Bagaimana Manusia Memenuhi Kebutuhan

Macam-Macam Kebutuhan Manusia: Bagaimana Manusia Memenuhi Kebutuhan

Loading...

Faktor-faktor yang mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Setiap orang kebutuhannya tidak sama, antara satu dengan yang lain, jenis barang yang diperlukannya juga berbeda dalam kualitas yang dipengaruhi dengan harga. Kebutuhan manusia dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Keadaan alam. Orang yang tinggal di desa akan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan orang yang tinggal di kota, misalnya : Orang yang tinggal di daerah pegunungan tidak membutuhkan AC, sedangkan orang yang tinggal di kota yang berhawa panas membutuhkan AC.
  2. Peradaban dan kebudayaan. Pada jaman dahulu orang membutuhkan gerobak, dan saat ini orang membutuhkan kendaraan untuk transportasi. Pada saat dulu orang membutuhkan kulit binatang untuk pakaian, sekarang karena kebudayaan semakin tinggi dibutuhkan kain untuk pakaian.
  3. Agama dan adat istiadat. Pada saat hari besar keagamaan orang membutuhkan telur, terigu, mentega untuk memenuhi kebutuhan penyambutan hari raya.
  4. Tingkat pendidikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.
  5. Status atau gaya hidup. Semakin tinggi gaya hidup semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, misalnya dengan barang-barang yang bermode dan bermerek.

Kelompok dan Macam Kebutuhan Manusia

Jenis kebutuhan manusia dapat di beda-bedakan menjadi beberapa golongan. Yaitu berdasarkan tingkat kepentingannya, berdasarkan waktu konsumsinya, berdasarkan sifat, serta berdasarkan subyek.

Kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingan atau intensitasnya dibagi menjadi tiga yaitu:

  1. Kebutuhan Primer. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama manusia yang pemenuhannya tidak dapat ditunda agar kehidupannya dapat berlangsung secara layak.
  2. Kebutuhan Sekunder. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang kurang mendesak dibandingkan dengan kebutuhan primer dan pemenuhannya dilakukan setelah kebutuhan primer terpenuhi.
  3. Kebutuhan Tersier. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan akan barang mewah yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Kebutuhan manusia berdasarkan waktu pemenuhan atau konsumsinya dibagi menjadi :

  1. Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya tidak dapat ditunda. Contohnya seperti orang yang sakit harus langsung diobati agar cepat sembuh, kebutuhan yang diperlukannya sekarang yaitu obat. Kebutuhan makan, karena kalau tidak makan maka kita akan kelaparan dan tidak bisa beraktivitas dengan baik.
  2. Kebutuhan di masa yang akan datang, yaitu kebutuhan yang pemenuhan kebutuhan atau konsumsinya akan dilakukan atau digunakan nanti di masa yang akan datang. contohnya seperti orang tua yang menabung untuk persiapan biaya kuliah anaknya. Juga kebutuhan rekreasi bila sudah jenuh bekerja atau nanti di saat liburan.

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan manusia dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Kebutuhan Jasmani. Kebutuhan jasmani langsung terkait dengan i[aya menjaga badan kita tetap sehat dan bugar. Bentuk kebutuhannya antara lain berupa kebutuhan akan makanan minuman, pakaian, istirahat cukup dan olahraga. Apabila kebutuhan jasmani tidak terpenuhi, kita akan menjadi lapar, lelah, bahkan sakit.
  2. Kebutuhan Rohani. Kebutuhan terkait dengan upaya memperoleh ketenangan, kenyamanan, semangat dan kegembiraan. Kebutuhan ini menyangkut pikiran dan perasaan. Bentuk kebutuhannya antara lain berupa kebutuhan untuk beribadah, mendengarkan ceramah, motivasi, rekreasi, menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, dan berteman. Apabila kebutuhan rohani tidak terpenuhi, suasana pikiran dan hati kita menjadi terganggu, seperti malas, gelisah, dan stres.

Kebutuhan manusia menurut subjeknya dibedakan menjadi kebutuhan pribadi dan kebutuhan sosial.

  1. Kebutuhan Perorangan (pribadi). Kebutuhan perorangan berasal dari orang per orang sebagai pribadi. Karena tiap orang berbeda, kebutuhan ini juga akan berbeda-beda untuk masing-masing orang. Perbedaan itu dipengaruhi oleh kondisi yang dialami masing-masing. Misalnya, meskipun sama-sama belajar SMA, tiap siswa memiliki kebutuhan yang unik yang hanya berlaku bagi siswa yang bersangkutan.
  2. Kebutuhan Kolektif (sosial). Kebutuhan kolektif berasal dari banyak orang (masyarakat), baik kelompok kecil maupun kelompok besar. Kebutuhan kolektif ini mulai dari keluarga, sekolah, perusahaan, masyarakat, sampai negara. Artinya, barang dan jasa yang ada memang untuk memenuhi kebutuhan bersama. Misalnya, layanan sampah di perumahan, toilet umum di pasar, konseling di sekolah, angkutan kota, taman kota, stasiun kereta api, jalan TOL dan puskesmas.

Demikianlah penjelasan kami tentang kebutuhan manusia dan bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya. Semoga bermanfaat salam belajar kapan saja dan dimana saja (maglearning.id).

Loading...
Pages ( 2 of 2 ): « Balik1 2

6 comments

Tinggalkan Balasan