Ciri Orang Yang Bahagia Dunia Akhirat

Ciri Orang Yang Bahagia Dunia Akhirat

Loading...

Ciri Orang Yang Bahagia Dunia Akhirat – Kebahagiaan adalah sesuatu yang ingin dirasakan setiap orang. Mencapai sesuatu yang diinginkannya dalam hal apa pun. Namun perlu kita ketahui bahwa kebahagiaan itu tidak sebatas tentang hal-hal duniawi saja seperti: kekayaan harta, jabatan, dan sebagainya.

Kita sering lalai dengan kebahagiaan yang lebih hakiki yaitu kebahagiaan Akhirat. Kita lebih sering mementingkan keduniawian yang sementara daripada kebahagiaan akhirat yang sejati.

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna. dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara shalatnya,” (QS al-Mukminun: 1-9).

Seperti yang dijelaskan pada Surah di atas sebenarnya orang yang bahagia/beruntung sesungguhnya adalah orang yang khusyuk saat sholat, melakukan amalan baik, menjaga perkataan, pandangan dan lainnya.

Untuk lebih jelas lagi mengenai ciri orang yang bahagia dunia akhirat silakan baca ulasan berikut:

Terjaga khusyuknya dalam sholat

Sholat adalah tiang agama, sholat adalah media kita berkomunikasi dengan Allah dan salah satu tanda orang yang berbahagia dunia akhirat adalah orang yang terjaga khusyuknya dalam sholat. Ketika Adzan berkumandang dihatinya hanya ingin bersegera ke masjid, hanya satu fokusnya saat sholat yaitu mengingat Allah SWT dan meninggalkan urusan lain yang mengganggu khusyuknya sholat. Peliharalah Sholat Maka Allah akan permudah urusanmu

Menjauhi perbuatan tercela

“Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka katakanlah yang baik-baik atau diam,” (HR. Malik).

Iman dan taqwa seorang muslim akan di uji dengan berbagai godaan didunia, godaan yang terlihat menyenangkan tapi sebenarnya membawa kemudharatan. Sudah kewajiban kita untuk membentengi diri, menjauhi dari perbuatan-perbuatan tercela, menghindari pembicaraan yang tidak berguna. Orang yang Istiqomah menjalankan amar makruf nahi mungkar adalah ciri orang yang akan berbahagia hidup didunia maupun akhirat.

Membayar zakat

Zakat ada rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap muslim yang mampu. Ketika harta yang kita punya sudah mencapai nisab, bersegeralah menunaikan zakat baik itu zakat fitrah maupun zakat mal. Orang yang membayar zakat akan mendapatkan limpahan nikmat dari Allah. Allah akan beri rezeki dari segala arah. Zakat akan membersihkan harta kita, dan zakat juga meningkatkan kesadaran untuk membantu sesama.

Menjaga amanah

 Ciri selanjutnya dari orang yang bahagia baik didunia maupun di akhirat adalah orang yang menjaga amanah. Orang yang jika dipercaya akan melaksanakan tugasnya. Allah juga memberikan amanah untuk kita semua. Kesehatan, kebahagiaan, harta, jabatan itu semua adalah amanah dari Allah yang patut kita manfaatkan dengan baik. Jangan sampai dengan apa yang kita miliki membuat kita lupa akan tujuan hidup sebenarnya.

Zuhud terhadap dunia dan mencintai akhirat

Hidup di dunia itu sementara, segala kesenangan di dunia ini seberapa besarnya tidak akan dibawa saat berada di akhirat. Sungguh beruntung bagi siapa saja yang masih berpegang teguh dengan ajaran agama, Zuhud terhadap kehidupan dunia dan mencintai kehidupan akhirat.

Zuhud artinya adalah mengutamakan, ikhlas dan tawakal atas semua yang Allah berikan di dunia ini. Baik sempit ataupun lapang, kita sabar menghadapi itu dan kita percaya di akhirat nanti amal yang kita lakukan akan dibalas Allah SWT.

Nah, cukup sekian dulu bahasan ringkas kami mengenai apa saja ciri ciri orang yang bahagia dunia akhirat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan yang lebih menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan