Hidup Mapan Di Usia 30

Tips Bagi Yang Ingin Hidup Mapan Di Usia 30 Tahun

Loading...

Halo sobat milenial, pernahkan kamu berfikir untuk hidup mapan dan sejahtera di usia 30 tahun? Kalau memang iya, jangan kendurkan niat tersebut karena apa yang sobat inginkan ini adalah sesuatu yang sangat bagus. Dimana usia 30 tahun adalah suatu masa peralihan yang cukup berat dari  berbagai segi tanggungjawab.

Di usia ini biasanya sobat akan mulai menjalani kehidupan yang baru dengan keluarga sendiri. Dan, ada pula banyak di usia 30 yang bahkan sudah memiliki beberapa anak. Buat sobat yang masih berusia muda, penting untuk segera mempersiapkan masa peralihan tersebut. Ada banyak cara yang bisa kita lakulan sebagai bentuk usaha yang kita lakukan untuk mencapai keinginan tersebut. Antara lain :

1. Sibuk Meningkatkan Keahlian dan Wawasan

Keahlian dan juga wawasan Anda akan menjadi sebuah bekal yang sangat mahal harganya. Ini seperti sebuah bekal yang akan mencukupi hidupmu dan kebutuhanmu. Maka dari itu sobat yang sejak dini, sejak lulus sekolah sudah fokus pada peningkatan keahlian disi, maka itu merupakan sebuah langkat yang sangat tepat.

Seperti yang kita tahu bersama, untuk bekerja di sebuah perusahaan atau untuk melamar kerja saja semakin lama akan semakin sulit. Dan dengan keahlian tersebut sobat akan lebbih unggul dalam persaingan.

Kenapa tingkat pesaingan pekerjaan di level bawah sangat tinggi, ya karena memang tidak banyak orang yang memiliki keahlian khusus. Dan kalau sobat sudah memiliki keahlian khusus, maka tidak sulit untuk memenagi persaingan tersebut.

2. Mulai Membuka Bisnis Atau Usaha Sendiri

Buat sobat millennial yang ingin sukses atau ingin hidup yang mapan di usia 30 tahun, maka dirikanlah sebuah usahamu sendiri mulai dari sekarang.

Dirikan usaha sendiri, kecil pun tidak masalah. Yang penting Anda sudah mulai membangun usaha atau bisnis sendiri yang bisa menghasilkan. Untung kecil pun juga tidak masalah.

Kalau sobat sejak dini usian 20an tahun sudah berfikir bahkan memiliki usaha atau bisnis sendiri meskipun kecil-kecilan, maka kemungkinan untuk mapan di usia 30 tahun nanti akan semakin besar.

3. Memperbanyak Tabungan, Mancegah hutang

Millenial yang cerdas bukan orang yang suka membelanjakan uang biar kelihatan mewah, bukan yang bisa menggunakan kartu kredit untuk belanja seenaknya, tapi millennial yang cerdas adalah dia yang pandai membuat gendut rekeningnya sendiri dengan penghasilan yang mulai dia dapatkan.

Perilaku hobi menabung merupakan perilaku harus terus kita biasakan. Karena kalau kebiasaan menabung dalam selang waktu kita tinggalkan maka akan lupa selamanya.

Menabung bukan perkara seberapa besar nominalnya, tapi yang penting adalah konsistensinya. Meskipun nilainya sangat kecil, kalau sobat bisa menerapkannya secara rutin, maka sobat termasuk calon orang yang mapan di masa depan.

4. Bekerja Lebih Cerdas Untuk Omset Lebih

Seorang Millenial yang cerdas bukan hanya mengandalkan kerja keras semata. Akan tetapi lebih mengandalkan bekerja secara cerdas. Bekerja secara Cerdas artinya adalah meningkatkan omset dalam waktu yang sama, bukan Cuma menambah jam kerja atau lembur.

Bekerja cerdas bukan berarti bekerja lembur, karena bekerja lembur bukan sebuah peningkatan penghasilan, namun peningkatan waktu kerja. Seorang yang sukses biasanya akan meningkatkan nilai jam kerja mereka, bukan meningkatkan banyaknya jam mereka bekerja. Inilah salah satu jalan menuju hidup mapan di usia 30 tahun.

5. Memperbanyak Pergaulan Sehat

Tips selanjutnya yang cukup penting yang akan mempengrauhi kaum millennial atau sobat yang masih lulus sekolah adalah pergaulan. Bagaimana sobat bergaul disitulah karakter dan juga jalan Anda dibentuk.

Agar lebih mudah sukses, bergaullah dengan seniormu yang sudah sukses. Dari situ sobat akan banyak belajar dan banyak mendapatkan cerita-cerita pengalaman yang berharga.

Selanjutnya jika sobat ingin lebih sukses, bergaullah dengan mereka yang satu misi denganmu, satu cita-cita atau mungkin satu pashion denganmu. Dari jenis pergaulan ini juga membantu mempermudah dirimu untuk mapan di kemuadian hari. Karena dalam pergaulan yang tepat kita akan mendapatkan banyak hal positif yang mendukung kesuksesan kita nanti.

Demikian sobat materi kali ini mengenai tips bagi millennial yang ingin hidup mapan di usia 30 tahun. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan