Ketidakstabilan Ekonomi Dalam Berbagai Perspektif Ideologi

KETIDAKSTABILAN EKONOMI DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF

Ketidakstabilan Ekonomi Dalam Berbagai Perspektif Ideologi – Ketidakstabilan ekonomi makro, yang juga dikenal sebagai “siklus bisnis”, telah menjadi permasalahan abadi kapitalisme sejak awal. Untuk melindungi dari rasa tidak aman yang disebabkan oleh siklus bisnis, serikat pekerja,  perusahaan, dan pemerintah telah berusaha untuk mengendalikan operasi pasar dengan mengubah struktur kelembagaan kapitalisme.

Walaupun kondisi ekonomi relatif stabil selama beberapa dekade, Perang Dunia ke-2 mengelabui para ekonom bahwa siklus bisnis telah dijinakkan, krisis keuangan dunia pada tahun 1998 dan 2008 menunjukkan ketidakmampuan yang berkelanjutan untuk mengontrol atau memahami secara penuh tentang sumber ketidakstabilan ini.

Adanya resesi besar pada tahun 2007 berdampak pada ekonomi global. Nah, bagaimana pandangan berbagai ideologi ekonomi dalam memandang hal ini. Terutama penyebab ketidakstabilan yang memicu inflasi dan pengangguran.

PANDANGAN KAUM LIBERAL KLASIK

Penyebab Ketidakstabilan Ekonomi

Kelompok ekonom liberal klasik memandang bahwa pasar kompetitif rentan terhadap ketidakstabilan tetapi juga mampu untuk introspeksi secara mandiri. Selama pasar mengandung proses menyeimbangkan dirinya sendiri, upaya pemerintah untuk mengendalikan stabilitas tidak hanya tidak perlu, tetapi dapat berbahaya.

Salah satu argumen teoritis pertama tentang stabilitas pasar dikemukakan oleh seorang ekonom Perancis, Jean Babtiste Say (1767-1832). Hukum Say menyatakan bahwa penawaran menciptakan permintaannya sendiri. Dengan kata lain, dalam proses produksi barang dan jasa, jumlah pendapatan untuk membayar berbagai faktor produksi sama dengan nilai barang dan jasa yang diproduksi.

Meskipun begitu, para ekonom di dunia dengan jelas melihat bahwa ekonomi dunia telah mengalami fluktuasi yang parah. Liberal klasik menawarkan beberapa penjelasan mengenai beberapa gangguan:

  1. Kekuatan Eksogen
  2. Kebijakan Moneter
  3. Kebijakan Fiskal
  4. Regulasi
  5. Harapan Rasional
  6. Pencarian sewa

Kebijakan Stabilisasi

Prinsip-prinsip panduan yang mendasari kebijakan stabilisasi ekonomi makro liberal klasik adalah kepercayaan pada stabilitas yang melekat pada ekonomi pasar yang bebas dari intervensi pemerintah. Berdasarkan kesepakatan antara kaum liberal klasik bahwa ukuran campur tangan pemerintah harus dikurangi, mereka mengusulkan strategi berbeda untuk mencapai tujuan itu, yaitu:

  1. Kebijakan moneter
  2. Amandemen anggaran berimbang
  3. Pemotongan pajak
  4. Standar emas
  5. Mata uang jamak

Resesi Besar

Liberal klasik memandang resesi global pada tahun 2008 terjadi karena intervensi pemerintah dalam perekonomian. Liberal klasik juga menyalahkan pemerintah yang meminta bank untuk memperpanjang pinjaman untuk peminjam dari kalangan menengah ke bawah. Ekspansi kredit yang berlebihan, yang disertai dengan stimulasi yang berlebihan dari perekonomian, disebabkan oleh pengeluaran defisit dan kemudahan kebijakan moneter, menciptakan gelembung spekulatif di pasar barang dan jasa serta pasar saham.

Jika liberal klasik telah mengontrol proses politik, pemerintah akan berlatih “penghematan” untuk memberikan respons terhadap resesi besar. Keparahan resesi besar menyebabkan beberapa ekonom liberal klasik yang terkemuka  mengakui kepercayaan mereka kepada pasar bebas telah terguncang.

PANDANGAN KAUM RADIKAL

Penyebab Ketidakstabilan Ekonomi

Kaum radikal percaya bahwa kapitalisme secara inheren tidak stabil, tetapi penyebab ketidakstabilan ekonomi dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Pada tahun 1925, seorang ekonom Soviet Nikolai Kondratiev (1892-1938) meneliti bahwa kapitalisme mengalami siklus jangka panjang selama 40-60 tahun. Faktor-faktor berikut telah berkontribusi terhadap ketidakstabilan ekonomi kapitalisme sejak awal adalah:

  1. Fungsi ketidakstabilan
  2. Investasi yang berlebihan
  3. Konsumsi yang kurang
  4. Pemerasan keuntungan

Kebijakan Stabilisasi Ekonomi Makro

Di masa  lalu, banyak kaum radikal mengusulkan bahwa paham sosialisme merupakan satu-satunya solusi atas ketidakstabilan ekonomi. Hari ini, beberapa kaum radikal merangkul versi tradisional dari paham sosialisme, yang berarti alat-alat produksi milik pemerintah yang dikombinasikan perencanaan ekonomi terpusat. Kaum radikal mengusulkan perubahan kelembagaan termasuk dalam hal-hal berikut ini:

  1. Nasionalisasi parsial
  2. Perencanaan demokrasi
  3. Sosialisasi mengenai investasi
  4. Perundingan bersama terkoordinasi
  5. Redistribusi

Pandangan Terhadap Resesi

Kaum radikal mengklaim bahwa globalisasi telah dihidupkan kembali dengan masalah investasi yang berlebihan dan konsumsi yang kurang. Dengan upah tetap dan stagnan di sebagian besar dunia.

Hampir seluruh keuntungan produktivitas dari kemajuan teknologi telah dimiliki oleh pemilik modal. Pemerintah di seluruh dunia merespons resesi besar dengan dana talangan dan program pendukung, tetapi kaum radikal melihat kebijakan ini hanya solusi sementara terhadap ketidakstabilan.

Kaum radikal percaya bahwa tanpa stimulus pemerintah yang masif terhadap perekonomian, resesi global akan terjadi lagi dan mungkin menyaingi depresi global, bahkan lebih buruk. Menurut kaum radikal, kombinasi global dari kelebihan kapasitas produktif dan permintaan yang tidak memadai akan terus untuk menciptakan tekanan harga dan keuntungan.

PANDANGAN KAUM KONSERVATIF

Penyebab Ketidakstabilan Ekonomi

Ekonom Austria/Amerika, Joseph Schumpeter (1883-1950), menghubungkan siklus bisnis dalam gelombang inovasi teknologi secara berkala menyapu perekonomian. Namun, bagi kebanyakan kaum konservatif, ketidakstabilan ekonomi adalah gejala tren di lembaga sosial, budaya, dan politik berikut ini:

  1. Penurunan nilai-nilai komunitas dan keluarga
  2. Penurunan moralitas
  3. Demokrasi yang tidak terkendali
  4. Kapitalisme kroni

Kebijakan Stabilisasi Ekonomi

Kaum konservatif bergabung dengan kaum liberal klasik dalam menentang kebijakan intervensi pemerintah yang ditujukan untuk langsung menstabilkan ekonomi. Mereka mendukung amandemen anggaran berimbang terhadap konstitusi, kebijakan moneter untuk menghilangkan kebijaksanaan cadangan federal atas ukuran penawaran uang, dan banyak menghilangkan regulasi pemerintah. Mereka mengajukan beberapa reformasi untuk menciptakan institusi berikut:

  1. Revitalisasi komunitas
  2. Pembaruan budaya
  3. Demokrasi terbatas
  4. Korporatisme

Pandangan pada Resesi Global

Menurut kaum konservatif, resesi yang terjadi tahun 2007-2009 menunjukkan puncak dari tren yang telah terbentuk selama beberapa dekade. Kombinasi dari kapitalisme yang tidak terkendali dan demokrasi yang tidak terkendali mengikis fondasi dari masyarakat bebas dengan mengganti stabilitas dan perintah dengan konflik kepentingan individu  dan antara kepentingan kelompok yang kuat. Kaum konservatif menyalahkan hampir setiap orang yang berkontribusi terhadap resesi besar.

PANDANGAN KAUM LIBERAL MODERN

Penyebab Ketidakstabilan Ekonomi

Kaum liberal modern berbagi dengan kaum radikal yang percaya bahwa ekonomi kapitalis yang tidak diatur secara inheren tidak stabil. Kaum liberal modern menganalisis inflasi dan pengangguran bergantung pada pengembangan teori ekonomi dari John Maynard Keynes selama resesi besar. Kaum liberal modern mengemukakan penyebab ketidakstabilan ekonomi adalah:

  1. Keserakahan
  2. Ketimpangan yang berlebihan
  3. Kekuatan pasar
  4. Kurangnya regulasi
  5. Globalisasi

Kebijakan Stabilisasi Ekonomi

Selama 4 dekade antara depresi global dan stagflasi pada tahun 1970, kaum liberal modern bergantung pada kebijakan fiskal dan moneter untuk mengontrol siklus bisnis. Karena stagflasi mengisyaratkan inflasi dan resesi secara simultan, hal tersebut tidak dapat diatasi dengan hanya menggunakan kebijakan fiskal dan moneter saja. Kaum liberal modern terus mendukung penggunaan kebijakan moneter dan fiskal, pengalaman stagflasi pada tahun 1970 menyebabkan mereka mengembangkan kebijakan tambahan untuk menstabilkan perekonomian.

  1. Menambah regulasi
  2. Investasi publik
  3. Kebijakan ketenagakerjaan
  4. Kebijakan industri
  5. Kesetaraan yang lebih besar

Pandangan pada Resesi Global

Sementara kaum liberal klasik mengaitkan resesi hebat dengan kesalahan manajemen pemerintah, kaum liberal modern menemukan kesalahan dengan perilaku hampir semua pihak dalam industri jasa keuangan. Kaum liberal modern beranggapan bahwa para pelaku pasar yang tidak diregulasi akan berperilaku dengan cara yang tidak bertanggungjawab secara sosial. Kaum liberal modern setuju dengan kaum liberal bahwa globalisasi dan peningkatan ketidakmerataan akan menciptakan kekuatan yang mendasari resesi besar.

Setelah terjadinya resesi besar, kaum liberal modern sangat menentang pendapat kaum liberal klasik untuk berlatih “penghematan” dengan menyeimbangkan antara anggaran pemerintah, pengetatan jumlah uang beredar, dan deregulasi ekonomi lebih lanjut. Dari pandangan kaum liberal modern, fakta bahwa ekonomi yang lambat laun pulih dari resesi besar yang mengindikasikan bahwa peningkatan pengeluaran pemerintah dan jumlah uang beredar sangat kecil (maglearning.id).

Loading...