Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone

Loading...

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone – Anda pengguna iPhone? Tentu Anda wajib tahu, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di iPhone agar tampilan layar iPhone Anda lebih menarik dan sedap untuk dipandang. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam penggunaannya dan tidak sulit mencari aplikasi yang hendak digunakan.

Kendalanya, bagaimana cara merapikan tampilan layar dengan thumbnail aplikasi yang begitu banyak memenuhi layar iPhone Anda? Nah, dalam artikel kali kami akan berbagi tips untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda. Yuk, baca sampai bawah ya!

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone IOS 13

Berbeda halnya dengan smartphone berbasis Android yang dapat dengan mudah untuk menyembunyikan aplikasi, iPhone harus melalui beberapa tahapan hingga didapatkan tampilan yang rapi. Tidak hanya untuk mendapatkan tampilan yang rapi namun juga untuk menjaga keamanan perangkat iPhone agar tidak mudah diakses oleh orang lain.

Tahap Persiapan

Untuk menyembunyikan aplikasi, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan dari App Store. iPhone sudah dilengkapi dengan fitur Content Restrictions untuk membatasi aplikasi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat Passcode Screen Time yang bertujuan untuk mengetahui secara detail tentang informasi seputar penggunaan perangkat IOS, seperti kategori aplikasi, nama aplikasi, dan durasinya. Berikut di bawah ini adalah cara membuat Passcode Screen Time yang harus Anda lakukan :

  1. Buka aplikasi Setting pada iPhone Anda, kemudian pilih Screen Time
  2. Pilih Use Screen Time Passcode dan masukan passcode yang mudah diingat, serta masukan pula password Apple ID Anda
  3. Selanjutnya tap Ok

Tahap Eksekusi

Setelah tahap persiapan dilakukan, Anda bisa melanjutkan ke tahap eksekusi yang langsung masuk ke fitur Content Restrictions. Berikut ini adalah tahap-tahapnya:

  1. Buka aplikasi Setting, kemudian masuk ke menu Screen Time
  2. Pilih Content & Privacy Restrictions, selanjutnya pilih Apps
  3. Atur dan ubah rating aplikasi sesuai dengan yang Anda inginkan untuk membatasi aplikasi

Perlu diketahui bahwa menyembunyikan aplikasi pada perangkat iPhone memiliki kekurangan, di mana Anda harus memberikan rating berbeda pada aplikasi lain sebagai perbandingan. Jika Anda hanya memberikan rating pada satu aplikasi atau memberikan nilai rating yang sama pada beberapa aplikasi, maka langkah-langkah yang telah dilakukan akan sia-sia.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Non IOS 13

Bagi Anda yang memiliki iPhone selain IOS 13 jangan khawatir karena kami juga akan membagikan cara menghilangkan aplikasi dari tampilan layarnya. Berikut adalah tahapannya :

  1. Buka aplikasi Setting, kemudian pilih General
  2. Selanjutnya pilih Restrictions dan tap Enable Restrictions
  3. Kemudian Anda akan diminta untuk membuat password terlebih dahulu. Anda bebas menentukan password-nya, pastikan password mudah Anda ingat
  4. Setelah itu, Anda bisa memilih aplikasi bawaan yang hendak Anda batasi penggunaannya dan disembunyikan dari tampilan layar
  5. Untuk aplikasi pihak ketiga, Anda bisa pilih menu Allowed Content, kemudian pilih Apps
  6. Setelah itu, Anda bisa menentukan aplikasi yang hendak Anda sembunyikan berdasarkan rating-nya

Setelah semua langkah dijalani, Anda bisa periksa keberadaan aplikasi yang tadi sudah Anda sembunyikan, apakah masih tampil di layar atau sudah tersembunyi. Jika masih tersedia, perbaiki rating-nya. Pastikan berikan rating terendah untuk aplikasi yang hendak disembunyikan dan rating tertinggi untuk aplikasi yang paling sering Anda gunakan.

Demikian pembahasan mengenai cara menyembunyikan aplikasi di iPhone. Semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan bersama maglearning.id !

Loading...

Tinggalkan Balasan