Penerapan Teknologi Digital di Sekolah

Penerapan Teknologi Digital di Sekolah

Loading...

Penerapan Teknologi Digital di Sekolah – Berbicara mengenai teknologi pendidikan saat ini tentu tidak lepas dari teknologi digital, karena teknologi inilah yang saat ini sedang berkembang pesat dan hampir ada di seluruh sendi kehidupan. Tak terkecuali sekolah atau dunia pendidikan secara umum. Teknologi digital ini sudah lama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran di sekolah.

Apa itu teknologi digital? Teknologi digital dapat dianggap sebagai sistem, atau kombinasi perangkat keras dan aplikasi perangkat lunak. Sumber daya teknologi digital ini dapat membantu menentukan dan membentuk iklim teknologi dalam pendidikan saat ini.

Gambaran Umum Perangkat Teknologi Digital

Strategi integrasi teknologi memerlukan kombinasi perangkat keras atau peralatan komputasi dan perangkat lunak atau program yang ditulis untuk menjalankan berbagai fungsi. Bahkan perangkat seluler saat ini, atau perangkat komputer genggam portabel, seperti ponsel atau tablet, memiliki kombinasi perangkat keras dan lunak. Perangkat-perangkat ini yang mewarnai penerapan teknologi digital di sekolah.

Terkadang perangkat lunak dan data harus disimpan di luar perangkat keras menggunakan flash drive, CD, DVD, SD Card atau berbagai jenis penyimpanan lainnya. Berbagai media penyimpanan ini dianggap sebagai media penyimpanan, bukan perangkat keras.

Tren yang berkembang saat ini adalah ke arah penggunaan penyimpanan online (cloud storage), yang disebut sebagai komputasi awan (cloud computing), istilah umum untuk menggunakan layanan penyimpanan yang diakses melalui Internet. Terkadang layanan ini berbasis biaya, dan terkadang situs seperti Google, IBM, dan Microsoft menyediakannya sebagai layanan gratis.

Misalnya Google telah menyediakan Google Drive dan Microsoft menyediakan OneDrive, meskipun ini sebenarnya bukan perangkat hard drive dalam pengertian tradisional. Pengguna dapat mengirim dokumen ke ruang penyimpanan ini, baik sebagai salinan cadangan atau sebagai alternatif untuk item menyimpan di sistem komputernya sendiri.

Macam Teknologi Digital untuk Pengajaran

Sangat banyak ragam teknologi digital yang digunakan dalam penerapan teknologi digital di sekolah, Namun secara umum ada enam jenis perangkat keras teknologi digital yang paling banyak digunakan di ruang kelas saat ini. Perangkat digital itu di antaranya adalah:

  • Komputer mikro. Meskipun perangkat teknologi digital menjadi semakin kecil dan lebih mobile/portabel, namun komputer mikro yang saat ini lebih familier disebut dengan komputer desktop atau laptop tetap menjadi andalan komputasi di kelas.
  • Teknologi genggam. Perangkat multiguna yang lebih kecil, seperti ponsel, tablet (IPad), e-book atau e-text, dan pena “pintar”, semakin memudahkan guru dan siswa untuk melihat, berkomunikasi, dan berbagi informasi kapan saja di mana saja sehingga lebih fleksibel dalam hal lokasi dan waktu.
  • Teknologi layar. Perangkat ini mendukung demonstrasi informasi ke seluruh kelas atau kelompok besar dari komputer. Perangkat ini terkadang digunakan dalam kombinasi dengan perangkat seperti clickers (sistem respons siswa), yang merupakan perangkat nirkabel yang digunakan untuk jawaban kuis interaktif siswa atas pertanyaan guru di kelas tatap muka.
  • Teknologi pencitraan. Untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih visual, perangkat ini memungkinkan pengembangan dan penggunaan gambar mulai dari foto diam hingga video tujuh dimensi.
  • Periferal. Ini adalah perangkat input, seperti keyboard dan mouse (untuk mendapatkan informasi dan permintaan ke komputer untuk diproses), dan perangkat output, seperti printer dan synthesizer (untuk melihat atau mendengar hasil pemrosesan), yang membuat komputer mikro (laptop/desktop) lebih fungsional.
  • Penyimpanan eksternal. Meskipun sebagian besar penyimpanan berada di dalam komputer itu sendiri atau di media penyimpanan, terkadang perangkat diperlukan untuk menyimpan file besar yang tidak dapat dimuat dengan mudah di media penyimpanan atau untuk memungkinkan salinan cadangan semua file di dalam komputer.

Semua perangkat teknologi digital ini dapat diatur atau dikonfigurasi dengan berbagai cara, yang masing-masing disesuaikan untuk mendukung jenis strategi integrasi tertentu dalam pendidikan atau kebutuhan pembelajaran. Konfigurasi perangkat sebagai penerapan teknologi digital di sekolah meliputi:

  • Laboratorium komputer berjaringan. Sebagai sumber daya terpusat, laboratorium lebih mudah untuk dipelihara dan dijaga; perangkat lunak jaringan dapat memantau kinerja individu dalam kelompok. Namun, siswa harus meninggalkan kelas untuk menggunakannya. Ada tiga jenis laboratorium umum yang menjadi bentuk penerapan teknologi pendidikan di sekolah di antaranya adalah: Laboratorium tujuan khusus (musik, multimedia, robotika, sains, bahasa), Laboratorium penggunaan umum, dan Pusat perpustakaan / media.
  • Pengaturan komputer di ruang kelas. Ini lebih nyaman dan dapat diakses oleh guru dan siswa, tetapi guru mungkin harus menggunakan strategi untuk memperluas unit yang tersedia ketika tidak cukup bagi setiap siswa untuk memilikinya. Student-supplied handheld devices (BYOD) dan inisiatif school-supplied devices telah mencoba untuk mengatasi masalah ini. Jenis pengaturan perangkat teknologi digital di ruang kelas di antaranya adalah:
  • Stasiun kerja seluler dan lab seluler (sekumpulan perangkat)
  • Komputer atau stasiun kerja tunggal di ruang kelas
  • Student-supplied handheld devices (BYOD)
  • Perangkat yang disediakan sekolah (one‑to‑one programs)

Jenis Aplikasi Perangkat Lunak yang Digunakan di Sekolah

Sekolah melaksanakan banyak jenis kegiatan selain belajar dan pengajaran, dan sudah tersedia berbagai perangkat lunak telah dirancang untuk mendukung masing-masing kegiatan tersebut. Perangkat lunak (foftware) yang sering digunakan untuk mendukung penerapan teknologi digital di lingkungan sekolah meliputi:

  • Software Instruksional. Yaitu perangkat lunak yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan atau informasi melalui peragaan, contoh, penjelasan, atau pemecahan masalah. Contohnya adalah tutorial, program latihan soal, dan simulasi.
  • Software Produktivitas. Perangkat lunak yang dirancang untuk membantu guru dan siswa merencanakan, mengembangkan materi, berkomunikasi, dan menyimpan catatan. Ini termasuk program pengolah kata, spreadsheet, database, dan email, serta berbagai generator materi dan pengumpulan / analisis data, grafik, dan alat penelitian dan referensi.
  • Software Administratif. Perangkat yang digunakan oleh administrator di tingkat sekolah, dinas pendidikan, dan pemerintah daerah atau kementerian untuk mendukung pencatatan dan pertukaran informasi di antara berbagai lembaga. Sistem administrasi siswa dan sistem penggajian termasuk dalam software ini.

Demikianlah uraian ringkas kami tentang penerapan teknologi digital di sekolah. Semoga bermanfaat dan selamat belajar (maglearing.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan