Karakteristik Media Pembelajaran – Salah satu komponen pembelajaran yang teramat penting untuk diperhatikan adalah dengan adanya media pembelajaran yang baik. Ya, hal tersebut karena media pembelajaran saat ini bukan hanya berperan dalam membantu para tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran pada peserta didik saja, ataupun juga bukan hanya sebagai pelengkap. Melainkan telah menjadi satu dengan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan diharapkan kehadirannya akan mampu meningkatkan kualitas dari pendidikan itu sendiri.
Beberapa Karakteristik Penting Media Pembelajaran
Berikut akan dijelaskan mengenai karakteristik media pembelajaran:
Mempermudah memberikan pemahaman kepada para peserta didik. Keberadaan sebuah media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung memiliki tujuan utama yakni agar para peserta didik dapat lebih memahami apa yang disampaikan oleh lembaga pendidiknya. Sehingga yang harus diperhatikan oleh tenaga pendidik saat memilih media yang baik tersebut adalah dengan memperhatikan penggunaannya nanti terutama dalam hal meningkatkan pemahaman siswa. Karena jika tidak diperhatikan maka kehadiran sebuah media justru akan membuat peserta didik merasa kebingungan.
Mudah digunakan oleh tenaga pendidik maupun peserta didik. Seorang tenaga pendidik juga harus memperhatikan ihwal kemudahan saat menggunakan media tersebut. Hal ini memiliki tujuan utama dalam hal efektivitas dari penggunaan media pembelajaran yang dipilih.
Fleksibel. media pembelajaran haruslah fleksibel, dalam artian dapat digunakan di berbagai tempat dalam berbagai waktu dan kondisi tertentu. Hal ini berkaitan dengan bagaimana media tersebut akan dapat digunakan secara maksimal nantinya.
Menarik perhatian peserta didik. Sebuah media pembelajaran dipilih, didasarkan pada peserta didik. Sehingga dengannya maka sebuah media pembelajaran yang baik harus memenuhi kemenarikan ini. Biasanya dengan adanya media pembelajaran yang menarik para peserta didik yang ada di dalamnya dapat memiliki pandangan yang terpusat akan materi pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.
Dengan hal tersebut jugalah yang akhirnya mampu memberikan dorongan serta motivasi kepada para peserta didik untuk meningkatkan semangat belajar yang mereka miliki, hingga akhirnya tujuan dari kegiatan pembelajaran akan mudah tercapai.
Ciri ciri Media Pembelajaran
Ciri-cir media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu (atau kurang efisien) melakukannya.
- Ciri Fiksatif
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Suatu peristiwa atau objek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, video tape, audio tape, disket komputer, dan film
- Ciri Manipulatif
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording. Misalnya bagaimana proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografi tersebut.
- Ciri Distributif
Ciri distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian itu. Dewasa ini, distribusi media tidak hanya terbatas pada satu kelas atau beberapa kelas pada sekolah-sekolah di dalam suatu wilayah tertentu, tetapi juga media itu misalnya rekaman video, audio, disket komputer dapat disebar ke seluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja.
Selain ciri-ciri di atas, ciri-ciri umum media pembelajaran biasanya adalah sebagai berikut:
- Media pembelajaran identik dengan alat peraga langsung dan tidak langsung.
- Media pembelajaran digunakan dalam proses komunikasi pembelajaran.
- Media pembelajaran merupakan alat yang efektif dalam
- Media pembelajaran memiliki muatan normatif bagi kepentingan pendidikan.
- Media pembelajaran erat kaitannya dengan metode mengajar khususnya maupun komponen-komponen sistem instruksional lainnya.
Pentingnya Media Pembelajaran Yang Baik
Saat kita membicarakan tentang pembelajaran yang berlangsung di Indonesia. Maka mungkin yang akan menjadi hambatan utama bagi berjalannya kegiatan pembelajaran yang baik di negara ini, salah satunya adalah mengenai keterbatasan media pembelajaran yang dapat digunakan serta ketidakmampuan dalam menggunakan media pembelajaran tersebut secara baik. Dengan hal tersebut maka diperlukan sebuah pembahasan khusus mengenai media pembelajaran ini.
Nah setelah kita bahas karakteristik media pembelajaran di atas maka berikut ini saya akan mengajak anda sekalian untuk membicarakan mengenai pentingnya media pembelajaran dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang terjadi di sekolah-sekolah yang ada di negeri kita.
Dalam sebuah kegiatan pembelajaran maka kehadiran sebuah kegiatan pembelajaran memiliki banyak arti penting. Beberapa di antaranya adalah :
Media pembelajaran dapat menjadi alat yang sangat menunjang seorang tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya. Terkadang dalam banyak kasus, saat seorang tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, tidak dapat dimengerti dengan baik oleh para peserta didik. Dan seorang tenaga pendidik hanya berperan sebagai pendongeng saja, karena para peserta didik tidak dapat mengetahui apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.
Sebuah media pembelajaran yang baik, bagi para peserta didik memiliki arti penting yakni sebagai gambaran atas materi yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Sehingga dengan hal ini maka seorang peserta pendidik akan lebih memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya. Seperti contohnya adalah pada pembelajaran yang bersifat abstrak.
Dengan adanya sebuah media pembelajaran maka kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan lebih rileks dan fleksibel. Pembelajaran di dalam ruang kelas menggunakan metode pembelajaran konvensional atau ceramah merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang monoton dan membosankan. Sehingga hal ini kurang maksimal.
Berbeda jika sebuah kegiatan pembelajaran di dalamnya terdapat media pembelajaran yang dapat memungkinkan bagi para peserta didik dan tenaga pendidiknya untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau di mana pun mereka berada. Tentu hal ini akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan lebih efektif.
Demikianlah apa yang dapat saya sajikan kepada anda sekalian ulasan mengenai karakteristik media pembelajaran dan manfaat pentingnya. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya bagi ada sekalian. Sampai jumpa pada kesempatan menarik di pertemuan yang berikutnya. (maglearning.id)