Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus

Loading...

Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus – WhatsApp merupakan alat komunikasi yang sangat familier dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh pelosok dunia. Maka tidak heran, apabila semua interaksi pribadi dan sosial sering dilakukan menggunakan aplikasi yang satu ini. Sehingga banyak pula data-data yang tersimpan.

Namun, bagaimana bila secara tiba-tiba aplikasi WhatsApp ini terhapus? Mungkin karena kelalaian kita atau karena ulah orang lain, misalnya secara tidak sengaja terhapus oleh anak atau keponakan kita. Waduh, ini pasti sesuatu yang tidak kita harapkan, apa lagi banyak data-data penting yang ada dalam percakapan WhatsApp kita.

Sebenarnya masalah ini bukan masalah yang gawat-gawat amat. Urusan mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus berikut merestorasi data-datanya sebenarnya cukup mudah. Karena aplikasi ini tidak bersifat permanen, kamu harus tahu cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapusagar ketika WA terhapus, dan data-data kita masih akan tetap aman.

Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus

Suatu ketika, saat kamu hendak membuka WA, kamu terkejut karena aplikasi WA tiba-tiba mendadak hilang. Padahal di dalamnya banyak data-data penting. Keadaan tersebut sebaiknya kamu hadapi dengan tenang. Karena ada cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapusbeserta data-datanya. Cara itu akan sangat memudahkanmu. Simak ulasan beberapa cara ini agar kamu tidak terlalu panik:

1.    Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp Di Android

Buat kamu pengguna android, cara pertama ini memang disengaja khusus pengguna android. Nah karena ini diperuntukkan khusus pengguna android, kamu bisa mencoba cara ini ketika WA mu tiba-tiba terhapus sendiri. Padahal selama ini kamu tidak berniat menghapusnya. Ada banyak faktor mengapa tiba-tiba WA terhapus sendiri, di antaranya karena memori penuh. Langsung saja ini caranya:

  • Buka aplikasi WA yang sudah terpasang di hp kamu
  • Ketika muncul di tampilan awalan aplikasi ini, kamu tinggal memilih titik tiga bertumpuk yang tempatnya ada di pojok kanan atas
  • Jika tampilan menu sudah muncul, kamu tinggal mengklik menu setting
  • Pilih menu chatting yang ada di antara beberapa menu tersebut
  • Scroll ke bawah dan pilih cadangkan, maka secara otomatis semua data tersebut sudah dicadangkan ke dalam google drive

Cara di atas merupakan cara yang bisa kamu lakukan sebelum aplikasi WA terhapus. Kalau kamu tidak sempat melakukan hal tersebut, WA biasanya akan mencadangkan semua data milik kamu secara otomatis setiap jam 2-5 dini hari. Nah setelah itu lakukan langkah selanjutnya ini:

  • Kamu pasang aplikasi WhatsApp kembali dengan mengunduhnya terlebih dulu di Play Store atau Internet
  • Aktifkan izin sumber tidak dikenal apabila kamu mengunduhnya melalui internet
  • Pasang aplikasi tersebut dan tunggu sampai proses pemasangannya selesai
  • Jalankan aplikasi WA yang sudah terpasang kembali
  • Masukkan nomor yang dulunya kamu gunakan untuk akun WA
  • Verifikasi akan dikirim ke nomor tersebut sehingga pastikan nomor tersebut masih aktif
  • Setelah selesai, secara otomatis data yang kamu cadangkan tadi secara otomatis akan muncul lagi

Jika data tidak muncul secara otomatis, kamu tinggal melakukan cara yang sama seperti saat mencadangkan data tadi. Tetapi kamu harus memilih tampilkan data-data yang sudah dicadangkan. Maka semua data WA mu bisa muncul kembali.

2.    Cara mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Iphone

Sebagai pengguna Iphone tentu kamu sudah menyadari cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan aplikasi WA beserta datanya sedikit rumit. Meskipun tidak terlalu rumit, kamu bisa mencoba cara ini. Sehingga aplikasi WA kamu yang terhapus bisa kembali beserta data-data yang tersimpan di dalamnya. Mari-mari simak caranya!

  • Hubungkan Iphone kamu terlebih dulu dengan iTunes.
  • Lalu kamu pilih saja Summary
  • Dan klik tombol restore backup apabila tombol tersebut muncul di tampilan
  • Pilih nama file backup yang ingin kamu kembalikan
  • Klik aja tulisan restore dan tunggu proses yang sedang berjalan selesai
  • Pastikan internet, ponsel dan Itune selalu terhubung agar prosesnya bisa berhasil dan data kamu bisa dikembalikan

Ketika kamu mengetahui cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus, kamu akan tenang-tenang saja dan santai-santai saja ketika tiba-tiba WA kamu terhapus dengan sendirinya karena mungkin ruang penyimpanan kamu penuh atau anak kamu yang tidak tahu sengaja meng-unintsallnya.

Yang paling penting untuk diingat dan dilakukan adalah kita harus melakukan pencadangan data-data percakapan WhatsApp kita. Caranya adalah dengan menghubungkan dengan akun Google Drive atau iTunes bila kamu menggunakan iPhone. Selama kita tidak melakukan pencadangan maka berbagai data kita dalam aplikasi WhatsApp akan rentan hilang atau rusak.

Demikianlah ulasan kami mengenai cara mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus, baik di Android maupun di iPhone. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan