Materi IPA Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 “Energi Bunyi”

Materi IPA Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 “Energi Bunyi”

Loading...

Halo jumpa lagi di modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 kali ini kita akan membahas tentang “Energi Bunyi”. Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan kita indra pendengar. Melalui indra ini, kita dapat mendengar dan menikmati hasil karya seni budaya yang beragam.

Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang hal tersebut. Kita akan mempelajari bagaimana cara menghasilkan bunyi yang lebih keras atau lebih pelan, dan lain-lain.

Bunyi dan Getaran

Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.

Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.

Pembelajaran Materi IPA Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 “Energi Bunyi”

Hampir setiap saat, kita mendengar bermacam-macam bunyi. Saat berjalan, kamu mendengar suara langkah. Ketika di rumah, kamu mendengar suara radio, musik mp3 player, iPod, burung berkicau, ayam berkokok, orang berbicara, dan sebagainya. Bahkan, di malam yang sunyi pun kamu masih dapat mendengar suara jengkerik dan detakan jarum jam dinding.

1. Sumber Bunyi

Apa sebenarnya bunyi itu? Dari manakah asal bunyi? Bagaimanakah proses terjadinya bunyi? Pada dasarnya, benda dapat mengeluarkan bunyi karena bergetar.

Benda atau alat yang dapat menimbulkan bunyi disebut sumber bunyi. Misalnya, gong yang dipukul dan gitar yang dipetik.

Bunyi ada yang enak didengar dan ada yang tidak enak didengar atau bahkan dapat merusak. Suara musik atau penyanyi yang merdu tentu enak didengarkan. Namun, suara mesin pabrik, petir yang menggelegar, dan suara pesawat terbang tentu sangat mengganggu.

Tuhan memberi alat pendengaran yang sempurna. Indera pendengar berupa telinga. Namun, di balik kesempurnaan tersebut ada keterbatasan, dan di balik keterbatasan tersimpan kenikmatan.

Tidak semua bunyi dapat kamu dengar. Andai kamu dapat mendengar semua bunyi, tentu tidak akan pernah bisa tidur. Telinga manusia normal hanya dapat menangkap bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz.

Bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz – 20.000 Hz disebut audiosonik. Bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz disebut infrasonik, sedangkan bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz disebut ultrasonik.

2. Perambatan Bunyi

Pada tengah malam yang sunyi, kita dapat mendengar bunyi denting jam atau suara lolongan anjing yang berasal dari tempat yang jauh atau mungkin suara cecak yang sedang merayap di dinding. Tahukah kamu mengapa bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita? Zat apakah yang menjadi perantaranya?

Gelombang bunyi termasuk gelombang mekanik, yaitu gelombang yang memerlukan medium dalam perambatannya. Oleh karena itu, bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa.

Medium yang diperlukan bunyi untuk merambat dapat berupa gas, cair, dan padat.

Ketika bapak/ibu guru berbicara di depan kelas, kamu dapat mendengar apa yang dibicarakan. Hal ini menunjukkan bunyi dapat merambat melalui gas (udara). Saat kamu menyelam di kolam renang, kamu dapat mendengar langkah temanmu yang juga berada di kolam.

Hal ini menunjukkan bunyi dapat merambat melalui zat cair (air). Perambatan bunyi melalui zat padat ditunjukkan bila telingamu ditempelkan pada pagar besi, lalu temanmu mengetuk ujung pagar yang lain secara perlahan, maka dapat kamu dengar suara tersebut.

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 “Energi Bunyi”

Setelah mempelajari ringkasan materi tentang energi bunyi di atas, kamu bisa melatih kemampuan kamu dalam mengakuisisi materi melalui kuis online di bawah. Silakan klik link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5e8d47b5ce6c6a001b2f480a/start

Materi IPA Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 “Energi Bunyi”

Demikianlah modul belajar dari rumah (BDR) untuk peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) Materi IPA Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 “Energi Bunyi” yang bisa kami sampaikan. Jangan lupa untuk meningkatkan daya inkuiri kalian ya. Semoga bermanfaat dan salam belajar menyenangkan bersama maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan