PAI Kelas 7 BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku

PAI Kelas 7 BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku

Loading...

PAI Kelas 7 BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku – Akan hadirnya Nabi Muhammad saw. sudah dikabarkan oleh Allah Swt. kepada Nabi-Nabi sebelumnya sebagai sosok manusia yang memiliki sifat-sifat mulia. Bahkan, Allah Swt. selalu bersalawat kepadanya.

Nabi Muhammad saw. adalah penutup para Nabi yang menjadi rahmat seluruh alam. Nabi Muhammad saw. adalah pembawa berita bahagia, ancaman, dan perintah yang merupakan manusia teladan sepanjang masa.

Beliau adalah manusia utusan Allah Swt. yang kepadanya ummat manusia memohonkan syafa’at. Tidak satu pun mahkluk yang mencapai kesempurnaan yang dicapai Nabi Muhammad saw.

Lahirnya Nabi Muhammad PAI Kelas 7 BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku

Nabi Muhammad saw. lahir pada hari Senin, 12 Rabi’ul Awwal (20 April 571 Masehi) dalam keadaan yatim. Ayahnya, Abdullah bin Abdul Muthalib wafat saat Nabi Muhammad saw. masih berusia 6 bulan di dalam kandungan ibunya, Siti Aminah.

Saat bayi, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh Halimah Sa‘diyah dari Bani Saad, Kabilah Hawazin sampai usia 5 tahun. Saat Nabi Muhammad saw. berusia 6 tahun, ibunya wafat. Ia pun diasuh oleh kakeknya, Abdul Mutalib. Kakeknya adalah seorang pemuka Quraisy yang sangat disegani.

Hanya dua tahun Nabi diasuh kakeknya. Abdul Muthalib meninggal saat Nabi Muhammad saw. berusia 8 tahun. Selanjutnya, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh pamannya, Abu Thalib sampai menginjak remaja.

Sang paman melihat kecerdasan dan kematangan keponakannya, maka pada usia 12 tahun, Nabi Muhammad saw. diperkenalkan kepada ilmu perniagaan. Nabi Muhammad saw. yang masih remaja pun turut serta dalam pengelolaan ekonomi pamannya.

Pada usia 25 tahun, Nabi Muhammad saw. mulai berdagang sendiri tanpa bantuan pamannya. Ia mengambil sendiri barang dagangannya dan memasarkannya.

Ketika berdagang, Nabi Muhammad saw. sangat jujur, tidak pernah membohongi para pembelinya. Nabi tidak pernah mengambil keuntungan yang terlalu besar, selalu berkata sopan, ramah, dan penuh kasih sayang.

Jadi, keberhasilan usaha dagang Nabi Muhammad saw. itu disebabkan oleh pribadi mulia berikut ini.

  1. Berpendirian teguh.
  2. Memiliki semangat kerja yang tinggi.
  3. Memiliki kejujuran yang luar biasa.
  4. Menjunjung tinggi amanah atau kepercayaan yang diberikan orang lain.
  5. Mampu menghadapi segala cobaan dan rintangan dalam perjalanan.
  6. Menyamakan pelayanan terhadap para pembeli.
  7. Memiliki sifat percaya diri.
  8. Menampilkan keramahan dan kesopanan, serta kasih sayang kepada siapa saja.

Nabi Muhammad saw. Diangkat Menjadi Rasul

Nabi Muhammad saw. merasakan keresahan atas perilaku yang dialami oleh masyarakat Arab yang sudah jauh dari nilai-nilai kebenaran. Kemudian, Nabi Muhammad saw. melakukan uzlah (mengasingkan diri) di Gua Hira.

Hal ini dilakukan oleh beliau berkali-kali. Maka tepat pada tanggal 17 Ramadan tahun ke-40 dari kelahirannya, Nabi didatangi Jibril dan menerima wahyu pertama Q.S. al-Alaq/96: 1-5.

Nabi Muhammad saw. Diangkat Menjadi Rasul

Wahyu pertama inilah yang menandakan bahwa Nabi Muhammad saw. dipilih dan diangkat Allah Swt. untuk menjadi utusan-Nya atau Rasul.

Dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekah

Dengan turunnya wahyu yang kedua, yaitu Q.S. al-Mudda¡ir/74: 1-7, Rasulullah saw. mulai berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Nabi mengajak orang-orang yang terdekat dengannya. Tujuannya, agar mereka lebih dulu percaya kepada seruannya dan mengikutinya.

Tempat yang beliau pilih untuk berdakwah adalah rumah al-Arqam bin Abil Arqam al Akhzumi. Orang-orang yang pertama kali memeluk Islam atau yang dikenal as-Sabiqun al-Awwalμn adalah Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Talib, Zaid bin Harisah, dan Ummu Aiman.

Setelah Rasulullah saw. menerima ketiga, beliau mulai berdakwah secara terang-terangan. Pertama-tama, Nabi mengumpulkan seluruh sanak keluarganya di kaki Gunung Safa untuk mengajak mereka beriman kepada Allah Swt. Akan tetapi, salah seorang pamannya, Abu Lahab, bersikap sinis dan tidak mau menerima dakwah Rasulullah saw.

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang kafir Quraisy untuk menghambat dakwah Rasul, di antaranya mencoba menyuruh pamannya Abu Thalib untuk menghentikan dakwah keponakannya itu. Namun, Nabi Muhammad menolak.

Kegagalan kafir Quraisy untuk menghambat dakwah Rasul, menjadikan mereka semakin marah dan emosi. Budak-budak mereka yang masuk Islam dibunuh dan disiksa. Seluruh pengikut Nabi selalu diancam dan diteror agar menolak ajakan Nabi Muhammad saw.

Setelah kafir Quraisy gagal lagi, akhirnya mereka memboikot Nabi Muhammad saw. Bani Muthallib, dan Bani Hasyim. Karena pemboikotan ini, umat Islam terkurung di celah-celah kota Mekah bernama Syiib. Pemboikotan berlangsung selama tiga tahun dimulai pada tahun ketujuh kenabian.

Isi pemboikotan itu ditulis dalam selembar surat yang berisi:

  1. Kaum Quraisy tidak akan menikahi orang Islam.
  2. Kaum Quraisy tidak menerima permintaan nikah dari orang Islam.
  3. Kaum Quraisy tidak akan melakukan jual-beli dengan orang Islam.
  4. Kaum Quraisy tidak akan berbicara ataupun menengok orang Islam yang sakit.
  5. Kaum Quraisy tidak akan mengantar mayat orang Islam ke kubur.
  6. Kaum Quraisy tidak akan menerima permintaan damai dengan orang Islam dan menyerahkan Muhammad untuk dibunuh.

Undang-undang pemboikotan itu digantung di dinding Ka’bah. Penulisnya bernama Manshur bin Ikrimah. Setelah tiga tahun, undang-undang tersebut rusak karena dimakan rayap. Kemudian, undang-undang tersebut dirobek oleh Zubair bin Umayyah, Hisyam bin Amr, Muth’im bin Adi, Abu Bakhtari bin Hisyam, dan Zama’ah bin Al-Aswad. Mereka merasa kasihan dengan siksaan kaumnya kepada Bani Hasyim dan Bani Muthallib.

Video Pembelajaran PAI Kelas 7 BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku

Berikut ini adalah Video Pembelajaran Selamat Datang Nabi Kekasihku, materi PAI Kelas 7 BAB 5 untuk melengkapi bahan pembelajaran online kalian.

Asesmen Online PAI Kelas 7 BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku

Setelah belajar, coba tes hasil belajarmu menggunakan latihan soal online interaktif berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5dd3de77140b1f001b74a6d2/start

Asesmen Online PAI Kelas 7 BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku

Demikianlah materi PAI Kelas 7 BAB 5 Selamat Datang Nabi Kekasihku yang bisa kami sampaikan, kurang lebihnya kami mohon maaf. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan