Alasan Menggunakan Media Pembelajaran

Alasan Menggunakan Media Pembelajaran

Loading...

Alasan Menggunakan Media Pembelajaran – Bayangkan, ketika Anda ingin bercakap-cakap dengan teman di dalam suatu ruangan hampa udara. Apa yang terjadi? Tentu, Anda tidak bisa mendengar apa yang diucapkan satu sama lain, bukan? Kenapa? Karena tidak ada media yang dapat menyampaikan pesan Anda untuk sampai pada teman Anda tadi, yaitu udara. Udara, dalam hal ini berperan sebagai media alias perantara.

Pembelajaran, pada hakikatnya adalah proses komunikasi. Yaitu upaya menyampaikan pesan pembelajaran dari komunikator (guru, dosen, narasumber, penulis, de el el) kepada komunikan. Dalam komunikasi, pesan bisa sampai kepada penerimanya melalui media tertentu. Contoh, speaker dapat menyampaikan pesan kampanye kepada konstituen ketika juru kampanye melakukan orasi di depan panggung. Atau poster dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk memilih siapa calon Bupati yang paling tepat.

Beberapa Alasan Menggunakan Media Pembelajaran

Pembelajaran pun demikian, memerlukan media agar peristiwa belajar terjadi secara efektif, efisien dan menarik pada diri pemelajarnya. Berikut ini adalah beberapa peran dan alasan menggunakan media pembelajaran.

  • Sebagai Penarik perhatian; text yang diberi warna berbeda dalam slide presentasi, animasi dalam CD pembelajaran, sound effect yang menyertai persitiwa gunung meletus pada video pembelajaran, misalnya akan mampu menarik perhatian siswa.
  • Sebagai Pengingat Pengetahuan Sebelumnya; ketika guru akan menjelaskan kelanjutan bahasan tentang organ tubuh pada kodok, maka guru dapat menayangkan sekilas tentang video bedah kodok. Maka dengan sekejap siswa akan teringat dan segera tahu konteks apa yang akan ia pelajari pada hari itu.
  • Untuk Meningkatkan pemahaman; siswa akan memahami proses kerja jantung secara lebih mudah dan cepat dengan melihat animasi cara kerja jantung dari pada guru menjelaskannya secara verbal saja;
  • Untuk Meningkatkan retensi (daya ingat); siswa akan cenderung dapat mengingat lebih lama tentang peristiwa G30S/PKI katakanlah melalui penggunaan media film G30S/PKI.
  • Untuk Melibatkan Emosi; siswa akan merasakan betapa beratnya menderita HIV/AIDs melalui penayangan video tentang ODHA (orang dengan HIV/AIDs). Atau emosi siswa akan terlibat penuh ketika peristiwa hijrah nabi dilakukan melalui simulasi drama oleh siswa itu sendiri, daripada hanya membacakan cerita peristiwa hijrah tersebut dari buku.
  • Memvisualkan konsep yang abstrak menjadi lebih kongkret; peredaran elektron dalam kawat beraliran listrik bisa lebih dikongkretkan dengan animasi, katakanlah. Bagaimana proses mekarnya suatu bunga dapat divisualkan dengan menggunakan video yang diperlambat. Binatang bernama gajah yang tidak dikenal oleh masyarakat Papua Barat, dapat dijelaskan dengan menggunakan foto atau gambar atau akan lebih jelas lagi menggunakan video.

Hmmm, apa lagi ya? Mungkin masih banyak lagi,, cuma saya lupa. Namun, demikian begitulah peran dan alasan menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu, kita sebagai pendidik harus pandai-pandai memilih dan menentukan media yang tepat untuk menyampaikan pesan pembelajaran tertentu sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan karakteristik siswa kita itu sendiri.

Tidak ada satu media yang lebih baik antara satu media dengan media yang lain. Media yang terbaik adalah yang paling relevan untuk mencapai tujuan dan sesuai dengan karakteristik audiens kita. Untuk menggugah emosi dan menanamkan suatu nilai (afektif) tertentu, drama video akan lebih efektif dibandingkan dengan slide presentasi (media naratif), misalnya. Begitu pula sebaliknya, bila hanya informasi saja yang ingin disampaikan, maka akan lebih baik dengan slide presentasi, daripada capek-capek dan mahal membuat videonya.

Apalagi, kalau sistem pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran jarak jauh, maka konsekuensinya adalah dimanfaatkannya berbagai bentuk dan jenis media pembelajaran plus teknologi telekomunikasi yang relevan, di samping pola pembelajaran mandiri (independent learning system).

Demikianlah uraian sederhana kami mengenai alasan menggunakan media pembelajaran. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan