Teknologi Pengecatan Kendaraan Bermotor

Teknologi Pengecatan Kendaraan Bermotor

Loading...

Teknologi Pengecatan Kendaraan Bermotor – Ketika kendaraan dipakai untuk kegiatan sehari-hari memungkinkan terjadinya kerusakan pada body adalah hal yang wajar, baik akibat berbenturan, bersenggolan, atau pun karena faktor alam juga usia. Hal ini tentunya akan mengakibatkan kerusakan cat maupun bodi kendaraan. Maka diperlukan adanya perbaikan pada lapisan cat maupun bodi.

Banyak teknik yang digunakan dalam proses pengerjaan pengecatan maupun perbaikan bodi, mulai cara yang sederhana dan konvensional hingga menggunakan sentuhan teknologi mutakhir. Adapun cara sederhana dimaksud, sudah banyak dikenal seperti “ketok magic”, “las dodok”, “kenteng” yang dikombinasi dengan proses pengecatan spraygun dan pengeringan alami oleh tenaga matahari.

Sedangkan dengan teknologi mutakhir seperti yang dilakukan oleh perusahaan otomotif di negara maju menggunakan bantuan robotika, bak cairan cat raksasa dengan sistem celup, dan pengeringan sistem oven.

Hal yang terpenting dalam proses pengecatan adalah teknik pengerjaannya, komposisi bahan cat, alat pendukung, dan jam terbang dari seorang tukang cat. Hasil akhir yang diperoleh bisa mengindikasikan pengalaman dari seorang tukang cat amatir atau profesional. Sehingga dalam praktik lapangan akan banyak dijumpai tarif pengecatan yang bervariasi dan menyesuaikan keinginan customer.

Semakin mahal tarif, maka kualitas dan daya tahan suatu cat bisa dimungkinkan akan lebih baik. Namun demikian bukanlah jaminan juga jika biaya pengecatan yang standar pasaran selalu memiliki kualitas kurang baik karena tergantung dari teknik dan jam terbang seorang tukang cat. Sebagai catatan, bahwa penilaian murah dan mahal di sini adalah sangat relatif.

Dalam buku teknologi pengecatan kendaraan bermotor versi digital berbasis html dan APK Android yang sudah kami sediakan linknya di bagian bawah tulisan ini akan dibahas hal-hal yang berkaitan dengan berbagai proses pengecatan, teknologi yang sedang berkembang, dan beberapa informasi lain yang berhubungan dengan kegiatan pengecatan kendaraan bermotor.

Definisi Pengecatan Kendaraan Bermotor

Pengecatan merupakan kegiatan jenis pelapisan suatu objek, benda kerja, barang atau produk menggunakan bahan kimiawi dengan perlakuan tertentu yang berwarna-warni. Sehingga permukaan benda kerja akan memiliki tampilan sesuai warna yang diinginkan.

Proses pengecatan pada umumnya digunakan sebagai pekerjaan akhir (finishing process) untuk produk-produk dari material berbahan logam, plastik, kayu, tembok, dan lain-lain. Adapun definisi dari pengecatan adalah :

  1. Pengecatan (painting) adalah suatu proses aplikasi cat dalam bentuk cair pada sebuah obyek, untuk membuat lapisan tipis yang kemudian membentuk lapisan keras atau lapisan cat.
  2. Pengecatan adalah suatu proses pengaplikasian cat dalam bentuk cair/bubuk ke suatu permukaan obyek, untuk membuat lapisan tipis yang kemudian membentuk lapisan cat yang keras (Toyota Service Training, 1990).
  3. Pengecatan adalah salah satu jenis pelapisan dimana bahan pelapis (cat) yang dipakai telah diberi warna. Digunakan untuk pekerjaan akhir (finishing) produk produk seperti dari logam, kayu, plastik, tembok dan lain-lain.

Jadi, pengecatan adalah proses pelapisan suatu permukaan benda dalam bentuk cair, powder, maupun yang lain. Lapisan tersebut memiliki warna yang tersusun dari beberapa kali proses dengan berbagai fungsi dan tujuan tertentu untuk menutupi permukaan obyek benda agar tampilannya lebih menarik, terlindungi dan mampu bertahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

Buku Digital Pengecatan Kendaraan Bermotor

Untuk lebih mendalami materi silakan baca materi selengkapnya di buku digital berikut ini.

Selain bisa dibaca secara online menggunakan tampilan di atas, Anda juga bisa membaca secara offline menggunakan gawai Android Anda. Link unduhan instalasi APK untuk gawai Android ada di bawah ini:

Buku Digital Teknologi Pengecatan Kendaraan Versi Android

Silakan unduh dan install di gawai Anda, bila tidak bisa diinstall silakan ubah setting instalasi gawai Anda dengan mengijinkan sumber tidak dikenal. Bila ada peringatan mengandung virus bisa diabaian saja karena sudah kami proteksi sehingga aman dari virus.

Semoga buku ini bermanfaat, selamat belajar dan semoga sehat selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan