Ibadah Mendatangkan Banyak Pahala

Ibadah Potensial Mendatangkan Banyak Pahala

Loading...

Membaca al-Quran merupakan sebuah ibadah yang paling mudah untuk dilakukan dan merupakan salah satu ibadah potensial mendatangkan banyak pahala. Bisa dilakukan kapan pun tanpa terikat waktu. Apalagi pahalanya yang terbilang fantastis. Satu huruf yang dibaca dari setiap kalam-kalam Nya akan dihadiahkan pahala oleh Allah.

Padahal, dalam satu ayat saja bisa terdiri dari lumayan banyak huruf. Katakanlah 10 huruf. Hanya dengan membaca satu ayat, sudah berapa kebaikan yang kita dapatkan? Rasulullah bahkan mengatakan, bahwa surah kedua di al-Quran ayat pertama, ‘Alif Lam Mim’ tidaklah dikatakan sebagai satu huruf, melainkan Alif sendiri, Lam sendiri, dan Mim sendiri. Sehingga pahalanya pun sendiri-sendiri.

Kita dapat melihat, betapa ibadah satu ini sangatlah potensial untuk mendatangkan banyak sekali pahala. Tak heran jika Allah telah memotivasi kita melalui kalam-kalam Nya yang indah. Misalnya motivasi dari Allah yang terdapat di dalam QS. Shaad ayat 29.

“Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran” (QS. Shaad [38]: 29).

Memang, selain berniat mendapatkan pahala, ada kebaikan lainnya jika kita tidak hanya sekedar membacanya saja, melainkan juga mengambil berbagai manfaat di dalamnya, dan mengamalkan setiap perintah yang ada. Ibadah yang mudah dilakukan ini akan menjadi semakin bagus jika kita terus membacanya sembari mempelajari maknanya, karena dengan merenunginya, ada kebaikan-kebaikan yang akan kita dapatkan.

Sudah dapat pahala banyak, ditambah lagi pahala ketika mempelajari maknanya. masyaAllah memang membaca al-Quran merupakan ibadah yang mendatangkan banyak pahala. Ketika sudah membaca al-Quran, kita dituntut untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, Rasululllah telah bersabda, bahwa kelak, al-Quran bisa menjadi hujjah yang akan membelamu atau malah menuntutmu. Hadis ini diriwayatkan oleh Muslim no. 223.

Maksud hujjah pembela adalah tatkala di dunia, semua perintah yang ada di dalam al-Quran kita amalkan, dan tatkala kita mengabaikan perintah di dalamnya, maka siap-siaplah bahwa al-Quran justru akan menuntut kita. Betapa banyak keutamaan membaca al-Quran.

Keutamaan yang lainnya adalah al-Quran bisa menjadi petunjuk kita dalam menjalani kehidupan. Jika tidak berpedoman dengan al-Quran, akan dengan apa lagi kita menjalani hidup ini? Allah telah mengatakan, bahwa al-Quran adalah petunjuk menemukan semua kebaikan yang bisa menuju surga. Hal ini difirmankan Allah dalam QS. Al-An’am ayat 19.

“Dan Al-Qur’an ini diwahyukan kepadaku supaya dengan dia aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Qur’an (kepadanya)” (QS. Al-An’am [6]: 19).

Jadi, jika saat ini Anda masih terbata-bata dalam membaca al-Quran, teruslah belajar untuk melancarkannya, karena kebaikan tetap akan dicatat selama Anda masih belajar. Allah akan melihat proses belajar Anda, semakin gigih, tentu akan semakin cepat Anda lancar membacanya. Dan itu artinya, akan berpeluang besar untuk mendapatkan pahala yang lebih banyak lagi.

Selalulah belajar! Jika saat ini Anda masih sangat jarang membaca al-Quran, maka mulailah untuk menargetkan bacaan al-Qur’an, paling tidak Anda harus membuat target membaca al-Quran minimal 1 lembar satu hari. Jika tidak bisa, bacalah setengah lembar, tidak bisa juga? Baca satu ayat saja. Bukankah ini sangat mudah?

Lagi pula, kelak pahalanya akan Anda tuai sendiri, dan mendatangkan manfaat bagi Anda. tak akan rugi orang yang menyisihkan waktunya untuk membaca firman-firman Allah, justru sebaliknya, ada banyak keutamaan yang akan diperoleh.

Demikianlah tulisan saya tentang membaca al-Qur’an yang merupakan salah satu ibadah potensial mendatangkan banyak pahala. Semoga kita adalah orang-orang yang senantiasa mengagungkan firman Nya dengan selalu membacanya setiap hari (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan