Desain Pembelajaran, Kurikulum, Silabus dan RPP

Desain Pembelajaran, Kurikulum, Silabus dan RPP

Loading...

Desain Silabus

Silabus merupakan salah satu bentuk kurikulum, boleh disebut sebagai kurikulum mikro, jabaran dari kurikulum lengkap yang bersifat makro. Silabus menggunakan bentuk format desain susunan komponen-komponen pembelajaran tersebut berurutan ke bawah.

Isi silabus mulai dari identitas mata pelajaran, tujuan, bahan ajar, proses pembelajaran, pendekatan dan metode pembelajaran, media dan sumber belajar, tugas-tugas dan latihan serta penilaian hasil belajar. Silabus merupakan desain pembelajaran untuk satu mata pelajaran dalam satu semester. Berikut ini adalah isi silabus:

  • Identitas mata pelajaran

Identitas mata pelajaran berisi rumusan tentang nama mata pelajaran, kode, jumlah jam pelajaran/SKS per minggu, diberikan pada semester ke berapa. Biasanya juga dicantumkan keterangan apakah mata pelajaran ini teori, praktik atau teori dan praktik.

  • Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran merupakan rumusan sasaran atau perolehan, hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh para siswa. Tujuan pembelajaran dalam program pendidikan dan kurikulum berbasis kompetensi berupa kompetensi baik kompetensi vokasional maupun kompetensi akademik. pada jenjang pendidikan dasar dan menengah kompetensi dan perolehan belajar sudah tersusun lengkap dirumuskan oleh Tim Pusat. Dan pada perguruan tinggi, rumusan kompetensi disusun oleh masing-masing perguruan tinggi.

  • Materi pelajaran

Penguasaan suatu kompetensi terkait dengan bidang ilmu atau pengetahuan tertentu.

  • Pendekatan dan metode pembelajaran

Berisi penjelasan tentang pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan. Karena silabus ini bersifat umu, maka tidak dijelaskan urutan atau langkah-langkah pembelajaran. Langkah pembelajaran diuraikan dalam RPP.

  • Media pembelajaran

Berisi penjelasan tentang jenis media yang digunakan, berupa media gambar, suara, gerak, dan lainnya.

  • Tugas dan latihan

Menjelaskan jenis tugas dan latihan-latihan yang harus dikerjakan.

  • Penilaian

Menjelaskan jenis dan bentuk penilaian yang digunakan

  • Buku sumber belajar

Selain desain di atas, desain yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

SILABUS

Nama sekolah              :

Mata pelajaran             :

Kelas/program             :

Semester                      :

Standar kompetensi     :

Kompetensi DasarKegiatan pembelajaranMateri pembelajaranIndikatorpenilaianAlokasi waktuSumber bahan

Desain RPP

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah program perencanaan yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan perencanaan untuk setiap kegiatan proses pembelajaran. RPP merupakan salah satu komponen penting dalam desain pembelajaran.

RPP dikembangkan berdasarkan silabus. Mengajar adalah proses mengatur lingkungan supaya siswa belajar. Dalam pembelajaran pasti banyak persoalan yang dihadapi guru seperti materi yang padat namun jam sempit, pembelajaran yang selama ini hanya menghabiskan materi sehingga nilai-nilai pelajaran tidak melekat dan lain-lain.

Contoh Desain RPP seperti di bawah ini:

Nama Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :

  • Kompetensi Inti (KI)
  • Kompetensi Dasar
    1. KD pada KI-1
    2. KD pada KI-2
    3. KD pada KI-3
    4. KD pada KI-4
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
    1. Indikator KD pada KI-1
    2. Indikator KD pada KI-2
    3. Indikator KD pada KI-3
    4. Indikator KD pada KI-4
  • Materi Pembelajaran

Materi dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.

  •  Kegiatan Pembelajaran
    • Pertemuan Pertama: (…JP)
      • Kegiatan Pendahuluan
      • Kegiatan Inti
        1) Mengamati
        2) Menanya
        3) Mengumpulkan informasi/mencoba
        4) Menalar/mengasosiasi
        5) Mengomunikasikan
      • Kegiatan Penutup
  •  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
    1. Teknik penilaian
    2. Instrumen penilaian
    3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan. Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
  • Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
    1. Media/alat
    2. Bahan
    3. Sumber Belajar

Semua komponen dalam RPP adalah penting, namun yang paling penting adalah kegiatan inti. Di dalam kegiatan inti adalah proses transfer ilmu dan penanaman nilai pada diri siswa. Maka dari itu pengajar harus mendesain kegiatan inti sesuai metode atau model pembelajaran.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kegiatan pembelajaran harus mencerminkan adanya upaya pembinaan sikap, pengembangan keterampilan dan pengakuisisian pengetahuan. Dalam mendesain RPP guru harus memperhitungkan berbagai aspek. Yaitu:

  • Pertama, kesesuaian dengan materi serta yang dibutuhkan siswa atau hasil yang harus dicapai siswa.
  • Kedua, kesesuaian metode dengan materi.
  • Ketiga, kondisi siswa, waktu dan suasana lingkungan belajar.

Demikianlah bahasan kami tentang desain pembelajaran, kurikulum, silabus dan RPP. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat belajar dengan menyenangkan kapan saja dan di mana saja (maglearning.id).

Loading...
Pages ( 2 of 2 ): « Balik1 2

One comment

Tinggalkan Balasan