Pengertian dan Fungsi UUD 1945 Sebagai Dasar Hukum NKRI

Pengertian dan Fungsi UUD 1945 Sebagai Dasar Hukum NKRI

Pengertian dan Fungsi UUD 1945 Sebagai Dasar Hukum NKRI Menurut Para Ahli – Sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia tentu kita semua tahu apa itu undang-undang dasar 1945.

Dari sejak sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah atas, kita sudah mempelajari tentang undang – undang dasar 1945. Bahkan saat upacara di sekolah, pembukaan undang – undang dasar 1945 selalu dibacakan oleh petugas upacara. Dalam aspek kehidupan hak dan kewajiban warga Negara Indonesia diatur dalam UUD 1945. Bahkan tatanan dan aturan Negara pun diatur dengan UUD 1945. Jadi, apa pengertian dan fungsi UUD 1945?

Pengertian UUD 1945 menurut para ahli

Pengertian UUD 1945 menurut para ahli adalah suatu bentuk peraturan dalam sebuah Negara untuk mengatur berjalannya sebuah Negara dilihat dari berbagai aspek. Aspek – aspek tersebut meliputi aspek hukum, maupun aspek aturan – aturan yang terbentuk di dalam masyarakat.

Terdapat aspek lain yang dimaksud dalam pembahasan ini yaitu aspek sosial, dan aspek filosofis dalam norma dan nilai. UUD 1945 terbentuk karena adanya sejarah di masa lalu yang membuat bangsa Indonesia terjajah. Berbeda dengan hukum dasar di Negara lain.

Semua hukum di setiap Negara berbeda – beda tergantung dari situasi dan kondisi dari Negara tersebut. Setiap Negara pasti mempunyai peraturan – peraturan yang tertulis sebagai hukum dasar, dan kemungkinan penyebutan undang – undang tersebut di setiap Negara mempunyai perbedaan.

Di Indonesia sendiri, hukum yang mengatur tentang berbagai hal yang menyangkut aspek bangsa dan Negara disebut dengan UUD ’45, kepanjangan dari Undang – Undang Dasar 1945. Undang – undang dasar 1945 menjadi dasar hukum untuk aturan – aturan tertulis dalam penyelenggaraan Negara, namun ada pula aturan – aturan tidak tertulis yang ada di dalam masyarakat dan berlaku secara terus menerus tanpa adanya tulisan tentang aturan – aturan tersebut.

Hal tersebut sering disebut juga sebagai norma dalam masyarakat. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Undang – Undang Dasar 1945 menurut UUD 1945 adalah hukum mendasar yang tertulis, dan hukum dasar tersebut juga meliputi hukum dasar yang tidak tertulis.

Ada beberapa alasan terbentuknya UUD di setiap Negara, yang pertama adanya keinginan dari masyarakat untuk dapat hidup terjamin dengan hak – haknya, dan juga melindungi mereka dari segala tindak keputusan dari pemimpin Negara.

Ada pula yang mempunyai tujuan untuk menjamin adanya kesinambungan yang seimbang antara sistem dalam pemerintahan. Selain itu juga agar adanya kejelasan dalam tatanegara. Dan yang terakhir adalah untuk memisahkan diri dari suatu Negara agar dapat menjadi Negara baru yang berdiri sendiri.

UUD 1945 merupakan hukum dasar tertinggi yang ada dalam peraturan pemerintahan, dan dari UUD 1945 tersebut dapat menciptakan beberapa hukum seperti peraturan pemerintah, peraturan presiden atau undang – undang.

Setiap keputusan presiden atau kebijakan harus diambil berdasarkan UUD 1945. Dan setiap kebijakan pemerintah yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan.

UUD 1945 bukanlah merupakan keseluruhan hukum dasar yang digunakan di Indonesia, tetapi UUD 1945 hanyalah sebagai hukum dasar sebagai patokan untuk dapat membuat beberapa peraturan – peraturan yang dibutuhkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang berada di dalam pemerintahan Indonesia. Dan UUD tersebut juga mengatur hukum – hukum tidak tertulis yang terbentuk di dalam masyarakat seperti nilai dan norma untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya di dalam masyarakat itu sendiri.

UUD 1945 mempunyai sifat – sifat seperti, tertulis, singkat dan supel, berisi norma – norma, aturan – aturan dan ketentuan – ketentuan, bersifat positif. Seluruh hukum yang tertulis di dalam UUD 1945 mempunyai sifat yang mengikat, baik mengikat pemerintah, maupun masyarakat. Hukumnya adalah wajib untuk ditaati dan dipatuhi.

Fungsi UUD 1945

Setelah memahami pengertian di atas lalu apa fungsi UUD 1945 ? Adapun fungsi UUD 1945 itu sendiri adalah, sebagai alat untuk mengontrol pemerintahan Indonesia, lembaga masyarakat, serta mengontrol setiap warga Indonesia dan setiap penduduk yang tinggal di Indonesia entah dari mana mereka berasal, contoh: dari luar negeri.

Karena fungsi UUD 1945 ini untuk mengatur segala aspek yang terdapat di negaranya, maka isi dari UUD 1945 itu sendiri adalah norma – norma dan aturan – aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh semua masyarakat dan juga perangkat Negara yang terlibat.

Jadi, sebagai sumber hukum membuat kedudukan UUD 1945 memiliki tiga fungsi, yaitu sebagai alat kontrol, pengatur, dan penentu semua peraturan. Penjelasannya adalah sebagai beriikut :

  1. Sebagai Alat Kontrol. Salah satu fungsi UUD 1945 sebagai alat kontrol. UUD 1945 sebagai alat kontrol untuk mengecek atau menguji apakah perundang-undangan di bawahnya sudah sesuai dengan konstitusi Republik Indonesia atau bertentangan.
  2. Sebagai Pengatur. Fungsi UUD 1945 yang kedua adalah sebagai alat pengatur. UUD 1945 berfungsi mengatur kekuasaan negara. Hal tersebut meliputi cara menyusun, membagi, dan dilaksanakan. Semua lembaga negara termasuk presiden harus selaras dan sesuai dengan ketentuan dalam UUD 1945.
  3. Sebagai Penentu. Salah satu cara fungsi dari UUD 1945 adalah sebagai alat penentu. Hal ini dimaksudkan bawah UUD 1945 berperan sebagai penentu hak dan kewajiban negara, warga negara, dan pemerintah. UUD 1945 menjadi pedoman dalam menentukan hak dan kewajiban pemerintah, lembaga negara, dan warga negara.

Demikianlah uraian singkat kami mengenai Pengertian dan Fungsi UUD 1945 Sebagai Dasar Hukum NKRI. Semoga sedikit informasi ini ada manfaatnya. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan yang lebih berbahagia (maglearning.id).

Loading...

3 comments

Tinggalkan Balasan