Membiasakan Akhlak Bertamu

Cara Membiasakan Akhlak Bertamu Kepada Anak

Loading...

Cara Membiasakan Akhlak Bertamu Kepada Anak – Rumah adalah sekolah pertama bagi anak-anak. Maka, ada baiknya Anda mengajarkan banyak hal kepada anak Anda, salah satunya adalah akhlak ketika bertamu dan menerima tamu.

Kenapa kita harus memperkenalkan dan mengajarkannya kepada anak-anak? Karena dalam Islam, akhlak jauh lebih penting daripada ilmu. Tak heran jika generasi-generasi sebelum  kita saat ini harus mempelajari adab bertahun-tahun sebelum mempelajari ilmu.

Jadi, mulai sekarang yuk mulai membiasakan akhlak bertamu kepada anak kita, terutama akhlak sederhana dalam bertamu dan menerima tamu.

Mengapa Harus Mempelajari Akhlak Bertamu?

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mengajarkan anak Anda akhlak ketika bertamu. Pertama tentu karena bertamu bisa saja dilakukan kapan pun, sehingga pengetahuan mengenai akhlak ketika bertamu sangat penting. Kedua, dengan bertamu, maka ada pintu-pintu yang akan dibukakan oleh Allah, seperti pintu rezeki dan usia yang panjang.

Dengan ganjaran tersebut, tentu banyak yang berlomba-lomba untuk saling mengunjungi. Karena itulah Anda perlu mengajarkan anak Anda akhlak bertamu ini.

Akhlak Bertamu

Berikut ini beberapa akhlak bertamu menurut Islam yang harus Anda kenalkan kepada anak Anda.

Mengucap Salam dan Baru Masuk Apabila Sudah Diperbolehkan

Yang namanya anak-anak pasti sangat bersemangat jika ke mana-mana tanpa ada aturan, termasuk ketika bermain ke rumah temannya. Misalnya dengan terus menekan bel, dan langsung nyelonong masuk padahal belum diizinkan.

Nah, mulai sekarang Anda bisa memberikannya pemahaman, bahwa ketika bermain ke rumah orang harus menunggu dipersilahkan dulu baru masuk, bukan asal masuk saja. Nasihati anak Anda dengan baik, maka nasehat tersebut akan tertanam dalam hatinya dan terus dipraktikkannya ketika ia akan ke rumah siapa pun, termasuk ke rumah saudaranya.

Memilih Waktu Berkunjung yang Tepat

Selain menunggu dipersilahkan, Anda juga harus memberi tahu kepada anak, bahwa ada waktu-waktu yang memang boleh digunakan untuk bertamu ada juga waktu yang kurang tepat. Sebagai seorang ibu, tentu Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk bertamu. Maka, Anda bisa memberitahu kepada anak Anda agar di waktu-waktu istirahat dia tidak akan berkunjung ke rumah temannya.

Duduk yang Sopan

Yang namanya rumah orang tentu berbeda dengan rumah sendiri. Jika di rumah sendiri saja ada aturan yang harus diindahkan, apalagi di rumah orang lain. Maka, ajarkan anak Anda agar duduk dengan santun ketika di rumah orang lain. Anda harus mengajarkan dan memberikannya pengarahan ketika di rumah, bahwa saat berada di rumah orang lain, maka ia tak boleh lari ke sana kemari seperti di rumah, ia juga tidak boleh meraih barang-barang yang ada di rumah orang tersebut. Berikan penjelasan yang sederhana dan mudah dicernanya.

Makan dan Minum Apabila Sudah Dipersilahkan

Katakan kepada anak Anda, apa pun yang ada di meja tamu jangan pernah menyentuhnya apalagi memakannya kecuali sudah dipersilahkan. Atau jika memang dia menginginkannya, ajarkan untuk meminta izin terlebih dahulu.

Tidak Bertamu dalam Waktu yang Lama

Dalam Islam, bertamu untuk menjalin silaturahim sangat dianjurkan. Namun, Islam tetap membatasi berapa lama sebenarnya waktu yang diperbolehkan untuk bertamu dan menginap di rumah orang lain. Anda bisa mengenalkan akhlak bertamu ini juga kepada anak Anda.

Mungkin saat Anda jelaskan ia belum mengetahui maknanya, namun seiring dengan pertambahan usia, ia pasti akan mengerti nantinya.

Demikian beberapa cara membiasakan akhlak bertamu kepada anak. Jika ada beberapa perilaku anak Anda yang terlanjur kurang baik, jangan memarahinya, cukup memberinya nasehat, bahwa besok dia tak boleh melakukannya lagi. Semoga bermanfaat ya (maglearning,id).

Loading...

Tinggalkan Balasan