Pengertian dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Pengertian dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Loading...

Pengertian dan Syarat Terjadinya Interaksi Sosial – Pembahasan materi kali ini sangat dekat dengan kita, bahkan dalam tidak bisa di pisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari dalam bermasyarakat, pada Materi Sosiologi kali ini kita akan mengangkat judul artikel pengertian dan syarat terjadinya interaksi sosial.

Tahukah sobat apa yang di maksud dengan Interaksi Sosial itu.? mungkin sebagian sobat sudah ada yang mengerti apa itu Interaksi sosial, akan tetapi banyak juga yang masih belum mengerti dengan pasti tentang Pengertian Interaksi sosial dan Juga syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.

Nah di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahasnya secara singkat, yang semoga saja sobat nantinya bisa memahaminya dengan seutuhnya, mari kita simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Dalam menjalani hidup semua orang butuh bantuan orang lainnya, sehingga melibatkan keperluan beberapa orang yang pada akhirnya membuat banyak orang melakukan interaksi dalam satu lingkungan.

Interaksi tidak bisa dihindari karena pada dasarnya semua orang setiap hari bahkan setiap waktu melakukan interaksi dengan sesama manusia lainnya. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan syarat terjadinya interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi adalah hubungan yang terjadi dan saling mempengaruhi. Hubungan ini bisa berlaku untuk individu dan kelompok. Sehingga menimbulkan pengaruh antara satu dan yang lainnya. Jadi kesimpulan dari pengertian interaksi sosial adalah melakukan kegiatan yang dilakukan oleh antar individu maupun kelompok dan memiliki hubungan timbal balik sehingga menimbulkan kegiatan baru baik dalam bentuk kerja sama yang positif atau justru persaingan dan bahkan pertikaian.

Dalam interaksi sosial tidak semua berjalan lancar dan bernilai positif, banyak hal yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial dan menimbulkan interaksi sosial yang negatif.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Setelah memahami pengertian, maka syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya individu, minimal 2 orang dan ada pesan yang ingin disampaikan. Satu individu sebagai pengantar pesan dan yang satunya bertindak sebagai penerima pesan. Dengan begitu ada hubungan timbal balik dan inilah yang disebut dengan interaksi sosial.

Misal antara individu atau kelompok tidak bisa berhadapan secara langsung, maka interaksi sosial bisa dilakukan dengan melalui berbagai media. Misalnya saja melalui telepon atau media lain yang masih bisa menghubungkan kedua belah pihak dalam menyampaikan pesan dan melakukan komunikasi.

Jadi syarat utama terjadinya interaksi sosial adalah minimal ada dua individu, adanya pesan, dan adanya media interaksi. Demikianlah kira-kira pengertian tentang syarat terjadinya interaksi sosial secara sederhana.

Faktor-faktor terjadinya Interaksi Sosial

Di bawah ini kami memiliki beberapa informasi yang berkaitan dengan faktor terjadinya interaksi sosial, yaitu sebagai berikut :

  1. Faktor sugesti. Dalam faktor sugesti ini seseorang menerima saran ataupun pendapat seseorang yang kemudian seseorang tersebut mengikuti apa yang disarankan oleh temannya.
  2. Faktor imitasi. Imitasi adalah melakukan hal-hal negatif dan kegiatan ini dilakukan karena seseorang ingin meniru sikap orang lain hanya saja lebih cenderung ke sikap yang kurang baik.
  3. Faktor simpati. Simpati adalah seseorang merasa tertarik dengan orang lain dan berusaha melakukan interaksi dan pada akhirnya terjadi interaksi timbal balik yang dapat diterima.
  4. Faktor empati. Empati adalah perasaan yang seolah-olah ikut merasakan penderitaan orang lain, jiwa dan pikirannya ikut merasakan kesedihan yang orang lain rasakan.
  5. Faktor identifikasi. Dan yang terakhir adalah identifikasi dimana seseorang mencoba untuk meniru sikap orang lain, baik disengaja maupun tidak disengaja dan perbuatan ini lebih ke sikap yang lebih baik.

Demikian adalah beberapa informasi yang berkaitan dengan pengertian dan syarat terjadinya interaksi sosial hingga faktor yang mempengaruhi interaksi sosial. Dengan menghadirkan informasi seperti di atas, semoga para pembaca bisa mendapatkan manfaatnya serta semakin memahami konsep interaksi sosial. Selamat belajar dengan cara yang menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan