tebing breksi

Kemegahan Tebing Breksi yang Memukau

Loading...

Tebing Breksi merupakan destinasi liburan yang asyik untuk dikunjungi ketika bertandang ke kota Jogja. Letaknya di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tebing breksi berada di sebelah Candi Prambanan dan dekat dengan Candi Ijo. Jika dilihat sekilas, tempat wisata satu ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan Brown Canyon di kota Semarang, namun siapa sangka, jika Anda mencoba untuk meraih puncaknya, maka Anda akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Bekas Pertambangan yang Jadi Cagar Budaya

Keramahan kota Jogja terlihat dari atas, lengkap dengan hiruk pikuknya. Anda juga akan menyaksikan gagahnya Gunung Merapi dan bangunan-bangun bersejarahnya, candi misalnya. Tebing Breksi sudah beroperasional sejak 2015, tepatnya lima tahun lalu yang langsung disahkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sultan menyatakan bahwa Tebing ini merupakan salah satu cagar budaya yang awalnya merupakan area pertambangan.

Area pertambangan di tebing ini bertransformasi menjadi sebuah tempat wisata yang kerap kali menjadi perbincangan karena bentuknya yang memukau, terlebih bagi petualang yang mencintai alam. Inisiatif, inofatif, dan kreatifitas masyarakat yang telah menyulapnya menjadi wisata yang menarik patut diacungi jempol, karena selain menguntungkan bagi wisawatan, keberaadan destinasi liburan satu ini juga telah banyak berkontribusi bagi per-ekonomian masyarakat sekitar.

Pori-pori tebing kapur yang ada di tebing breksi ini jika Anda perhatikan dari jarak yang dekat, bentuknya seperti jerawat di pipi, kemudian disulap hingga menjadi artistic yang menakjubkan dengan ukiran yang memiliki beberapa bagian. Ukiran yang kerap kali digunakan sebagai spot foto adalah ukiran wayang dan naganya.

Selain anak tangga, bagian puncak tebing, ukiran-ukirannya, hal lain yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke sini adalah tlatarnya. Dengan ukuran yang lumayan luas, diisi dengan kursi-kursi panjang. Tlataran ini digunakan sebagai pertunjukan seni budaya. Kursi disusun dengan sangat epic, dengan bentuk yang agak serong. Hamparan hijau rumput yang berada di lingkaran tlatar akan memanjakan pemandanganmu.

Loading...

Tebing Breksi telah mengadakan banyak agenda yang memikat, misalnya adalah Sleman Temple Run tahun lalu, Festival Kesenian Jathilan, Perkusi,Hadroh Campursari, dan Sanggar Tari. Selain itu, wisata satu ini juga dijadikan sebagai pilihan untuk bersepeda loh.

Tebing breksi memiliki arena yang luas untuk dijelajahi, yang setiap sudutnya selalu menarik perhatian pengunjung. Hal menariknya, bahkan anak tangga di tebing breksi ini saja bisa Anda dijadikan sebagai spot foto yang super keren. Spot-spot foto di tebing ini sangat hits dan kekinian, sehingga setiap sudutnya wajib untuk Anda singgahi.

Tebing-tebingnya didominasi warna putih yang agak pudar, dihiasi dengan ukiran-ukiran yang memukau.  Untuk mencapai atas tebing, Anda akan melewati anak-anak tangga yang tersusuh rapi dengan sedikit berbelok, jumlahnya juga cukup banyak karena memang tebingnya terbilang tinggi. Anda harus menyaksikan keindahan arsitektur seni yang menempel di bagian dinding-dinding tebing. Ukiran-ukirannya menghasilkan bentuk yang sangat halus dan epic dinikmati. Instagramable banget.

Rute menuju lokasi

Untuk bisa menyaksikan sendiri keindahannya, Anda tidak perlu khawatir, karena berkunjung ke sini cukup ramah kantong. Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000 sebagai uang masuk ditambah uang parkir, motor Rp. 2.000, roda 4 Rp. 5.000, mini bus Rp. 20.000, dan bus Rp. 25.000. Jadi, bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata satu ini dengan menggunakan bus, kondisi jalan dan tempat wisatanya mendukung. Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi dan ukuran jalan, karena semua memadai untuk dilalui oleh bus.

Loading...

Rute menuju lokasi juga terbilang cukup gampang. Rute temudahnya adalah Anda tinggal mengikuti jalan ke arah Candi Prambanan, kemudian sampai di pertigaan pasar Prambanan anda belok kanan untuk menuju Piyungan. Rute selanjutnya, Anda hanya perlu lurus terus mengikuti jalan dengan jarak hanya 3 km. Jika Anda menggunakan rute Jalan Ringroad Utara, Anda bisa melewati RS Hermina, ambil jalan di sebelah kiri, hingga sampai di pertigaan Jalan Raya Solo. Terus di Jalan Raya Solo hingga sampai di Jalan Raya Opak. Kemudian, di Opak 8, Anda akan diarahkan ke Jalan Raya Piyungan, Anda hanya perlu mengikuti Jalan Candi Ijo. Ikuti terus jalan Candi Ijo hingga Anda menemukan plang bertuliskan Tebing Breksi.

 Fasilitas yang ada di sini juga sudah cukup memadai. Terdapat toilet, lokasi olah raga, mushalla, pedagang makanan, dan spot foto. Hanya saja, untuk penginapan, Anda harus mencari di sekitaran wisata. Hotel yang bisa Anda booking adalah RedDoorz Near yang berjarak 2,5 ke Tebing dengan harganya yang murah, yakni Rp. 74.376, atau Maqmil Homesyat, 3,1 km ke Tebing dengan harga Rp. 89.100, atau hotel lainnya yang juga tidak kalah murah.

Tips ketika mengunjungi tebing breksi adalah pastikan kendaraan Anda dalam keadaan baik. Meski jalannya terbilang mulus, namun ada beberapa bagian jalan yang menanjak dan menurun. Pastikan Anda datang saat pagi atau sore hari, bahkan malam hari. Karena ketika siang, lokasi wisata satu ini cukup membuat kulit Anda terbakar karena tidak ada pepohonan untuk berlindung, apalagi di bagian atas tebing. Jika Anda ingin menyaksikan sendiri keindahan kota Jogja dari atas tebing, jangan datang di atas pukul 18:00, karena Anda hanya diperbolehkan naik ke atas tebing di bawah pukul 18:00. Wisata satu ini buka setiap hari dari pukul 05:00 pagi hingga 24:00.

Selamat berkunjung!

Loading...

Tinggalkan Balasan