Macam macam Keadilan dan Pengertian Keadilan

Macam macam Keadilan dan Pengertian Keadilan

Loading...

Macam macam Keadilan dan Pengertian Keadilan – Senang rasanya pada kesempatan kali ini saya bisa bertemu lagi dengan sobat pembaca semua, yang mana di kesempatan kali ini saya masih akan membahas mengenai Materi KN. Yakni judul yang akan kita angkat pada kesempatan kali ini adalah Macam-macam Keadilan dan Pengertian Keadilan.

Cukup menarik untuk kita bahas pada kesempatan kali ini, Oleh karenanya sobat harus membaca artikel ini dengan tuntas ya, jangan setengah-setengah. Karena jika setengah-setengah maka informasi yang sobat dapatkan juga akan setengah-setengah. Langsung saja cap cus….

Pengertian Keadilan Adalah …..

Keadilan adalah suatu hal yang harus kita tetapkan dan tidak boleh dilanggar, berperilaku adil memang tidak mudah, namun kita harus tetap menjalankan hakikat keadilan yang sebenarnya. Dalam pelajaran PKn maupun Pendidikan Agama, ada banyak bab yang membahas mengenai keadilan.

Karena semua orang harus mengerti mengenai keadilan dan harus menjalankan keadilan sesuai dengan aturannya. Keadilan harus ditegakkan agar semua masyarakat yang hidup bisa saling menghormati dan mendapatkan apa yang menjadi hak mereka.

Dalam bahasan ini kita akan memberikan informasi yang berisi pengertian keadilan dan macam macam keadilan.

Keadilan dalam bahasa sebenarnya adalah memberikan sesuatu pada tempatnya, adil bukan berarti sama rata, melainkan memberikan sesuatu pada orang yang tepat sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam pengertian keadilan ada beberapa macam pengertian yang diungkapkan oleh para ahli ilmu kemanusiaan, berikut adalah beberapa pengertian keadilan menurut para ahli.

a. Pengertian keadilan menurut Aristoteles

Aristoteles mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian keadilan bahwa keadilan merupakan tindakan yang memberikan sesuatu kepada orang yang memang menjadi haknya.

b. Pengertian keadilan menurut Frans Magnis Suseno

Sedangkan menurut Suseno, keadilan adalah keadaan dimana sesama manusia saling menghargai hak dan kewajiban masing-masing yang membuat keadaan menjadi harmonis.

c. Pengertian keadilan menurut Thomas Hubbes

Menurut Hubbes, keadilan adalah sebuah keadaan dimana ada suatu perjanjian yang kemudian isi perjanjian tersebut dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa berat sebelah.

d. Pengertian keadilan menurut Plato

Dan pengertian yang terakhir adalah menurut Plato yaitu dimana keadilan adalah mematuhi semua hukum dan perundangan yang berlaku.

Macam macam Keadilan adalah ….

Selain ada beberapa pengertian keadilan menurut para ahli, keadilan memiliki beberapa jenis yang dibedakan menjadi beberapa bagian. Berikut ini adalah macam-macam keadilan menurut para ahli.

a. Keadilan menurut Aristoteles

  1. Keadilan Komunikatif adalah sebuah sikap yang didasarkan pada ketulusan dimana kita tidak memandang siapa yang telah berjasa pada kita.
  2. Keadilan Distributif adalah sikap keadilan dimana kita mempertimbangkan mengenai jasa yang diberikan kepada kita atau masyarakat umum.
  3. Keadilan Konvensional ialah suatu sikap keadilan dimana kita mau mematuhi aturan UU yang berlaku.
  4. Keadilan Perbaikan ialah suatu keadilan untuk orang yang telah mencemarkan nama baik.
  5. Keadilan Kodrat Alam adalah keadilan yang sesuai dengan kodrat alam yang berlaku.

b. Keadilan menurut Plato

Menurut Plato, macam-macam keadilan dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Keadilan Moral dimana sebuah keadilan dapat menyeimbangkan antara kewajiban dan hak manusia.
  2. Keadilan Prosedural adalah keadilan yang didasarkan pada perbuatan manusia sesuai dengan aturan atau tata cara yang berlaku.

Nah sobat, saya rasa artikel mengani Pengertian Keadilan dan macam macam keadilan ini kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, di lain kesempatan jika di berikan umur panjang kita akan melanjutkan lagi tentang pembahasan ini, Saya juga berharap sobat bisa melengkapi dan memberikan keritik dan saran untuk membuat artikel dan website ini lebih baik ke depannya.

Akhir kata, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada salah dan kurang lebihnya (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan