Pengertian Migrasi Dan Urbanisasi

Pengertian Migrasi dan Urbanisasi serta Macamnya

Loading...

Halo sobat pembaca, kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai Migrasi serta Urbanisasi, yang mana judul yang akan kita angkat adalah Pengertian Migrasi Dan Urbanisasi. saya yakin Sebagian besar sobat semua pasti sudah mengerti makna dari Urbanisasi serta Migrasi, akan tetapi untuk sobat yang belum paham, Tenang saja. Untuk itulah artikel ini hadir yang akan mencoba untuk memberikan info kepada sobat semua, baiklah mari kita langsung ke materi di bawah ini.

Materi migrasi dan urbanisasi adalah pengetahuan umum sosial yang pasti diberikan dibangku sekolah. Hal ini berkaitan dengan pentingnya seseorang dalam mengetahui manfaat dan efek dari migrasi dan urbanisasi. Untuk itu mari simak pengertian migrasi dan urbanisasi serta macam dan dampaknya.

Apa Pengertian Migrasi Dan Urbanisasi ?

Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain, ada 2 jenis yaitu imigrasi dan emigrasi. Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari negara lain yang mengunjungi sebuah negara. Misalnya penduduk Australia berpindah dan tinggal di Indonesia. Sedangkan emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara keluar ke negara lain. Jadi justru sebaliknya, misal penduduk Indonesia yang melakukan emigrasi ke Australia.

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari suatu desa menuju ke kota. Sebenarnya urbanisasi termasuk ke dalam migrasi, hanya saja perpindahan yang dilakukan adalah dari desa menuju ke kota.

Jenis-jenis Migrasi

Setelah mengetahui pengertian dari istilah migrasi dan urbanisasi tersebut mari kita buka satu per satu apa saja yang masih berkaitan dengan migrasi dan urbanisasi.

Ada dua jenis migrasi, yaitu migrasi internasional dan migrasi nasional. Migrasi internasional adalah perpindahan penduduk yang melibatkan perpindahan dari suatu negara ke negara lain. Sedangkan untuk migrasi nasional adalah perpindahan penduduk yang masih berada dalam satu negara hanya saja mereka berpindah daerah, misalnya dari kota A ke kota B atau dari Desa C ke Kota A.

Berikutnya ada 2 jenis migrasi nasional yaitu penglaju dan perpindahan penduduk musiman. Untuk penglaju berarti seseorang melakukan perpindahan penduduk dari satu empat ke tempat lainnya untuk bekerja atau memiliki tujuan tertentu dan ketika urusan sudah selesai mereka akan pulang ke tempat asal.

Sedangkan untuk perpindahan penduduk musiman berarti seseorang tersebut melakukan perpindahan pada waktu tertentu dan bila urusannya telah selesai dalam beberapa waktu yang lama maka mereka akan kembali ke daerah asal.

Di Indonesia sendiri ada 2 macam migrasi nasional yaitu transmigrasi dan urbanisasi. Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari sebuah daerah menuju daerah lain untuk menetap di daerah tersebut dan melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang cukup lama.

Transmigrasi memiliki manfaat bagi pemerintah Indonesia, hal ini bisa menjadi solusi menumpuknya penduduk di daerah tertentu sehingga mereka bisa ikut memajukan daerah yang belum baik dan bisa memperoleh pekerjaan dari sana.

Sedangkan untuk urbanisasi seperti yang dijelaskan di atas adalah perpindahan penduduk yang melibatkan mereka pindah dari desa menuju ke sebuah kota untuk mendapatkan pekerjaan. Mereka datang ke kota dari desa dengan harapan mendapatkan pekerjaan untuk kehidupan yang lebih baik bila dibandingkan untuk tetap di desa.

Selain faktor pekerjaan ada juga karena alasan menuntut pendidikan. Dimana fasilitas pendidikan di kota lebih baik daripada di desa.

Demikian adalah beberapa pengertian mengenai migrasi dan urbanisasi, jadi bila Anda sedang melakukan perpindahan dari sebuah tempat berarti Anda telah melakukan migrasi. Dan hal ini wajar karena manusia akan selalu bergerak untuk memenuhi semua urusannya. Dan jangan lupa untuk mempelajari pengetahuan lain yang masih kami sediakan untuk Anda belajar.

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami. Selamat belajar dengan menyenangkan dan semoga sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan