Penggunaan Teknologi Komputer Bagi Siswa

Penggunaan Teknologi Komputer Bagi Siswa

Loading...

Penggunaan Teknologi Komputer Bagi Siswa – Pada zaman dahulu para siswa biasanya mengumpulkan informasi pembelajaran menggunakan sumber dari buku dan majalah atau koran. Kemudian mencatat informasi-informasi itu ke dalam buku tulis. Sehingga mereka dapat mencatat informasi yang mereka peroleh. Nyatanya, alat-alat tersebut kurang efektif dan kurang cepat dalam mengambil informasi di jaman serba digital ini.

Terkadang banyak siswa yang tidak dapat mencatat informasi yang didapat dari guru karena penjelasan guru terlalu cepat.Banyaknya informasi yang harus diingat oleh siswa. Hal ini tidak akan efektif jika siswa mencatat secara manual dengan menggunakan buku dan pulpen. Akibatnya mereka akan kesulitan dalam melakukan pengulangan pelajaran.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, kita dapat mempermudah siswa untuk menyimpan informasi apa yang dijelaskan oleh guru mata pelajaran dengan menggunakan teknologi komputer. Saat ini komputer tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda, selain untuk teman mengerjakan tugas, pekerjaan bahkan bermain gim terutama gim edukasi.

Komputer juga mudah digunakan, tetapi komputer kuno tidak semenarik komputer masa kini. Berikut hal-hal yang harus diketahui tentang  Penggunaan Teknologi Komputer Bagi Siswa, yaitu:

Apa yang Dapat Kita Pelajari Tentang Teknologi Komputer?

1. Memahami Komputer

Seorang peneliti mengatakan bahwa komputer adalah perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk menerima banyak tugas dengan mudah. Mulai dari menerima masukan, mengolah masukan sesuai instruksi, menyimpan perintah dan mengubahnya menjadi keluaran dalam bentuk informasi.

2. Sejarah Komputer

Pada tahun 1946-1959, komputer generasi pertama dikenal dengan nama ENIAC atau dikenal dengan (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Dimana hal ini dirancang sejak tahun 1942 oleh dua orang ahli, yaitu J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari Universitas Pennsylvania.

Komputer generasi kedua muncul pada tahun 1959-1964, ketika komputer generasi pertama masih kurang sempurna. Sedangkan komputer berkembang lagi sebagai generasi kedua yaitu menggunakan transistor komputer. Sehingga lebih kecil dari generasi pertama.

Keuntungan lainnya adalah konsumsi listrik yang lebih sedikit, dan biaya produksi yang terjangkau. Teknologi komputer generasi ketiga dicirikan dengan adanya sirkuit terintegrasi (IC). Sedangkan teknologi yang ditemukan oleh seorang peneliti berhasil meraih penghargaan Nobel.

Sehingga ia merasa penggunaan transistor masih kurang efektif untuk komputer. Transistor membuat komputer lebih cepat panas. Oleh karena itu, ia mengembangkan Sirkuit Terpadu, namun tetap menggunakan transistor dengan bentuk yang lebih kecil.

Sementara teknologi komputer generasi keempat ini dapat mengembangkan komputer yang semakin tidak terkendali. Banyak perusahaan bermunculan dan membuat terobosan dari teknologi komputer. Serta kemunculan perusahaan Intel yang menciptakan chip mikroprosesor.

Chip tersebut terdiri dari ribuan transistor, IC dan elemen rangkaian yang diringkas menjadi elemen berbentuk persegi panjang. Fungsinya sebagai memori internal pada komputer. Sehingga dalam hal ini dapat melakukan eksekusi perintah dengan puluhan ribu operasi dalam satu detik.

Sedangkan pada generasi ini, komputer atau laptop telah muncul. Sehingga pada tahun 1971 suatu perusahaan berfokus pada pembuatan komputer untuk rumah. Pada tahun 1984, perusahaan Apple merilis produk Macintosh yang disingkat menjadi MAC yang dikenal luas saat ini.

Teknologi komputer terakhir merupakan generasi kelima yang berlaku sekarang untuk masa depan, seiring dengan perkembangan teknologi, tentunya Anda tidak lagi heran dengan inovasi manusia yang semakin canggih. Komputer masa depan akan dibangun dengan mengembangkan komputer kuantum, molekuler, dan nanoteknologi canggih.

3. Bagian Komputer

Software (perangkat lunak) adalah program komputer yang menjalankan perintah yang diterima oleh perangkat keras. Kemudian akan diteruskan dan diproses oleh software. Contoh software adalah sistem operasi yang berupa Linux, Windows dan Mac OS.

Dengan adanya software ini, komputer dapat menerjemahkan instruksi yang diberikan oleh pengguna ke perangkat keras untuk menghasilkan keluaran pada komputer berupa pengolah kata, data, web browser, tampilan gambar, suara, video dan lain sebagainya.

Sedangkan Hardware (perangkat keras) adalah bagian dari komponen komputer yang mempunyai berbagai bentuk dan tipe fisik (CPU, RAM, Hard Drive, Keyboard, Mouse, Speaker, Monitor, Printer dan Proyektor.) Casing komputer merupakan kotak besar yang berisi CPU, motherboard dan catu daya.

Monitor adalah perangkat keras yang akan menampilkan keluaran seperti gambar, teks dan lain sebagainya. Monitor saat ini juga bisa berperan sebagai input ketika teknologi layar sentuh digunakan.

Demikian yang bisa kami jelaskan tentang teknologi komputer, semoga semakin menambah pengetahuan kita tentang komputer serta bagaimana Penggunaan Teknologi Komputer Bagi Siswa. Sampai jumpa lagi, semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan