Doa dan Sunnah Rasulullah Saat Mengalami Mimpi Buruk

Doa dan Sunnah Rasulullah Saat Mengalami Mimpi Buruk

Loading...

Doa dan Sunnah Rasulullah Saat Mengalami Mimpi Buruk – Mimpi merupakan bunga tidur yang kadang merefleksikan apa yang kita pikirkan. Bisa berupa gambaran kebahagiaan, kerinduan hingga sesuatu yang menakutkan. Dalam ajaran Islam, mimpi baik asalnya dari Allah SWT, sedangkan mimpi buruk adalah gangguan Syaitan yang bertujuan menggoda manusia.

Pengalaman Mimpi Buruk memang tidak menyenangkan, bisa menyebabkan insomnia. Namun jangan Khawatir karena, Rosulullah sudah memberitahukan cara untuk untuk terhindar dari gangguan mimpi buruk ini.

Berikut ini Doa dan Sunnah Rasulullah Saat Mengalami Mimpi Buruk:

Membaca Doa Mimpi Buruk

Mimpi buruk bisa jadi berasal dari pikiran kita, terlalu banyak emosi negatif juga secara tidak langsung akan direkam otak dan menjadi mimpi buruk. Tapi dengan doa yang sudah dituntunkan Rosulullah ini, kita akan terjaga dari stress dan gangguan syaitan.

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya:

“Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Atau doa berikut ini

Doa saat mengalami mimpi buruk

Artinya : “Yaa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dari mimpi-mimpi buruk.”

Sunnah Nabi saat menghadapi mimpi buruk

Dalam sebuah Hadist Rosulullah pernah bersabda:

“Jika ada di antara kalian yang melihat mimpi yang disukainya, ini dari Allah, jadi biarkan dia memuji Allah untuk itu dan membicarakannya kepada orang lain. Jika dia melihat selain itu, mimpi yang dia tidak suka, ini dari setan, jadi biarkan dia berlindung kepada Allah dari kejahatannya dan jangan menyebutkannya kepada siapa pun, karena itu tidak akan merugikannya.” [Al-Bukhaari, 6584; Muslim, 5862]

Kita dianjurkan untuk memuji nama Allah SWT saat bermimpi baik, namun jika mendapatkan mimpi buruk segeralah meminta perlintasan Darinya.

Berikut ini Sunnah Rasulullah saat bermimpi buruk:

Meludah Ke Arah kiri

Saat bermimpi buruk, Rosulullah menganjurkan untuk meludah ke arah kiri sebanyak 3 kali. Seperti dalam hadist berikut ini :

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syaitan tiga kali.”

Waktu tidur memang kerap dimanfaatkan syaitan untuk masuk ke pikiran manusia dalam bentuk mimpi buruk.

Membaca Ta, awudz

Bacaan yang dianjurkan untuk dibaca saat bermimpi buruk adalah membaca Ta, awudz 3 kali.  Dengan meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT, pasti gangguan apapun bisa dihilangkan.

a’udzu billahi minasy syaithanir rajim

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”

Jangan bercerita kepada orang lain

Mimpi buruk tidak boleh diceritakan kepada orang lain. Karena akan menimbulkan ketakutan. Isi dari mimpi buruk memang tidak layak untuk dibagikan. Jika ingin ketenangan, rajin-rajinlah berdzikir. Mengingat Allah akan menimbulkan energi positif, yang menghindarkan kita dari kemungkinan mimpi buruk. Demikianlah ulasan kami tentang Doa dan Sunnah Rasulullah Saat Mengalami Mimpi Buruk. Semoga bermanfaat dan hanya kepada Allah Swt. lah kita berlindung. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan