Cara Merekam Layar di Windows 7, 8, dan 10 Tanpa Aplikasi

Loading...

Cara merekam layar di Windows 7, 8, dan 10 tanpa aplikasi yang akan saya bahas ini sangat simpel dan mudah, serta yang paling penting adalah gratis. Ya gratis, bahkan kita tidak perlu melakukan registrasi dan membutuhkan data apa pun. Apalagi di jaman sekarang ini data pribadi sangat sensitif untuk dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bila sobat sekilas membaca tulisan yang ada di gambar utama artikel ini, mungkin sudah terbayang bahwa cara merekam layar di Windows 7, 8, dan 10 ini dilakukan secara online. Inilah yang memungkinkan kita bisa merekam layar di versi Windows apa pun, baik Windows 7, 8, 10 dan versi-versi lainnya.

Karena secara online jadi kita tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun, bahkan tidak menggunakan aplikasi yang sudah tertanam di Windows kita. Keren kan….. Caranya juga sangat mudah tanpa ribet.

Oh ya, kita tidak hanya bisa merekam layar monitor lho. Kita bisa merekam webcam yang sedang kita gunakan dan juga merekam secara bersamaan antar layar monitor Windows dan webcam yang sedang aktif. So, kurang apalagi? Sudah tanpa aplikasi, mudah, gratis lagi….

Soal suara jangan khawatir, karena ada nih aplikasi perekam layar Windows yang gratisan atau bahkan berbayar ternyata sering bermasalah dengan perekaman audionya. Selama saya menggunakan cara merekam layar di Windows 7, 8, dan 10 tanpa aplikasi ini, saya tidak menemukan kendala soal perekaman audio, asal sobat membaca tulisan ini secara lengkap ya…. karena ada beberapa hal penting yang perlu sobat perhatikan.

Cara Merekam Layar Windows 7, 8, dan 10 Menggunakan Google Chrome

Yang namanya menggunakan metode perekaman secara online tanpa aplikasi, sebenarnya tidak benar-benar tanpa aplikasi apa pun ya. Secara tidak mungkin kan kita melakukan perekaman layar Windows tanpa bantuan aplikasi apa pun yang berjalan.

Hanya saja memang kita tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan apa pun. Ya, karena kita memanfaatkan aplikasi web browser seperti Google Chrome, Microsoft Bing, Mozila Fiefox, atau yang sejenisnya.

Jadi, bila melihat secara teknis aplikasi ini berjalan, bisa ditebak bahwa aplikasi ini berjalan menggunakan platform dasar HTML, Javascript dan pendukung lainnya. Oleh karena itu saya menyarankan agar menggunakan Google Chrome sebagai web browser untuk menjalankan cara merekam layar di Windows 7, 8, dan 10 tanpa aplikasi ini.

Juga tak kalah pentingnya untuk tidak melakukan block terhadap Javascript yang berjalan. Ini biasanya dilakukan oleh pengguna internet yang tidak mau ada iklan muncul di laman webnya.

Langkah Mudah Cara Merekam Layar Windows 7, 8, dan 10

Prinsip dasar langkah mudah cara merekam layar di Windows 7, 8, dan 10 tanpa aplikasi ini hanya ada tiga tahap utama yaitu:

  1. Mulai Merekam. Klik tombol Start Recording untuk mulai menangkap layar Anda.
  2. Sesuaikan Pengaturan. Sebelum memulai perekaman, sobat bisa memilih beberapa opsi perekaman, misalnya pilihan layar, pilihan audio, dan opsi perekaman lainnya.
  3. Unduh & Edit. Setelah selesai silakan stop merekam, lalu unduh atau bisa diedit dulu di screencast.

Langkah-langkah Cara Merekam Layar Windows 10

Kali ini saya akan mencontohkan secara lebih lengkap langkah-langkah cara merekam layar di Windows 10 tanpa aplikasi. Silakan simak tahapan berikut ini:

  • Setelah itu klik “Start Recording”.
  • Pilih pengaturan perekaman yang ingin dilakukan. Bisa layar monitor dan webcam sekaligus, layar monitor saja, atau webcam saja.
Cara Merekam Layar Windows 8 Tanpa Aplikasi
  • Setelah menentukan pilihan klik “Next Step”
  • Silakan pilih audio recording yang akan digunakan
  • Setelah menentukan pilihan audio silakan klik tombol “Start Recording”
Cara Merekam Layar Windows 7 Tanpa Aplikasi
  • Silakan cek setting share audio sobat, kemudian klik “Got it”
  • Pada gambar di bawah ini, di bagian kiri bawah kotak “Share audio” sudah saya aktifkan (berwarna biru)
Cara Merekam Layar di Windows 7, 8, dan 10
  • Silakan pilih layar yang akan direkam. Karena saya menggunakan dua layar monitor dalam satu laptop/PC saya bisa memilih Screen 1 atau Screen 2.  
  • Bila sudah menentukan pilihan tombol “share” akan aktif, kemudian klik “Share”
  • Perhatikan pada gambar panel di bawah ini, di mana recordcast sedang merekam layar dan audio laptop/PC sobat. Artinya layar dan audio sudah aktif terekam.
  • Sobat bisa memindah-mindahkan panel tersebut. Tinggal drag aja
  • Sobat juga bisa melakukan jeda perekaman dengan klik tombol “II” di bagian kiri panel
  • Setelah selesai sobat bisa klik “Stop sharing”
  • Kemudian klik “Download and Edit” maka video akan otomatis terunduh, seperti pada gambar di bawah ini
  • Selesai……

Jika masih diperlukan pengeditan makan sobat bisa lakukan pengeditan lebih lanjut

Cara edit video di Windows 7, 8, dan 10 Tanpa Aplikasi

Untuk tutorial editing video di windows tanpa aplikasi ini akan kami bahas di lain kesempatan.

Siapa Saja yang Membutuhkan ?

Nah, ternyata cara merekam layar di Windows 7, 8, dan 10 tanpa aplikasi sangat mudah bukan. Bagi siapa saja cara ini sangat cocok, terutama bagi para Youtuber pemula, siswa, maupun guru untuk membuat berbagai macam video pembelajaran.

Ya, karena dengan cara ini sobat tidak perlu membayar sepeser pun. Hanya saja dibutuhkan koneksi internet yang stabil. Namun saya kira ini bukan masalah utama, terutama di daerah perkotaan yang saat ini akses internet sudah semakin mudah dan murah.

Kelemahan berikutnya di mode gratis adalah sobat hanya bisa merekam sampai 30 menit saja. Juga saya kira ini buka masalah berarti untuk sobat, tinggal kompilasi saja beberapa video menjadi satu.

Ok sobat itu tadi ulasan saya tentang cara merekam layar di Windows 7, 8, dan 10 tanpa aplikasi, gratis dan tanpa registrasi. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan