Cara Menghapus Iklan di Laptop Windows 10

Cara Menghapus Iklan di Laptop Windows 10

Loading...

Cara Menghapus Iklan di Laptop Windows 10 – Pernahkah sobat mengalami masalah munculnya iklan di Laptop Windows 10? Mengesalkan bukan? Padahal kita tidak sedang membuka aplikasi apa-apa, atau sebelumnya kita juga tidak menginstall apa-apa. Sering kali iklan ini muncul dengan tiba-tiba.

Di kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi mengenai cara menghapus iklan di laptop Windows 10. Siapa yang tidak terganggu dengan kehadiran iklan tiba-tiba muncul ketika sedang beraktivitas di depan laptop? Pasti sangat menyebalkan dan dapat membuyarkan konsentrasi, bukan? Oleh karena itulah, kami akan berbagi sedikit tips agar Anda terhindar dari gangguan iklan di laptop Anda.

Asal Muasal Iklan Muncul di Laptop

Umumnya, iklan muncul dalam wujud popup yang menyerupai seperti notifikasi. Iklan di laptop biasanya berasal dari aplikasi trial, aplikasi yang mengandung adware, dari browser (push notification), atau dari aplikasi yang memang memiliki fitur iklan mengganggu.

Namun, terkadang masih banyak yang terkecoh dan tidak dapat membedakan antara iklan dengan notifikasi. Popup yang sering kali dianggap iklan ternyata adalah suatu notifikasi, seperti pemberitahuan update, inbox, atau notifikasi dari aplikasi tertentu. Oleh karena itu, sebelum dilakukan penghapusan Anda perlu memastikan apakah hal tersebut benar iklan atau bukan.

Cara Menghapus Iklan di Laptop Windows 10

Layaknya sampah, iklan di laptop juga harus dimusnahkan agar tidak mengganggu pengguna dan menghambat kinerja laptop. Google Chrome dan Firefox merupakan aplikasi yang paling sering digunakan dan tak jarang pula keluhan akan kemunculan iklan-iklan yang mengganggu hadir di aplikasi tersebut. Oleh karena itu, tidak hanya fitur pada Windows 10 dan Windows Explorer sana yang harus dilakukan pembersihan, namun browser juga harus turut dibersihkan dari iklan-iklan yang mengganggu.

Fitur Windows 10 memang tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya sekedar keren, namun juga terdapat segudang fitur canggih di dalamnya. Meski begitu, ada pula fitur Windows 10 yang sangat tidak disukai penggunanya, seperti Personal Ads/Advertising ID.

Keberadaan Advertising ID adalah untuk penyediaan layanan iklan dari Windows 10. Dibalik sisi menyebalkannya, fitur mampu memfilter aplikasi-aplikasi di Windows Store, sehingga dapat mencegah dari penipuan dan masalah keamanan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menghapus iklan di Windows 10:

  1. Klik (WinKey + I) kemudian pilih ‘Privacy’ dan masuk ke opsi menu ‘General’
  2. Nonaktifkan slider pada opsi “Let apps use my advertising ID for experiences across apps
  3. Buka aplikasi browser, kemudian kunjungi laman Microsoft https://choice.microsoft.com/en-us/opt-out dan login akun Microsoft.
  4. Nonaktifkan opsi “Personalized ads in this browser” dan “Personalized ads wherever I use my Microsoft account

Cara Menghilangkan Iklan di Windows Explorer

Selain dengan menghilangkan iklan dari Windows 10, Anda juga perlu menghapus iklan yang terus muncul dari Windows Explorer. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Buka opsi ‘View’ di explorer, kemudian pilih  Options
  2. Selanjutnya buka ‘Change folder and search’
  3. Klik tab View pada jendela baru, kemudian nonaktifkan ‘Show sync provider notifications’ di Advanced Settings

Cara Menghilangkan Iklan di Browser Firefox dan Chrome

Bagi Anda yang sering menggunakan Firefox dan Chrome, sebaiknya Anda juga memusnahkan iklan yang ada di browser tersebut. Hal tersebut agar iklan dapat musnah secara total dari laptop Anda.

Berikut adalah langkah memusnahkan iklan di Firefox dan Chrome :

  1. Tap ikon burger di pojok kanan atas lalu pilih ‘Add Ons
  2. Pilih menu ‘Extension’ dan ketik ‘Adblock Plus’ di kolom pencari
  3. Pilih extension Adblock Plus
  4. Selanjutnya tapAdd to Firefox’ untuk menginstall Add Ons tersebut di browser
  5. Kemudian tap Add ketika muncul kotak dialog untuk konfirmasi

Demikianlah cara menghapus iklan di laptop Windows 10. Semoga membantu tips ini bisa membantu sobat yang sedang mengalami masalah ini. Salam belajar menyenangkan, kapan saja dan di mana saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan