Waktu Belajar Yang Efektif

Waktu Belajar Yang Efektif Untuk Hasil Maksimal

Memanfaatkan waktu belajar yang efektif dapat memperoleh hasil yang maksimal. Ada beberapa waktu tertentu bila dimanfaatkan untuk belajar akan membuat belajar sangat efektif dan mempunyai efek positif berlipat.

Belajar adalah sebuah tindakan atau aktifitas mempelajari, memahami, menghafal dan juga mengenal beberapa hal baru yang akan masuk kedalam otak kita. Pada akhirnya hasil dari belajar itu adalah kita bisa mengambil keputusan dan tindakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Loading...

Belajar akan lebih efektif bila bisa menggunakan waktu belajar yang efektif dengan tepat agar hasilnya maksimal. Ada beberapa golden time yang bisa kita maksimalkan untuk pembelajaran efektif kita.

Apakah sobat pernah melihat orang yang pintar terus menerus melakukan aktivitas belajar (secara formal), seperti membaca buku atau menggunakan aplikasi pembelajaran interaktif?. Jawabannya tidak, malahan kebanyakan orang pintar tidak terus menerus belajar. Yang dimaksud di sini aktivitas belajar khusus lho ya, seperti membaca buku dan sejenisnya, sebab sebenar secara sadar atau tidak, setiap saat diri kita selalu belajar, terutama belajar tentang lingkungan sekitar.

Sebagian besar orang cerdas memilih belajar di waktu yang tepat untuk mempelajari pengetahuan khusus, seperti ilmu baru atau pengetahuan kompleks. Dengan begitu aktifitas belajar yang tidak terlalu lama sekalipun bisa menjadikan apa yang dipelajari lebih cepat masuk ke dalam otak.

Sebelum kita membahas masalah waktu, ada beberapa tips sebelum belajar yang bisa membuat otak kita lebih mudah menyerap pelajaran, antara lain :

  • Sukailah sesuatu yang hendak dipelajari, jangan membencinya. Caranya adalah dengan mencari tahu manfaat untuk mempelajarinya. Orang dewasa hanya akan belajar sesuatu yang diyakini bermanfaat.
  • Lakukan dengan senang hati dan tidak dalam keadaan terpaksa. Bila kita sudah mengetahui manfaatnya kita akan dengan ikhlas mempelajari sesuatu.
  • Belajarlah pada saat otak fresh dan tidak banyak pikiran. Otak kita pada umumnya mempunyai kapasitas kinerja yang terbatas, ketahui waktu terbaik untuk menggunakannya.
  • Persiapkan tempat belajar yang nyaman, seperti besih, tidak gerah dan lebih wangi

Setelah beberapa hal sudah dipersiapkan dengan baik, baru lah kita mulai belajar. Lanjut pada waktu yang baik untuk belajar antara lain :

1. Pagi Hari Saat Bangun Tidur

Loading...

Pasti sobat sudah sering mendengar metode belajar yang satu ini, yakni belajar pagi hari saat baru bangun tidur. Caranya sobat bangun lebih awal, jika seorang muslim lakukan sholat subuh terlebih dahulu baru melakukan belajar. Waktu yang satu ini sangat efektif karena otak baru saja sadar dari lelapnya tidur dan masih sangat fresh. Setelah istirahat melalui tidur otak dalam kondisi yang sangat segar sehingga kinerjanya saat itu sangat maksimal.
Kalau sobat ingin sukses di bidang akademik coba lakukan kebiasaan yang satu ini. Agar bisa bangun lebih pagi, usahakan untuk tidur malam yang cukup. Sehingga bisa bangun pagi dalam keadaan segar dan otak siap menampung materi. Lakukan kebiasaan ini secara rutin dan dengan senang hati apabila sobat ingin hasil yang maksimal.

2. Sepulang Sekolah/Kuliah

Kebiasaan belajar sepulang sekolah atau setelah jam Pendidikan Formal juga cukup efektif. Hal ini bisa kita gunakan untuk mengulangi atau memanggil kembali (recalling) apa yang tadi sudah di sampaikan selama jam pelajaran. Apalagi jika waktu ini sobat gunakan untuk mengerjakan PR, sangat bagus sekali. Karena memory kita masih membekas dengan baik tentang apa yang tadi di sampaikan dan kita ulas sendiri sekali lagi.
Memory jangka pendek kita masih bisa dipanggil dengan mudah, karena jeda yang tidak terlalu lama. Ingat prinsip pengulangan juga sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar kita.
Lakukan hal ini setelah pulang, mandi, atau setelah makan lalu sediakan sedikit waktu saja untuk memanggil kembali ingatan kita tentang pelajaran yang tadi diberikan di sekolah. Tidak perlu lama-lama, cukup setengah jam saja. Yang paling penting adalah rutin setiap sepulang sekolah. Prinsipnya adalah sesering mungkin memanggil ingatan jangka pendek kita sehingga kemungkinan besar masuk ke ingatan jangka panjang akan sangat besar.

3. Waktu Senggang

Selanjutnya adalah belajar secara acak di waktu senggang. Ini juga cukup efektif untuk memaksimalkan otak kita dalam menyerap materi. Karena pada saat waktu senggang, biasanya kita akan mencari-cari ide untuk melakukan sesuatu. Dan kalau kita membiasakannya untuk belajar kala senggang membuat sistem otak kita menjadi terbiasa dengan asupan materi-materi baru.

Selain ketiga waktu di atas ada satu lagi yakni belajar ketika mood sedang bagus untuk belajar. Pada saat minat kita untuk belajar sedang muncul jangan gunakan untuk aktifitas lain, tapi gunakan untuk belajar. Itu artinya memang otak bawah sadar kita sedang bagus untuk menangkap pelajaran atau untuk menelaah sesuatu yang baru.

Kalau kebanyakan orang saat ini belajar adalah pada malam hari, sebenarnya tidak terlalu bagus karena malam hari adalah waktunya untuk beristirahat, bersantai atau sekedar berkumpul bersama keluarga.

Demikian mengenai waktu yang bagus dan efektif untuk belajar. Ingat, belajar dimana saja dan kapan saja untuk siapa saja harus dilakukan dengan menyenangkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan