Sistem Pencernaan Pada Manusia dan Fungsinya

Sistem Pencernaan Pada Manusia dan Fungsinya

Sistem Pencernaan Pada Manusia dan Fungsinya – Setiap makhluk hidup memerlukan energi guna menjaga kelangsungan hidupnya. Energi yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsinya, makanan yang telah dikonsumsi oleh setiap makhluk hidup akan diuraikan menggunakan organ sistem pencernaan.

Pada tubuh manusia sistem pencernaan terjadi dari mulut yaitu proses pemecahan partikel menjadi partikel yang lembut, dan diakhiri oleh pembuangan sampah atau limbah makanan yang tidak bisa dicerna tubuh.

Sistem pencernaan pada manusia merupakan proses mengubah makanan menjadi gizi maupun nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pencernaan yang terjadi pada manusia mendapat bantuan dari enzim yang dapat dihasilkan dari organ-organ saluran sistem pencernaan seperti cairan enzim yang diperoleh dari mulut, dan juga lambung.

Sudah tahukan anda bahwa sebenarnya sistem pencernaan tersebut memiliki beberapa fungsi yang sangat bermanfaat dalam menjaga kelangsungan hidup? Jika anda belum tahu, simaklah penjelasan di bawah yang akan menerangkan tentang sistem pencernaan dan fungsinya.

 

Sistem pencernaan pada manusia

Sistem pencernaan pada manusia dimulai dari mulut dan akan diakhiri dengan membuang limbah melalui saluran pembuangan. Sistem pencernaan tersebut merupakan suatu proses untuk mengubah partikel makanan atau molekul yang masih kompleks untuk diubah menjadi partikel yang lembut atau molekul yang sederhana dengan menggunakan bantuan enzim. Enzim yang membantu proses pencernaan pada manusia diperoleh dari organ-organ sistem pencernaan seperti lambung, mulut, dan lain lain.

Semua zat makanan yang diperoleh dari hasil pencernaan akan diserap oleh tubuh melalui aliran darah yang disampaikan oleh usus halus. Sistem pencernaan pada manusia itu sendiri terdiri atas dua proses yaitu proses mekanik dan juga proses kimiawi.

Proses pencernaan mekanik merupakan suatu proses untuk mengubah makanan dari yang masih kasar atau besar menjadi makanan yang lembut atau kecil dengan menggunakan alat bantu gigi yang terdapat di dalam mulut. Sedangkan proses pencernaan kimiawi merupakan proses perubahan molekul makanan yang bersifat kompleks menjadi molekul sederhana dengan menggunakan cairan enzim yang diperoleh dari organ sistem pencernaan seperti mulut dan juga lambung.

 

Organ Sistem Pencernaan Pada Manusia dan Fungsinya

Pada keterangan di atas telah dijelaskan bahwa sistem pencernaan kita dimulai dari organ mulut dengan cara memecahkan makanan menjadi lebih halus dan akan diakhiri dengan pembuangan limbah melalui saluran pembuangan. Organ dalam sistem pencernaan pada manusia itu terdiri atas delapan buah organ yang meliputi :

  1. mulut
  2. tenggorokan
  3. kerongkongan
  4. lambung
  5. usus halus
  6. usus besar
  7. pankreas
  8. saluran pembuangan

Ada beberapa fungsi dari sistem pencernaan tersebut, antara lain adalah :

  • berfungsi menerima semua makanan.
  • berfungsi untuk memecahkan semua makanan yang dimakan untuk diubah menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • berfungsi menyerap semua gizi atau nutrisi yang sudah diperoleh dari proses pencernaan.
  • berfungsi untuk membuang limbah atau sampah yang tidak bisa dicerna.

 

Demikianlah bahasan sederhana kami mengenai sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan