Teknik Pembuatan Soal HOTS Pilihan Ganda Bidang Ilmu Sosial

Seperti halnya dengan bidang ilmu lainnya, tingkat Pengetahuan merupakan prasyarat untuk kegiatan tingkat yang lebih tinggi di bidang studi sosial. Karena banyak informasi dasar diperlukan sebelum siswa dapat memahami, menerapkan, dan menganalisisnya, kita perlu mengetahui seberapa banyak informasi dasar yang mereka peroleh. Tes pilihan ganda adalah alat yang sangat baik karena memberikan sampel luas dan ekonomis mengenai waktu dan ruang.

Tingkat Pengetahuan: Siswa dapat mengenali dan mengingat informasi yang dipelajari sebelumnya; tidak ada pemahaman atau informasi yang tersirat.

Misalnya kita ingin mengetahui pemahaman siswa tentang fungsi-fungsi uang. Namun sebelum kita dapat membimbing mereka ke pemahaman ini, mereka harus terlebih dahulu tahu apa saja fungsi-fungsi uang tersebut. Untuk mengambil sampel apakah mereka telah memperoleh pengetahuan ini, Anda dapat menggunakan item sola pilihan ganda berikut ini atau sejenisnya:

Berikut ini yang bukan fungsi uang adalah …….

A. alat penimbun kekayaan

B. alat tukar

C. alat pengukur nilai

D. alat pembayaran

Item soal ini melibatkan pengenalan yaitu fungsi-fungsi uang. Secara struktural kalimat soal dan pilihan jawaban sangat ringkas ringkas, pilihan pendek yang berisi jawaban terbaik, dan tiga pengalih yang masuk akal.

Tingkat Pemahaman: Siswa dapat memahami atau meringkas informasi, menerjemahkan informasi dari satu bentuk atau ke tingkat yang lain, dan memahami data.

Misalnya, kita ingin mengetahui pemahaman siswa tentang uang yang beredar, sebuah prasyarat untuk membuat prediksi berdasarkan analisis hubungan sebab-akibat. Kemampuan untuk melihat apa yang terjadi akibat sebuah kejadian adalah proses tingkat Pemahaman. Kita dapat menggunakan item soal pilihan ganda sebagai berikut:

Apabila uang yang beredar Rp 1.000.000 kecepatan peredarannya 4 kali, jumlah barang yang diperdagangkan 4.000.000 unit, maka menurut teori kuantitas Irving Fisher harga barang akan naik menjadi……

a. Rp 1.100

b. Rp 900

c. Rp 1.000

d. Rp 1.200

Loading...

Tingkat Aplikasi: Siswa dapat mengambil informasi yang telah diperoleh dan dipahami serta menggunakannya dalam situasi nyata.

Keterampilan dan kemampuan menjadi lebih berarti ketika digunakan dalam situasi konkret. Misalnya, Kita telah membimbing siswa dalam pengembangan keterampilan membaca peta dan sekarang kita ingin mengukur seberapa baik mereka dapat menerapkannya. Untuk melakukannya, kita dapat menggunakan item pilihan ganda berikut:

Menurut peta yang ditampilkan, jarak dari Surabaya ke malang adalah …..

A. 150 km

B. 100 km

C.  50 km

D. 75 km

Item tingkat Aplikasi ini mengharuskan siswa untuk menerapkan keterampilan membaca peta mereka dalam solusi masalah konkret. Item soal disajikan langsung dan ringkas, pengalih perhatiannya singkat dan masuk akal, dan ada satu jawaban terbaik.

Tingkat Analisis: Siswa mampu memecah kesatuan yang utuh menjadi bagian-bagian dasarnya dan memahami hubungan di antara bagian-bagian itu, membandingkan dan membandingkan fenomena, memahami metafora dan analogi, memahami hubungan antara sebab dan akibat, dan mengkategorikan fenomena.

Loading...

Membandingkan fenomena, budaya, karakteristik dan sejenisnya adalah aktivitas tingkat Analisis. Misalnya kita telah mengajarkan tentang lembaga keuangan bank dan non bank. Sebagai bagian dari penilaian sumatif, kita bisa membuat item pilihan ganda seperti berikut:

Perbedaan mendasar antara bank sentral, bank umum dan bank prekreditan rakyat adalah dalam hal ……..

A. nasabah

B. modal

C. uang

D. kebijakan

Tingkat analisis yang melibatkan perbandingan, item soal ini juga memerlukan diskriminasi. Item soal memiliki kalimat yang jelas dan menghadirkan masalah yang dijawab oleh opsi tunggal, pendek, dan terbaik, yang disamarkan di antara tiga pengalih yang masuk akal dengan panjang yang kira-kira sama.

Tinggalkan Balasan