Pemilihan Media Pembelajaran Visual
Dalam pemilihan media visual ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaannya, yaitu:
1) Apakah media visual itu ?
Media visual adalah media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkret sampai dengan abstrak. Media visual ini lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh panca indra kita terutama oleh mata sebagai indra penglihatan.
2) Mengapa media pembelajaran visual merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran?
Media pembelajaran visual telah terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual (seperti gambar diam, gambar bergerak, televisi, objek tiga dimensi, dll) mempunyai hubungan positif yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran visual merupakan media pembelajaran yang cukup baik dan efisien.
3) Siapakah yang dapat mengoperasikan media dengan baik dan benar?
Sebenarnya, siapa pun bisa menggunakan media pembelajaran visual dengan baik dan benar. Namun, dengan catatan orang tersebut telah mengusai cara penggunaannya dengan benar. Beberapa orang yang bisa mengoperasikan penggunaan media visual harus memiliki kemauan untuk belajar. Bahan peserta didik pun juga bisa menggunakan media ini secara mandiri.
4) Ada beberapa faktor yang menghambat perkembangan kemampuan seseorang untuk menggunakan media pembelajaran, yaitu:
- Asumsi bahwa menggunakan media itu repot.
- Menganggap media itu canggih dan mahal.
- Tidak bisa menggunakan media yang ada.
- Asumsi bahwa media itu hiburan, memperkecil kemungkinan anak tetap konsentrasi terhadap pelajarannya.
- Tidak tersedianya media pembelajaran visual.
- Kebiasaan menikmati ceramah/bicara tanpa media visual.
Jadi, seseorang yang paling tepat untuk menggunakan media pembelajaran visual adalah seseorang yang tidak memiliki sifat menghambat seperti yang disebutkan di atas.

5) Di manakah media dapat digunakan ?
Media pembelajaran visual baiknya digunakan di tempat yang tepat, sesuai dengan jenis medianya. Misalnya, media yang tidak diproyeksikan dapat dilakukan di luar kelas juga di dalam. Hal itu memungkinkan untuk media pembelajaran visual yang berupa benda nyata dan media grafis.
Dalam penggunaan media belajar visual berbentuk benda nyata misalnya, dalam pelajaran biologi kita dapat menggunakan tumbuhan di luar kelas sebagai media pembelajaran visual. Media grafis dan model pun bisa digunakan di luar kelas, apabila media tersebut memungkinkan untuk digunakan di luar kelas.
Sedangkan untuk media pembelajaran yang diproyeksikan, tempat yang tepat adalah di dalam kelas. Mengingat kebutuhannya akan alat-alat yang cukup berat, dan dibutuhkannya aliran listrik, tentu penggunaan media pembelajaran visual yang diproyeksikan ini lebih baik digunakan di dalam kelas.
Jika media tersebut dapat diakses oleh peserta didik dari mana pun dan kapan pun seperti Anda membaca artikel ini, maka akan sangat tepat disajikan untuk pembelajaran mandiri di luar kelas. Sedangkan pembelajaran di dalam kelas akan difokuskan pada materi-materi pengayaan dengan memanfaatkan pembelajaran kelas hybrid.
6) Kapan media pembelajaran visual dapat digunakan?
Melihat berbagai macam jenis media belajar visual tadi, dapat kita simpulkan bahwa media ini dapat digunakan kapan saja saat dibutuhkan. Para pendidik dapat menyesuaikan jenis media visual apa yang dibutuhkan, dan disesuaikan dengan tempat kegiatan belajar mengajar; apakah di dalam atau di luar ruangan.
7) Bagaimana cara pemilihan media visual yang tepat ?
Cara pemilihan media visual yang tepat adalah :
- Media yang digunakan harus memperhatikan konsep pembelajaran atau tujuan dari pembelajaran.
- Memperhatikan karakteristik dari media yang akan digunakan, apakah sesuai dengan situasi dan kondisi yang tepat guna.
- Tepat sasaran kepada peserta didik yang sesuai degan kebutuhan zaman.
- Waktu, tempat, ketersediaan dan biaya yang digunakan.
- Pilihlah media visual yang menguntungkan agar lebih menarik, variatif, mudah diingat dan tidak membosankan sesuai dengan konteks penggunaannya.
Secara teoritis ada beberapa dasar pemilihan media pembelajaran, yaitu landasan filosofis, psikologis, empiris dan teknologi. Selengkapnya bisa Anda baca DI SINI.
Demikianlah bahasan kami tentang media pembelajaran visual, dari sisi pengertian dan manfaatnya, serta bagaimana kita memilih media pembelajaran yang tepat. Akhir kata semoga makalah atau artikel pendidikan ini bermanfaat. Salam belajar menyenangkan kapan saja dan di mana saja (maglearning.id).
Laman: 1 2
3 comments