Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi (Materi Kelas 7)

Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi (Materi Kelas 7)

Loading...

Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi (Materi Kelas 7) – Barang atau jasa dalam konteks ilmu ekonomi disebut dengan alat pemuas kebutuhan. Barang dan jasa atau alat pemenuhan kebutuhan manusia banyak sekali macamnya. Ada yang berwujud (barang) dan ada tidak berwujud (jasa). Begitu juga untuk memperoleh perlu mengeluarkan uang atau tidak mengeluarkan uang untuk memperolehnya.

Seperti halnya kebutuhan, alat pemuas kebutuhan terdapat berbagai jenis atau macamnya. Banyaknya alat pemenuhan kebutuhan itu agar mudah mengingat maka perlu diklasifikasikan sebagai berikut.

Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi Menurut Kelangkaannya atau Cara Memperolehnya

Menurut kelangkaannya atau cara memperolehnya alat pemuas kebutuhan dibedakan atas barang ekonomis, barang bebas, dan barang illith.

  1. Barang ekonomis adalah semua barang yang keberadaannya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. Contoh barang ekonomis antara lain sepatu, beras, minyak goreng, mobil, air minum, dan masih banyak lagi.
  2. Barang bebas adalah barang yang jumlahnya banyak (bukan tak terbatas) sehingga untuk memperolehnya tidak perlu pengorbanan. Misalnya sinar matahari dan udara. Jumlah barang bebas ini dari semakin lama semakin berkurang. Contohnya adalah air, dulu untuk mendapatkan air sangat mudah dan tanpa pengorbanan, namun saat ini harus membeli atau menggunakan alat (listrik) untuk mendapatkannya.
  3. Barang illith adalah barang yang berguna bila dalam jumlah kecil, namun jika kuantitasnya sangat banyak justru dapat merugikan manusia atau menimbulkan bencana untuk manusia. Misalnya api untuk memasak dan air.

Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Hubungannya dengan Barang Lain

Berdasar hubungannya dengan barang lain, jenis jenis barang dalam ekonomi dapat dibedakan menjadi barang substitusi dan barang komplementer. Apa itu ?

  1. Barang Substitusi adalah barang dan jasa yang dalam penggunaannya saling dapat menggantikan dengan barang lain dengan syarat barang tersebut memiliki kegunaan yang sama. Contoh dari barang substitusi ini antara lain, nasi bisa diganti fungsinya dengan jagung, gula merah bisa digantikan dengan gula putih, atau kompor gas sebagai pengganti kompor minyak tanah, lampu neon yang digantikan lampu LED.
  2. Barang Komplementer adalah barang yang penggunaannya saling melengkapi satu sama lain, karena bila tidak salah satu maka barang tersebut kurang bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali. Contoh barang ini antara lain: motor tidak akan jalan kalau tidak ada bensin, kompor tidak menyala kalau tidak ada gas atau minyak tanah.

Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Tujuan Penggunaannya

Dilihat dari tujuan penggunaannya jenis jenis barang dalam ekonomi dapat dikelompokkan menjadi barang produksi dan barang konsumsi.

  1. Barang Produksi (Barang Modal). Barang produksi disebut juga barang modal karena barang ini tidak dapat langsung memenuhi kebutuhan manusia tetapi melalui proses dahulu baru dapat digunakannya. Barang ini dapat menghasilkan barang lain. Contoh barang modal antara lain: lahan, mesin, dan gedung.
  2. Barang Konsumsi. Barang konsumsi adalah barang-barang dan jasa yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang ini banyak ragamnya tergantung dari masing-masing individu yang menginginkan. Dalam kehidupan sehari-hari barang konsumsi disebut juga barang jadi atau siap pakai karena telah melalui proses produksi dan siap dipasarkan. Contoh barang ini antara lain, nasi, lauk, air minum, televisi, handphone yang kita butuhkan untuk dikonsumsi atau digunakan sehari-hari .

Macam macam barang dan jasa menurut Proses Pembuatannya

Berdasarkan proses pembuatan, jenis jenis barang dalam ekonomi dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.

  1. Barang mentah adalah barang yang belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tetapi harus melalui proses produksi terlebih dahulu. Contoh barang mentah antara lain : padi belum bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan karna masih berupa barang mentah dan harus melalui proses dahulu, begitu juga kayu belum digunakan bila belum dibentuk dulu menjadi perabot furnitur.
  2. Barang Setengah Jadi adalah barang atau alat pemuas kebutuhan yang masih dalam proses produksi. Contoh barang ini antara lain : benang sebelum dibuat kain, dan tepung sebelum dibuat kue.
  3. Barang Jadi adalah barang atau alat pemuas kebutuhan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau dikonsumsi langsung. Contoh barang ini antara lain : nasi, kue, alat tulis, tas, baju, celana, buku, dan pensil.

Video Pembelajaran Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi (Materi Kelas 7)

Berikut ini adalah video pembelajaran tentang macam macam barang dalam ekonomi. Silakan simak baik-baik ya.

Latihan Soal Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi (Materi Kelas 7)

Setelah belajar, jangan lupa untuk berlatih menggunakan kuis online berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5e6edfce3a5db3001c5d32c8/start

Latihan Soal Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi (Materi Kelas 7)

Demikianlah rangkuman materi Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi untuk pembelajaran IPS Kelas 7 yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar dengan cara yang menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan