Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Loading...

Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat – Pesawat merupakan salah satu moda transportasi favorit yang sering digunakan untuk bepergian jarak jauh. Melintasi batas kota hingga batas benua. Pesawat merupakan moda transportasi efektif untuk mengantarkan penumpang sampai tujuan dengan relatif cepat. Hampir semua daerah di Indonesia sudah terjangkau dengan transportasi udara.

Namun memang diakui moda transportasi ini pernah ditemukan masalah sehingga menimbulkan kecelakaan yang fatal. Seperti berita jatuhnya pesawat Sriwijaya air di 182 kemarin. Dampaknya adalah banyak yang menjadi takut untuk naik pesawat.

Bagi sobat yang mengalami keraguan atau ketakutan menggunakan pesawat bisa mencoba tips cara mengatasi rasa takut naik pesawat berikut ini:

Memahami Cara Kerja Pesawat

Salah satu sebab kenapa kita takut naik pesawat ada karena belum mengetahui cara kerja pesawat. Alangkah lebih baik sebelum menaikinya kita mencari informasi dulu mengenai pesawat.

Perlu diketahui pesawat dibuat dengan teknologi yang canggih dan di uji berkali-kali sebelum diterbangkan. Masalah Seperti mati mesin, terkena petir, hujan dan lain-lain tidak akan membuat pesawat gampang jatuh. Pesawat merupakan moda transportasi dengan jumlah kecelakaan paling sedikit didunia bila dibanding dengan mengendarai motor dan sejenisnya.

Membiasakan diri naik pesawat

Faktor kedua kenapa kita takut naik pesawat adalah kita sama sekali belum pernah atau jarang naik pesawat. Takut naik pesawat merupakan hal wajar yang dialami setiap orang terlebih hal ini merupakan hal baru yang belum pernah dialami sebelumnya.

Jika penyebab ini menyebabkan kita takut naik pesawat maka solusinya adalah membiasakan diri naik pesawat. Ini supaya pikiran cepat beradaptasi dengan suasana pesawat. Semakin sering kita terbang semakin terbiasa pula kita menghadapi situasi saat terbang.

Pemilihan tempat duduk

Terkadang kita menjadi paranoid naik pesawat karena salah penempatan tempat duduk. Penting untuk membuat diri kita nyaman saat mengadakan perjalanan dengan pesawat.

Jika kita takut ketinggian hindari duduk di bagian dekat jendela. Pilihlah area tempat duduk dekat lorong  agar kita merasa lebih aman dan leluasa saat pesawat sedang mengudara. Meminta saran-saran dari awak kabin juga bisa membuat kita lebih tenang.

Hindari Media yang membuat kita takut naik pesawat

mencoba tips cara mengatasi rasa takut naik pesawat berikutnya adalah bijak dalam menyikapi berita. Penyebab lain yang sering membuat kita berpikir naik pesawat itu tidak aman adalah terpengaruh oleh apa yang diceritakan media. Memang benar kecelakaan pesawat bisa terjadi kapan saja tapi itu tidak bisa dijadikan kesimpulan bahwa naik pesawat itu berbahaya.

Pesawat adalah sebuah mesin yang canggih dan tiap tahun selalu mengalami perbaikan teknologi. Jadi jangan khawatir untuk naik pesawat karena setiap hari ada ratusan bahkan ribuan dilakukan di seluruh dunia dan mayoritas berjalan aman. Jika kita hanya fokus dengan satu atau beberapa kecelakaan maka kita akan terus dihantui dengan rasa takut naik pesawat.

Pasrah dengan yang kuasa

Langkah pamungkas yang perlu dilakukan agar tidak takut menaiki pesawat adalah pasrah. Niatkan perjalanan kita untuk hal-hal yang baik, yakin bahwa Tuhan yang maha Kuasa akan melindungi kita dari segala mara bahaya.

Jika pun nasib buruk itu terjadi setidaknya kita sudah mengingat dan memasrahkan diri kepada yang di atas. Sebab walaupun kita tidak naik pesawat juga ada risikonya masing-masing. Menggunakan mobil, kereta api, sepeda motor atau sepeda angin pun ada risikonya.

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi rasa takut naik pesawat yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat. Salam sehat selalu, selamat sampai tujuan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan