sumber inspirasi menulis artikel blog

Sumber inspirasi menulis artikel blog

Loading...

Dengan mengenal banyak sumber inspirasi menulis artikel blog maka Anda tidak akan kehabisan ide untuk membuat sebuah konten atau artikel. Yang mana seorang blogger atau seorang penulis pasti akan membutuhkan yang namanya inspirasi.

Inspirasi menulis sebenarnya bisa dari mana saja,  baik itu dari diri kita sendiri, orang lain,  benda-benda dan juga lingkungan sekitar kita. Yang paling penting adalah bagaimana Anda melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang. Dari situlah akan tercipta banyak sekali tulisan yang akan Anda hasilkan. Jangankan puluhan, ribuan artikel saja bisa Anda ciptakan.

Sumber inspirasi menulis artikel untuk blog bagi seorang blogger atau penulis artikel bisa memanfaatkan segala macam hal yang ada di dunia ini.  Coba bayangkan ada berapa banyak hal yang dibahas orang-orang dari hari ke hari. Masak iya dari jutaan bahasan kita sesama manusia sehari-hari tidak bisa dijadikan inspirasi, pasti ada banyak sekali kalau kita peka. Baiklah,  beberapa sumber inspirasi menulis untuk blog antara lain:

1. Inspirasi dari pengalaman pribadi

Sumber inspirasi yang pertama adalah dari pengalaman pribadi. Menceritakan pengalaman berharga sehingga menjadi manfaat untuk orang lain? Mengapa tidak. Pasti dalam hidup kita pernah mengalami banyak hal. Dan kita bisa jadikan hal-hal tersebut dalam sebuah artikel.

Barangkali pengalaman Anda ini sedang dibutuhkan orang lain yang sedang kebingungan. Selain menghasilkan uang bisa jadi dapat pahala karena sudah menolong. Contohnya misal kamu pernah tertipu belanja online. Meskipun itu pengalaman buruk tapi bisa Anda bagikan sebagai sesuatu yang manfaat. Mulai dari ciri-ciri penipu belanja online dan tips agar orang lain tidak mengalami hal yang sama.

Ketika kamu sedang mentok tidak ada inspirasi. Coba kamu ingat-ingat pengalaman hidupmu yang menarik maupun yang kiranya perlu dibagi dengan orang lain dan tulislah dengan baik.

2. Inspirasi menulis dari keahlian yang dimiliki

Sumber inspirasi menulis artikel blog yang kedua adalah dengan berbagi ilmu, keahlian atau wawasan yang dimiliki. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan artikel berkualitas. Karena jika Anda menyampaikan sesuatu yang benar-benar keahlian Anda, biasanya pembahasan akan menjadi lebih maksimal.

Siapa tahu di luaran sana ada yang kebingungan untuk mengerjakan sesuatu. Dan kebetulan kamu membagikan ilmu yang kamu miliki tersebut sehingga membantu orang lain menyelesaikan pekerjaan atau persoalan mereka. 

Luar biasa pastinya, selain kamu bisa menyelesaikan artikel dengan baik, mendapatkan penghasilan, juga sebagai lahan beramal kebaikan. Salah satu contohnya adalah solusi masalah instalasi Mendeley yang saya tulis. Begitu banyak pembaca yang merasa terbantu dengan tulisan ini.

Tidak perlu ragu bila kamu bukan sarjana atau bahkan bukan lulusan magister. Apa pun latar belakang kamu sebenarnya tidak masalah. Yang terpenting adalah pengalaman dan minat kamu kuat di bidang itu.

Saya kenal banyak master, doktor, bahkan profesor yang tulisannya biasa-biasa saja, walapun banyak juga dari mereka adalah penulis handal. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya yang handal itu telah mulai sejak dini, bahkan tingkat SMP atau SMA.

Jadi tak perlu minder sama mereka yang penting temukan passion kamu lalu perdalam dan tulis saja sekeluarnya ide. Tumpahkan isi kepalamu di atas papan ketik.

3. Inspirasi dari hobi yang dimiliki

Inspirasi yang selanjutnya adalah dari hobi. Barangkali ada hobi yang kamu suka lakukan setiap harinya. Kamu bisa mengulas mengenai ketertarikan kamu tentang hobi tersebut. Atau membuat artikel tentang hal-hal yang berkaitan dengan hobi kamu itu.

Sebagai contoh, kamu hobi dalam bermain game. Maka kamu bisa membuat ulasan mengenai game favorit milik kamu. Kemudian tips trik cara menang dalam game. Bisa juga menulis game terbaru.

Yang pasti kalau kamu hobi,  kamu akan paham betul mengenai bidang tersebut. Dan hasil tulisanmu pun akan lebih maksimal karena menulis dengan senang hati. Juga mengalami sendiri.

4. Inspirasi dari cerita dan pengalaman orang lain

Kalau di point pertama sumber dari pengalaman pribadi, kali ini kamu juga bisa menulis dari pengalaman orang lain. Sebagai sebuah contoh misalkan ada teman kamu curhat pengalaman berharga yang masih kamu ingat. Kamu bisa mengambil point-point penting untuk dikemas dalam sebuah artikel.

Selain itu kamu juga bisa menulis kisah-kisah sukses dari orang-orang yang kamu tahu. Intinya jika itu sharing atau cerita yang bagus,  kalau kamu bagikan pun juga akan menjadi sebuah manfaat. Lagi pula ini akan cukup membantu memunculkan ide menulis artikel buat kamu.

Salah satu trik teknisnya adalah ikut forum atau komunitas online di media sosial tentang hobi atau profesi kamu, atau juga komunitas lokal. Dengarkan keluh kesah mereka lalu kasih solusi dengan tulisan bila kamu ada ide pemecahannya.

5. Inspirasi dari lingkungan sekitar tempat tinggal

Inspirasi menulis yang selanjutnya bisa berasal dari lingkungan tempat tinggal kita. Misalkan saja di lingkunganmu ada hal-hal menarik yang bisa kamu ulas dan kamu bagikan kepada banyak orang melalui blog milik kamu.

Sebagai contoh, misalkan kamu tinggal di daerah perbukitan. Kamu bisa mengulas indahnya perbukitan tempat tinggalmu. Misalkan tinggal di dekat pantai, maka kamu bisa menulis ulasan tentang pantai tersebut.

Melihat lingkungan sekitar juga pada masyarakatnya. Misalkan kamu menulis mengenai adat istiadat, kebiasaan masyarakat dan yang lainnya. 

Kemudian kamu juga bisa menulis tentang benda-benda yang ada di sekitarmu. Dengan begitu kamu akan dapat banyak sekali materi bahasan yang tidak ada habisnya.

6. Inspirasi menulis peristiwa yang terjadi

Yang bisa menjadi sumber inspirasi menulis artikel selanjutnya adalah mengenai kejadian-kejadian yang ada. Ini biasanya cocok untuk seorang yang menulis niche news atau berita. Yakni dengan memberikan informasi kejadian dan peristiwa penting yang terjadi pada seseorang atau daerah tertentu.

Dinilai dari segi manfaat tentu sangat tinggi. Karena banyak orang setiap harinya membutuhkan update informasi untuk kejadian-kejadian penting yang terbaru.

Sebenarnya masih banyak lagi sumber inspirasi menulis blog yang lainnya. Yang paling penting adalah kepekaan Anda dalam melihat segala sesuatu. Dengan begitu ide-ide Anda akan terus ada.

Nah, untuk melatih kepekaanmu dan juga menambah sudut pandang masalah, kamu bisa meluangkan waktu untuk membaca buku. Buku tentang apa pun yang kamu suka. Akan ada sumber inspirasi dari kombinasi pengalaman nyata dan informasi dari buku-buku ini.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang beberapa sumber inspirasi menulis artikel blog. Semoga bermanfaat dan Terima kasih (maglearning.id). 

Loading...

Tinggalkan Balasan