Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 “Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat”

Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 “Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 dengan kajian Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat. Agar tubuh tetap sehat, kita perlu menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Pola makan yang baik

Makanan yang kita makan hendaknya tidak hanya mencukupi zat tertentu saja. Misalnya, saat makan jangan hanya terisi dengan makanan yang mengandung lemak. Hendaknya makanan yang kita makan mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh. Makanan yang kita makan sebaiknya mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air dalam jumlah yang seimbang.

Makanan bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang dapat membuat tubuh kita sehat. Supaya komposisi menu seimbang terpenuhi, maka dalam menyediakan makanan hendaklah tersedia sayur-sayuran, lauk-pauk, buah-buahan, dan susu. Semuanya itu disebut empat sehat lima sempurna.

Cara mengolah makanan

Untuk mempertahankan nilai gizi pada makanan, perlu diperhatikan cara mengolahnya. Pada umumnya, makanan yang kita makan harus dimasak terlebih dahulu, misalnya ikan dan daging. Namun, ada beberapa makanan dapat kita makan tanpa harus dimasak, misalnya buah-buahan.

Sayuran, daging, dan ikan harus dicuci dahulu sebelum dimasak. Hal ini supaya makanan yang kita makan bersih. Jangan memotong bahan-bahan itu sebelum dicuci karena akan banyak zat gizi yang hilang.

Ada makanan yang harus dimasak sampai benar-benar matang, misalnya daging dan ikan. Terutama jika daging dan ikan itu dipanggang. Daging yang masih mentah banyak mengandung kuman penyakit.

Ada makanan yang tidak baik jika dimasak terlalu lama, misalnya sayuran. Sayuran yang dimasak terlalu lama akan hilang zat gizinya. Vitamin C yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan akan hilang jika dimasak terlalu lama.

Buah dan Manfaatnya

Manfaat buah-buahan untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah-buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat buah-buahan.

  • Sumber vitamin. Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
  • Sumber air dan gizi. Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami terbesar yang ada di dunia.
  • Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
  • Obat luar tubuh. Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Bahan tambahan dalam makanan

Dalam memasak makanan, sering ditambahkan bumbu-bumbu agar makanan tersebut menjadi lezat. Bumbu berfungsi sebagai penyedap makanan.

Selain ditambah dengan bumbu, makanan dapat juga diberi bahan tambahan agar menjadi lebih menarik, tahan lama, aromanya lebih harum, dan lebih sedap. Beberapa bahan tambahan yang sering digunakan pada makanan adalah pewarna, penyedap, dan pengawet.

Pewarna makanan ditambahkan agar makanan menjadi menarik. Ada dua macam pewarna makanan, yaitu pewarna alami dan pewarna buatan.

Pewarna alami antara lain kunyit, daun suji, dan daun pandan. Salah satu pewarna buatan adalah tartrazine. Penggunaan pewarna buatan harus sesuai peraturan Departemen Kesehatan.

Penyedap makanan ditambahkan untuk menambah cita rasa suatu makanan. Ada bahan penyedap alami dan buatan. Bahan penyedap alami antara lain garam, gula, dan bumbu. Bahan penyedap buatan adalah vetsin. Penggunaan vetsin secara terus menerus dan berlebihan tidak baik bagi kesehatan.

Bahan pengawet ditambahkan agar makanan tetap segar dan tahan lama. Bahan pengawet ada 2 jenis, yaitu bahan pengawet alami dan buatan.

Bahan pengawet alami, misalnya garam, gula, dan asam cuka. Bahan pengawet buatan antara lain asam benzoat dan propionat.

Pilihlah bahan makanan yang masih segar. Kurangi mengonsumsi makanan olahan, seperti sosis, kornet, nuget, ataupun minuman yang berwarna mencolok. Periksa tanggal kedaluwarsa setiap produk makanan. Makanan yang kadaluwarsa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Pisang bagi Pencernaan

Pisang dapat mencegah mag dan luka akibat gangguan pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang dapat menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus.

Pisang yang dicampur susu dan air atau dimasukkan dalam segelas susu cair dapat dihidangkan sebagai obat penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan untuk menetralkan keasaman lambung.

Video Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 “Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 tentang Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 “Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 tentang Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/610012c5ccdb51001beccf71/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 “Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat”

Demikianlah materi IPA Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 dengan kajian Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat yang bisa kami hadirkan untuk kalian semua. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan