Cara Mengubah Ppt Menjadi Aplikasi Android Dengan Mudah

Cara Mengubah Ppt Menjadi Aplikasi Android Dengan Mudah

Cara mengubah ppt menjadi aplikasi android dengan mudah – kata siapa membuat aplikasi android itu susah, banyak kok cara membuat aplikasi android yang super mudah bahkan tanpa membutuhkan aplikasi tambahan apa pun. Namun tentunya ada kelemahan dan kelebihannya.

Membuat aplikasi android dari ppt adalah salah satu yang mudah, walaupun bukan paling mudah. Mengubah file ppt menjadi android sangat berguna bagi guru, terutama untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif demi mempermudah proses belajar mengajar.

Metode atau cara mengubah ppt menjadi aplikasi android pun banyak ragamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh yang cukup mudah namun bisa sangat fleksibel, karena bisa menjadi sangat interaktif bahkan adaptif.

Mengapa simpel tapi bisa sangat fleksibel? Karena kita bisa mengembangkan aplikasi android dari ppt dengan berbagai model dan berbagai keperluan, terutama untuk belajar. Metode ini bisa digunakan untuk menyampaikan materi sekaligus bisa sebagai asesmen.

Misalnya aplikasi yang sudah saya rilis di Android PlayStrore bertajuk “Ekonomi Mikro” ini beberapa tahun lalu. Silakan cek di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.peunesa.ekomik.

contoh 1 Cara Mengubah Ppt Menjadi Aplikasi Android Dengan Mudah

Atau aplikasi sederhana berikut ini

contoh 2 Cara Mengubah Ppt Menjadi Aplikasi Android Dengan Mudah

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.omkikikmedia.jartum

Bila Anda lihat sekilas tentu sangat kental dengan nuansa ppt kan, ya karena memang dibuat dari file powerpoint. Penasaran kan bagaimana cara membuatnya ? cukup mudah kok.

Cara mengubah ppt menjadi aplikasi android

Seperti yang saya singgung di atas tadi, sebenarnya ada banyak cara, namun kali ini saya akan menjelaskan satu cara saja. Pada prinsipnya ada tiga langkah dasar yang harus kita lakukan.

  1. Membuat atau menyiapkan file ppt.
  2. Mengonversi file ppt tersebut menjadi HTML.
  3. Mengonversi HTML tersebut menjadi Android (apk).

Software yang perlu kita siapkan adalah:

  1. Microsoft PowerPoint.
  2. iSpring Suite. (bisa diunduh DI SINI)
  3. Website 2 APK Builder. (bisa diunduh DI SINI)

Semua software diatas ada versi gratisnya kok. Jadi tidak perlu khawatir harus keluar uang lagi untuk membeli softwarenya.

  • Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstall semua software yang diperlukan.
  • Kedua, buat file ppt yang akan dikonversi menjadi aplikasi android.
  • Setelah file ppt selesai, silakan konversi menjadi HTML dengan cara klik “Publish” plugin iSpring yang telah terpasang di PowerPoint kita.
ispring Cara Mengubah Ppt Menjadi Aplikasi Android Dengan Mudah
  • Setelah dipublish, maka kita akan mendapatkan satu folder file HTML seperti berikut ini.
html Cara Mengubah Ppt Menjadi Aplikasi Android Dengan Mudah
  • Langkah terakhir adalah mengubah sekumpulan file HTML tadi menjadi APK dengan bantuan Website 2 APK Builder.
hasil Cara Mengubah Ppt Menjadi Aplikasi Android Dengan Mudah
  • Setelah pengaturan atau konfigurasi sesuai keinginan kita, maka akhiri dengan klik “Generate APK” maka dengan sekejap file ppt kita akan berubah menjadi aplikasi Android.
  • Selesai.

Pengaturan penting yang perlu diperhatikan adalah gunakan mode “Local HTML Website” lalu isi nama aplikasi yang diinginkan. Jangan lupa atur Package Name yang diinginkan. Pengaturan ini akan menentukan link aplikasi kita di market Android PlayStore.

Oh ya, pengaturan package name ini hanya bisa dilakukan pada aplikasi versi pro.

Yang paling penting berikutnya adalah tentukan folder berisi file HTML yang telah kita buat. letaknya di bagian “Choose Folder” pada menu “URL”.

Setelah semua setting dianggap beres maka klik tombol “GENERATE APK”. Silakan tunggu sebentar maka aplikasi android Anda sudah siap digunakan.

Nah, secara prinsip sangat mudah bukan, bagaimana cara mengubah ppt menjadi aplikasi android. Bila Anda kebingungan untuk setting lebih detail, Anda bisa menghubungi admin blog ini. Sekian bahasan singkat dari kami, selamat mencoba dan semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

14 comments

  1. mau tanya… itu aplikasi androidnya kan ada latihan soal/kuis

    itu buatnya di power point juga sebelum dirubah jadi apk atau gak?
    kalau boleh tahu buatnya pakai apa ya untuk kuisnya

    terimakasih

      1. oya gan tanya lagi… itu saya sudah coba praktek. dan sudah berhasil menjadi apk. tapi ketika sudah terinstal di HP dan saya geser layar HP slidenya ikut tergeser. bisa gak di setting biar kaya punya agan yang ketika layar hp di geser gak ke geser slidenya.. gimana caranya ya? terimakasih

  2. malam pak… maaf mau bertanya.. saya sudah berhasil sampai membuat file apk, akan tetapi setelah terinstal di HP ketika pertama kali di buka aplikasinya, di halaman pertama muncul tombol ” segitika atau play” kaya tombol play video. kalau saya coba punya bapak tidak seperti itu.
    settingan biar halaman pertama gak muncul tombol “play” gimana ya pak?

Tinggalkan Balasan