Peralatan Untuk Menjadi Vlogger

Peralatan Untuk Menjadi Vlogger, Pemula sampai Pro

Loading...

Peralatan Untuk Menjadi Vlogger, Pemula sampai Pro – Perkembangan media sosial membuat fungsinya mengalami perluasan. Media sosial bukan hanya untuk membagikan aktivitas sehari-hari saja tapi juga bisa tempat untuk mengekspresikan diri.

Media sosial membuat semua orang mudah untuk menyampaikan minatnya. Bisa berbentuk pendapat, tutorial, karya seni dan masih banyak lagi. Karena hal inilah akhirnya tercipta profesi bernama vlogger.

Menjadi Vlogger adalah impian untuk orang-orang di era sekarang. Menjadi terkenal dan mendapatkan uang adalah salah alasan kenapa profesi ini sangat dilirik. Lalu apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat vlog yang berkualitas.

Apa saja peralatan untuk menjadi seorang vlogger? Sebenarnya tidak ada jawaban yang saklek, dari alat sederhana sampai yang lengkap. Dari ratusan ribu sampai ratusan juta. Tidak perlu alat yang lengkap dan mahal, namun semakin lengkap dan semakin mahal bisanya sebanding dengan peningkatan kualitas. Dengan asumsi dibarengi dengan skill si pemegang alat tentunya.

Nah, kalau bicara tentang peralatan utama apa saja yang kita butuhkan untuk menjadi vlogger maka silakan baca ringkasan kami berikut ini.

Kamera

Peralatan untuk menjadi Vlogger pemula sampai pro yang paling utama adalah kamera. Untuk jadi seorang vlogger, kita harus punya kamera yang digunakan untuk membuat video. Keberadaan kamera ini sangat wajib untuk dimiliki, karena tanpa perangkat tersebut konten tidak bisa dibuat.

Meskipun masih pemula kita harus memiliki perangkat kamera yang baik, agar menghasilkan video yang jernih. Jika masih memiliki modal terbatas bisa menggunakan kamera smartphone terlebih dahulu karena spesifikasinya sekarang sudah hampir menyamai kamera profesional.

Rekomendasi Smartphone yang bagus kameranya ada iPhone 11 Pro, Google Pixel atau Samsung Note 10. Jika sudah memiliki budget alangkah lebih baiknya menggunakan kamera DSLR untuk hasil video yang lebih bagus.

Yang penting adalah kamera yang dipakai sesuai akan kebutuhan. Bila konten kita kebanyakan di outdoor seperti motovlog bisa menggunakan kamera action. Kalau kontennya tentang film, maka pilihlah kamera DSLR.

Tripod

Perangkat penting selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang blogger adalah tripod. Alat ini akan sangat membantu saat kita membuat video secara sendiri. Tripod berfungsi sebagai penyangga kamera/smartphone saat pengambilan video. Tripod juga membantu meminimalisir terjadinya guncangan.

Untuk memilih tripod kita bisa mempertimbangkan kebutuhan dan ukurannya. Tripod untuk konten Kuliner, Film, atau yang lainnya tentu memiliki spesifikasi masing-masing.

Gimbal

Bila ngevlog Anda lebih banyak aktivitas bergerak, maka tripod saja tidak cukup. Tripod lebih cocok untuk acara seperti podcast yang frame-nya ccenderung statis, tapi bila Anda ngevlog tentang suatu kegiatan atau aktivitas yang dinamis, Anda perlu yang namanya gimbal atau stabilizer.

Ada dua stabilizer pada umumnya, yaitu stabilizer manual atau mekanik dan stabilizer elektronik. Kami menyarankan untuk menggunakan gimbal atau stabilizer elektronik. Selain karena hasilnya jauh lebih bagus, juga harganya sudah semakin murah serta banyak pilihan jenis dari berbagai merek.

Untuk hasil terbaik gunakan gimbal yang 3 axis, jangan yang 2 axis karena sangat nanggung dan selisih harganya biasanya tidak jauh, tapi fungsi dan kualitasnya jauh lebih baik. Kemampuan meredam getaran gimbal 3 axis sangat sempurna.

Mikrofon

Peralatan untuk menjadi Vlogger berikutnya adalah mikrofon. Untuk membuat konten yang bagus selain harus memiliki visual yang oke, kita juga harus memperhatikan sisi audionya. Alat yang bisa memaksimalkan audio adalah mikrofon. Alat ini mempunyai fungsi untuk merekam suara agar lebih jernih.

Fungsi lain dari mikrofon adalah membantu konten agar tetap fokus, karena mikrofon menyaring sumber noice yang mengganggu.

Untuk harganya sangat bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Semua tergantung jenis, ukuran dan spesifikasinya.

Tidak ada ruginya mengumpulkan sedikit dana untuk membeli mikrofon karena akan meningkatkan kualitas blog secara keseluruhan.

Komputer

Jika video dan audio sudah terekam, kita perlu mengeditnya agar menjadi konten profesional. Untuk melakukannya perlu sebuah perangkat bernama komputer/laptop.

Untuk memilih laptop untuk keperluan vlogging juga tidak boleh sembarangan. Pilihlah laptop yang memiliki ukuran RAM yang cukup dan perhatikan pula spesifikasi graphic chipnya. Hal ini diperlukan agar proses edit video berjalan lancar.

Setelah memiliki komputer kita perlu menginstal aplikasi editing video seperti Adobe Premiere Pro, Filmora, Adobe After Effect dan masih banyak lagi.

Untuk kisaran harganya, komputer/laptop editing paling murah berada di kisaran harga 4 Jutaan.

Lighting

Sebenarnya dengan alat-alat yang disebutkan di atas, kita sudah bisa membuat konten vlog yang bagus. Namun akan lebih oke lagi bila dilengkapi dengan lighting. Terlebih bila fokus konten berada di dalam ruangan, maka fungsi perangkat ini sangat diperlukan.

Lighting akan memberikan tambahan cahaya yang membuat hasil video terjaga kejernihannya. Terlebih dengan suasana ruangan yang sering minim pencahayaan matahari. Lighting akan menyelesaikan masalah ini dengan cepat.

Untuk menemukan perangkat ini tidak sulit, karena bisa ditemukan di online shop dengan harga yang bermacam. Mulai dari 150 ribu hingga jutaan rupiah. Ukuran, bahan, hingga tingkat kecerahan cahaya yang menjadi pembeda dalam penentuan harga lighting.

Perangkat ini sangat direkomendasikan terutama untuk konten review barang, gaming dan sebagainya.

Kesimpulan

Media sosial terus berkembang dari waktu ke waktu. Media sosial juga mengalami perluasan fungsi. Bukan hanya untuk memamerkan aktivitas sehari-hari saja, tapi sosmed bisa dijadikan wadah ekspresi diri.

Menjadi vlogger adalah profesi yang membebaskan kita dalam berekspresi. Kita bisa membuat berbagai macam karya dan untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan berbagai perangkat untuk menghasilkan konten berkualitas.

Peralatan untuk menjadi Vlogger tidak harus mahal, yang penting adalah sesuai dengan kebutuhan, dan yang paling penting adalah terus belajar dan berkembang. Banyak kok yang awal mulanya menggunakan alat seadanya kemudian terus belajar dan berkembang sampai pada level vlogger profesional (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan