Tugas Public Relations

Tugas Public Relations serta Prosedur Kerjanya

Loading...

Tugas Public Relations tidak terlepas dari fungsi Public Relations itu sendiri. Pendapat ahli berbeda-beda dalam mendeskripsikan dan menggolongkan tugas Public Relations.

Namun, setidaknya ada beberapa kesamaan pendapat tentang tugas public relations. Berikut ini sepuluh kategori tugas seorang Public Relations di tempat kerja:

  1. Menulis dan mengedit. Public Relations bertugas menyiarkan informasi secara audio, visual, maupun audiovisual dan bertanggung jawab atas informasi tersebut.
  2. Hubungan media dan penempatan media. Public Relations bertugas menghubungi media untuk memublikasikan berita dan artikel tentang organisasi atau perusahaannya. Public Relations juga bertugas merespons permintaan informasi oleh media, memverifikasi berita, dan membuka akses ke sumber-sumber penting.
  3. Riset. Public Relations bertugas mengumpulkan informasi tentang opini publik, tren, isu yang sedang berkembang, iklim politik, peraturan perundangan, opini kelompok kepentingan, serta pandangan-pandangan lain yang berkaitan dengan pemangku kepentingan organisasi atau perusahaan.
  4. Manajemen dan administrasi. Public Relations bertugas membuat program dan merencanakan kegiatan dengan bekerja sama bersama manajer divisi lain.
  5. Konseling. Public Relations bertugas memberi saran kepada manajemen dalam masalah sosial, politik, dan peraturan, serta berkonsultasi dengan tim dalam menyusun strategi untuk mengelola dan merespons isu-isu yang sensitif dan kritis.
  6. Acara spesial. Public Relations bertugas memperbaiki citra perusahaan dengan mengadakan acara CSR (Corporate Social Responsibility) dan sebagainya.
  7. Pidato. Public Relations bertugas tampil di depan kelompok, melatih orang untuk memberikan sambutan, serta mengelola biro juru bicara untuk menjelaskan platform organisasi di depan audiens penting.
  8. Produksi. Public Relations bertugas membuat saluran komunikasi dan menyiapkan presentasi audiovisual.
  9. Pelatihan. Public Relations bertugas mempersiapkan para eksekutif dan juru bicara lain untuk menghadapi media dan tampil di hadapan publik.
  10. Kontak. Public Relations bertugas menangani tanggung jawab sosial terhadap semua kelompok, baik masyarakat, publik internal, maupun pers.

LANGKAH KERJA PUBLIC RELATIONS

Prosedur kerja public relation sangat terkait dengan tugas Public Relations. Dalam membina hubungan baik dengan relasi perusahaan, seorang Public Relations perlu mengetahui dan memahami visi, misi, serta tujuan dasar perusahaannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesan kepercayaan yang pada akhirnya mampu memperlancar kerja sama yang sedang dibangun oleh perusahaan.

Loading...

Seorang Public Relations perlu mengetahui langkah-langkah kerja yang harus diambil untuk melaksanakan tanggung jawabnya. PR sendiri termasuk bagian terpenting dalam sebuah perusahaan. Berikut langkah-langkah kerja Public Relations:

  1. Menentukan misi perusahaan, termasuk pernyataan umum mengenai maksud, filosofi, dan tujuan atau sasaran perusahaan.
  2. Mengembangkan profil perusahaan yang mencerminkan kondisi internal perusahaan dan kemampuan yang dimiliki.
  3. Melakukan penilaian terhadap lingkungan eksternal perusahaan, baik dari segi semangat kompetitif maupun secara umum.
  4. Menganalisis peluang yang tersedia di lingkungan.
  5. Mengidentifikasi pilihan yang dikehendaki yang belum dapat terpenuhi untuk mewujudkan tuntutan misi perusahaan.
  6. Memilih strategi berdasarkan tujuan jangka panjang dan menentukan garis besar strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.
  7. Mengembangkan tujuan tahunan dan rencana jangka pendek yang selaras dengan tujuan jangka panjang.
  8. Menerapkan hasil dari hal-hal di atas sesuai dengan anggaran dan memadukan rencana tersebut dengan sumber daya manusia, struktur, dan teknologi yang memungkinkan.
  9. Meninjau dan mengevaluasi hal-hal yang telah dicapai dalam setiap periode jangka pendek. Hal ini dilakukan sebagai suatu proses kontrol dan masukan bagi pengambilan keputusan di masa depan.

Public Relations juga perlu meminta arahan, ide, maupun kritik dari direksi dalam rangka evaluasi dan peninjauan kembali. Hal ini dilakukan demi kepentingan semua pihak agar kualitas produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan, harapan publik, dan pengguna jasa.

TANTANGAN DALAM PUBLIC RELATIONS

Loading...

Tugas Public Relations akan terus menghadapi tantangan, terutama di abad 21. Berikut beberapa tantangan Public Relations:

  1. Meningkatnya kebutuhan strategi komunikasi yang efektif.
  2. Perlunya untuk terus berinteraksi dengan pemangku kepentingan melalui media sosial baru.
  3. Komunitas dan praktik Public Relations global yang terus berubah.
  4. Perubahan struktur organisasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tantangan ini.

Media Pembelajaran Interaktif Public Relations

Anda bisa belajar dengan mudah secara offline menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Android yang telah kami sediakan di Android Play Store. Silakan unduh aplikasinya di SINI.

Media Pembelajaran Interaktif Public Relations

Cukup sekian dulu pembahasan saya tentang tugas pulic relations. Semoga bermanfaat. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan