Gambar 5 Dimensi (5D)

Gambar 5 Dimensi (5D) adalah gambar tiga dimensi yang ditambahkan konten psikologis atau emosional. Gambar ini dapat menciptakan perasaan mood dan emosi pemirsanya. Peran motivasi psikologis dan emosional di balik avatar telah berkembang selama bertahun-tahun. Banyak juga yang dirancang menggunakan nilai-nilai sejarah, kepribadian, dan nilai-nilai sosial lainnya.

Kedalaman Avatar

Faktor-faktor yang ditambahkan pada kognisi avatar, pengetahuan, sejarah, nilai-nilai, dan keadaan emosi memengaruhi tindakan avatar dan menambah kekayaan pada interaksi dengan pengguna. Beberapa sistem kompleks mengintegrasikan tangkapan visual dari emosi pengguna manusia dalam interaksi mereka dengan avatar digital untuk interaksi yang kompleks dan pseudorealistik. Karena manusia merupakan makhluk sosial maka berinteraksi dengan robot merupakan sesuatu yang aneh dan membosankan. Kita secara alamiah tidak menyukai interaksi tanpa nilai dan sesuatu yang statis.  

Emosional Kelompok

Desainer bahkan dapat merancang bagaimana emosi disampaikan melalui kawanan atau kelompok karakter digital. Emosi diwakili dalam hal dimensi gairah dan valensi yang mereka diekspresikan secara visual dengan cara sederhana melalui perilaku dan penampilan individu dalam kawanan. Seringkali, karakter seperti itu dapat merasakan objek statis dan bergerak serta menyesuaikan diri secara reaktif dan proaktif. Teknologi saat ini bahkan mampu membuat kita berinteraksi langsung dengan karakter-karakter digital ini. Berikut ini adalah salah satu contoh game interaktif 3D kesukaan saya yang menurut saya sudah masuk pada kategori gambar 5D. Game ini berjudul Kinectimals, saya sering memainkan game ini di waktu yang senggang di konsol XBOX 360. Ada gerakan interaktif dan emosional ketikan kita memainkannya.

Konten dan Karakter Emosional

Konten dan karakter emosional dapat dirancang untuk membawa unsur afektif ke media pembelajaran. Beberapa pembelajaran berusaha untuk mensimulasikan stres tinggi dan risiko tinggi. Jenis media pembelajaran lain tentang mengatur (menyeting) pertemuan bisnis atau pengaturan tempat kerja dengan berbagai emosi yang dapat diekspresikan. Beberapa media pembelajaran juga bisa dibuat untuk membantu siswa membaca situasi antar budaya yang kompleks.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan menggunakan pembelajaran dengan material gambar 5D. Peluang untuk mengekplorasi bentuk interaksi manusia, pembelajaran sikap dan tindakan dapat didorong denga pembelajaran ini. Selamat mencoba…..

Loading...