dalam buah ini yang sangat bagus kegunaannya bagi tubuh kita.

Loading...

Semangka kaya akan vitamin, kalsium, karbohidrat, fosfor, magnesium, beta keroten, lutein, zinc, mangan dan juga beberapa zat lainnya. Dikarenakan kandungan-kandungan tersebutlah buah ini menjadi special bagi kesehatan, dan kali ini saya akan menjelaskan point-point utama dari manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah semangka.

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Dehidrasi

Manfaat yang pertama buah semangka tentu saja dalam hal mencegah dehidrasi. Karena kandungan air yang tinggi dengan rasanya yang menyegarkan. Tidak heran jika buah ini sangat laris di daerah tropis atau juga di musim panas, karena memang buah ini bisa menangkal dehidrasi dengan maksimal. Dengan memakan buah yang satu ini juga bisa menjadi asupan air yang cukup di dalam tubuh kita.

2. Buah Semangka Mencegah Hipertensi

Khasiat buah semangka yang kedua adalah dalam hal mencegah terkena hipertensi. Hal ini terjadi dikarenakan kandungan kalium dalam buah semangka yang membantu kelancaran peredaran darah dan juga bagus untuk pembuluh darah seseorang. Dan juga sudah dibuktikan sebuah penelitian dalam The American Journal of Hypertension.

3. Menyehatkan Jantung Seseorang

Siapa sangka bahwa kebiasaan makan buah segar yang satu ini juga membantu menyehatkan jantung kita. Hal itu bisa terwujud karena adanya likopen yang merupakan jenis antioksidan dalam tubuh sehingga pembentukan sel baru lebih maksimal dan karena itu juga membantu tubuh kita melawan kolesterol jahat yang bisa menyebabkan seserang terkena jantung coroner.

4. Mencegah Terkena Asma

Bagi sobat yang menderita asma atau tidak ingin terkena penyakit asma, ternyata buah ini adalah buah yang cocok bagi Anda. Lagi-lagi fungsi dari zat likopen yang bagus dan tanggap dalam hal menanggapi dingin, flu dan juga gangguan pernafasan. Dengan begitu bisa mencegah seseorang terjangkit penyakit asma.

5. Mampu Mencegah Impoten

Ada manfaat lain yang cukup luar biasa dari buah yang satu ini. Yakni bisa sebagai bahan obat kuat alami dan bahkan tanpa efek samping. Buah semangka ternyata memberikan efek seperti kandungan pada Viagra yang mampu mengatasi seseorang yang impoten. Tentunya ini menjadi kabar bagus bagi pria dewasa, bahwa cemilan menyegarkan yang bernama buah semangka juga bisa menjadi penambah gairah seksual.

6. Buah Semangka Membantu Mengontrol Diabetes

Loading...

Masih banyak manfaat yang lain dan salah satunya adalah mengontrol resiko terkena diabetes. Hal ini disebabkan karenakan kandungan zat dalam buah semangka membantu tubuh dalam mengontrol glukosa dalam tubuh sehingga lebih stabil kadar gula yang kita miliki.

7. Membantu Mencegah Kanker

Selain mencegah penyakit kronis jantung ternyata juga membantu mencegah kita terkena kanker. Hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah penelitian di Departemen Gizi AS, disitu dijelaskan bahwa buah semangka berperan mencegah kanker karena membantu mengontrol kandungan insulin di dalam tubuh seseorang.

8. Buah Semangka Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh memang hal yang wajib kita miliki, salah satunya adalah dengan memperbanyak makan buah-buahan tidak terkecuali dengan buah semangka. Buah ini memberikan asupan vitamin yang cukup kemudian akan menjadi antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas dan menangkal berbagai macam bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh.

9. Membantu Membuang Racun

Khasiat buah semangka yang lain cukup special yakni membantu membuang racun dalam tubuh. Zat air yang ada dalam buah ini ternyata berperan juga dalam detoksifikasi racun kemudian membantu membersihkannya dari dalam tubuh.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika sobat sedang menjalani program diet, maka buah ini bisa menjadi salah satu alternatif cemilan yang bagus. Pasalnya buah ini akan membantu kita tidak dehidrasi sehingga kita lebih taham menjalani hari di program diet. Selain itu juga beberapa kandungan vitaminnya memberikan asupan bagus, membantu kita lebih kenyang tanpa harus menaikkan berat badan.

Dari serangkaian manfaat buah semangka diatas tentu saja biasa terwujud asalkan dibarengi dengan kebiasaan sehat lainnya seperti menjaga pola makan sehat, aktifitas sehat dan istirahat cukup. Demikian sobat mengenai kumpulan manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tarik sis…. Semongko…..

Tinggalkan Balasan