Pengertian Konsumsi Dalam Ilmu Ekonomi

Pengertian Konsumsi Dalam Ilmu Ekonomi

Loading...

Pengertian Konsumsi Dalam Ilmu Ekonomi adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan faedah suatu benda (barang dan jasa) dalam rangka pemenuhan kebutuhan. Namun demikian, kita harus berhati-hati dalam menentukan apakah suatu kegiatan dalam menggunakan suatu benda tersebut termasuk ke dalam lingkup konsumsi atau tidak.

Selain untuk tujuan konsumsi (menghabiskan kegunaannya), suatu benda juga dipergunakan sebagai benda produksi. Sebagai contoh, Pak Amir memiliki mobil. Pada hari Senin sampai Jumat, mobil tersebut dipergunakan oleh Pak Amir untuk mengangkut penumpang. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu, mobil tersebut khusus digunakan untuk keperluan keluarga, seperti berbelanja ke pasar, piknik, atau jalan-jalan ke mall.

Pada hari Sabtu dan Minggu mobil tersebut digunakan untuk kegiatan konsumsi. Namun penggunaan mobil tersebut dari hari Senin sampai dengan Jumat bukanlah untuk tujuan konsumsi, melainkan untuk tujuan menghasilkan uang dan berperan sebagai benda produksi.

Contoh lain pengertian konsumsi dalam ilmu ekonomi adalah sebuah rumah yang bagian paviliunnya disewakan, sementara bagian utamanya ditempati oleh pemilik. Dalam hal ini, bagian rumah yang ditempati oleh pemiliknya berperan sebagai barang konsumsi. Sedangkan paviliun yang disewakan berperan sebagai barang produksi.

Ciri-ciri dan Pembagian Benda Konsumsi

Untuk melihat apakah pemakaian suatu benda termasuk ke dalam lingkup konsumsi atau produksi, kita dapat melihatnya dari beberapa hal yang menjadi ciri-ciri benda konsumsi berikut.

  1. Benda-benda yang dikonsumsi adalah benda ekonomi atau benda yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Kegiatan menghirup udara, berjemur pada sinar matahari pagi, dan mandi di sungai bukanlah termasuk kegiatan konsumsi karena benda itu didapat secara gratis.
  2. Benda yang dikonsumsi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penggunaan gergaji, cangkul, mesin-mesin, dan barang-barang modal lainnya yang bertujuan menambah faedah benda tidak dikategorikan ke dalam kegiatan konsumsi. Kegiatan tersebut termasuk ke dalam kegiatan produksi.
  3. Manfaat, nilai, ataupun volume benda-benda yang digunakan tersebut akan habis sekaligus atau berangsur-angsur.

Atas dasar habis tidaknya suatu benda pada saat dikonsumsi, benda konsumsi dapat dibedakan sebagai berikut.

  1. Benda yang habis dalam sekali pemakaian. Contohnya adalah makanan, minuman, dan obat-obatan.
  2. Benda yang pemakaiannya berulang-ulang atau pemakaiannya dalam waktu relatif lama. Contoh benda konsumsi kategori ini adalah baju, sepatu, tas, sapu, ember, televisi, dan rumah.

Tujuan Kegiatan Konsumsi

Setelah memahami pengertian konsumsi dalam ilmu ekonomi, kita akan mencoba mempelajari tujuan dari kegiatan konsumsi tersebut. Coba jelaskan, apa tujuan kamu makan, minum, berpakaian, menonton TV, atau piknik ke pantai? Jawabannya tentu adalah untuk memenuhi kebutuhan.

Makan, minum, dan berpakaian adalah untuk memenuhi kebutuhan fisik secara langsung. Sedangkan menonton TV dan piknik adalah untuk memenuhi kebutuhan rohani. Kedua jenis kebutuhan tersebut dipenuhi secara langsung oleh benda konsumsi. Artinya, benda konsumsi tersebut secara langsung kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu.

Dan cerita tersebut serta dari pengertian konsumsi dan ciri-ciri benda konsumsi yang telah kita bahas, dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung. Penggunaan benda-benda di luar tujuan tersebut tentunya tidak dikategorikan sebagai kegiatan konsumsi. Contohnya, penggunaan mobil Pak Amir untuk mengangkut penumpang selama hari Senin sampai dengan Jumat, bukan termasuk kegiatan konsumsi tetapi termasuk ke dalam kegiatan produksi.

Demikianlah tulisan sederhana dari kami tentang Pengertian Konsumsi Dalam Ilmu Ekonomi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan