Manfaat Lari Pagi Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Manfaat lari pagi untuk kesehatan memang sudah jamak. Tidak ada yang meragukan bagaimana lari pagi bisa menjaga kebugaran tubuh. Terutama jantung, lari pagi membuat jantung kita tetap prima. Lalu apa lagi manfaat lari pagi buat kesehatan? Baca sampai selesai ya..

Olahraga memang menjadi sebuah pondasi penting untuk kesehatan tubuh. Karena dengan olahraga bisa mencukupi kebutuhan asupan energi, memperkuat organ-organ dalam tubuh kita dan juga mampu memperkuat tubuh dalam menangkal berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah berolahraga lari pagi secara rutin.

Loading...

Tentunya olahraga yang satu ini akan memiliki berbagai kelebihan manfaat dibandingkan beberapa jenis olahraga lainnya. Kemudian juga lari di pagi hari akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan olahraga lari di waktu yang lainnya. Biar sobat semuanya semakin rajin untuk menjalankan olahraga yang satu ini, saya akan coba menjelaskan manfaat apa saja yang kita dapatkan dari olahraga yang satu ini.

10 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

1. Lagi Pagi Mencegah Hipertensi

Yang pertama adalah mencegah atau menangkal penyakit hipertensi. Dimana olahraga jenis kardio yang satu ini memang sangat efektif dalam hal melancarkan peredaran darah yang menyebabkan tensi seseorang menjadi lebih normal, karena tidak ada penyumbatan atau gumpalan darah yang bisa menaikkan tensi seseorang. Tentu saja untuk sobat yang memiliki tensi diatas rata-rata sangat bagus untuk melakukan olahraga ini agar lebih sehat dan sebagai antisipasi agar kondisi tidak semakin memburuk.

2. Lari Pagi Bisa Membuat Jantung Sehat

Setelah manfaat yang pertama tadi bisa melancarkan peredaran darah tentu akan berimbas pada jantung yang bisa bekerja secara maksimal. Karena jantung membutuhkan darah yang mudah untuk di pompa ke seluruh tubuh. Selain itu dengan olahraga lari pagi, asupan oksigen ke dalam tubuh lebih maksimal, penurunan kadar kolesterol dan semua itu membantu menyehatkan jantung seseorang.

3. Lari Pagi Menyehatkan Paru-Paru

Lari di pagi hari tentu saja akan mendapatkan udara yang lebih sehat dan bersih. Selain itu kandungan oksigen paling maksimal dan tinggi adalah pagi hari, sehingga lari pagi akan menyebabkan tubuh kita yang sedang berolahraga sekaligus menjadikan paru-paru kita lebih sehat.

4. Menyehatkan Pernafasan

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah menyehatkan sistem pernafasan kita. Karena udara yang kita hirup lebih bersih dan banyak oksigen tentu pernafasan kita juga lebih bagus. Selain itu lari pagi juga sudah terbukti dalam penelitian bisa digunakan untuk terapi penderita asma. Jika sobat ingin pernafasan sehat, bisa melakukan lari pagi rutin minimal 2 kali seminggu atau total waktu 1 jam dalam seminggu.

5. Lari Pagi Menguatkan Otot Dan Persendian

Tentu saja manfaat selanjutnya adalah berdampak pada otot dan sendi kita yang lebih kuat dan juga sehat. Karena pada saat lari pagi kita melatih otot dan sendi bergerak dengan baik sehingga proses penyebaran kalsium maksimal dan tulang akan terlumasi dengan maksimal. Apalagi bagi Anda yang sering bekerja keras imbangilah dengan lari pagi agar kondisi tubuh tetap kuat dan segar.

6. Lari Pagi Bisa Mencegah Rematik

Loading...

Penyakit rematik adalah sebuah gangguan persendian yang menjadi kaku dan meradang. Ternyata penyakit yang satu ini bisa kita atasi dengan melakukan lari pagi secara rutin. Ini juga termasuk manfaat lari pagi yang penting. Karena dengan olahraga ini, kita akan membuat otot dalam tubuh kita menjadi lebih rileks dan mudah untuk mengembalikannya ke posisi semula alias posisi normal.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Atau Imunitas

Yang namanya tubuh yang sehat di dalamnya pasti ada imunitas yang baik. Dan dengan olahraga yang satu ini bisa membantu meningkatkan system kekebalan tubuh secara maksimal. Dengan begitu tubuh kita akan memiliki kemampuan yang baik untuk menangkal berbagai macam penyakit.

8. Mengurangi Resiko Diabetes

Lari pagi tentu juga bisa mengurangi resiko diabetes, hal ini dikarenakan terjadinya pembakaran lemak yang maksimal. Selain itu lari pagi juga membantu menstabilkan kandungan gula darah dalam tubuh yang bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes.

9. Sumber Energi Dan Stamina

Loading...

Yang namanya energi dan stamina sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalani aktifitas seharian. Dan hal itu bisa kita dapatkan banyak dengan berolahraga lari di pagi hari. Karena pada saat lari, tubuh akan menyerap banyak oksigen, memperlancar peredaran darah, memaksimalkan metabolisme dan penggantian sel baru, dan semuanya itu akan membantu kita mendapatkan banyak energi baru.

10. Menjadikan Mood Lebih Bahagia dan Melancarkan Aktifitas

Manfaat lari pagi yang ke 10 adalah menjadikan mood kita lebih baik pada saat lari pagi. Dan itu akan berdampak pada semangat kita menjalani aktifitas seharian dan juga akan membantu kita lebih produktif sepanjang hari.

Bagi yang belum terbiasa tentu ini bukan hal yang mudah, jadi latihlah sedikit demi sedikit kebiasaan lari pagi sobat semuanya agar manfaat diatas bisa Anda dapatkan. Demikian mengenai manfaat lari pagi untuk kesehatan, semoga bermanfaat, sehat selalu dan terima kasih

Tinggalkan Balasan