Cara Merekam Layar Windows 10 Tanpa Aplikasi

Cara Merekam Layar Windows 10 Tanpa Aplikasi

Loading...

Cara Merekam Layar Windows 10 Tanpa Aplikasi – Ternyata merekam layar Windows saat ini sangat mudah lho. Bahkan bisa tanpa aplikasi sama sekali. Tapi syaratnya Anda harus menggunakan Windows 10.

Bila Anda penasaran dan ingin segera mempraktikkannya, maka artikel ini akan memandu Anda. Artikel ini membahas cara merekam layar laptop Windows 10 dengan dua cara, yaitu tanpa aplikasi dan dengan menggunakan aplikasi, yang mana banyak sekali dicari oleh orang.

Memang pada kenyataannya, merekam layar Windows ini sangat dibutuhkan untuk berbagai situasi. Fungsinya yang beragam mulai dari untuk bukti fisik, dokumentasi, atau untuk mencatat tanpa perlu menulisnya.

Apalagi saat ini semakin marak para guru atau dosen yang melakukan pembelajaran online. Di mana sering diminta bukti rekaman pembelajaran sebagai laporan kinerja mereka.

Juga untuk kepentingan membagikan beragam tutorial maupun materi pembelajaran melalui Youtube. Perekam layar monitor Windows ini sangat mudah digunakan. Yang jelas tidak pakai install aplikasi lagi juga pasti tidak perlu bayar lagi untuk beli aplikasi perekam layar monitor tambahan.

Anda bisa merekam layar laptop atau PC Anda dengan atau tanpa aplikasi di Windows 10 Anda. Semuanya bisa Anda pilih tergantung yang mana bagi Anda lebih efektif dan efisien, karena aplikasi atau tanpa aplikasi pasti ada kelemahan dan kelebihannya.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi

Kebutuhan merekam layar pada PC Anda memang tidak dapat dihindari. Kabar baiknya, merekam layar pada PC Anda terutama di laptop Windows 10 bukanlah hal yang sulit. Baik menggunakan atau tanpa menggunakan aplikasi, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Yang pertama adalah merekam layar Windows tanpa menggunakan aplikasi, caranya adalah sebagai berikut:

merekam layar windows tanpa aplikasi
  • Yang pertama adalah memilih jendela aplikasi mana yang akan Anda rekam. Misalnya MS Word atau PowerPoint. Karena tidak seluruh tampilan layar yang terekam, melainkan aplikasi yang terbuka saja.
  • Setelah itu Anda bisa menekan tombol Windows + G secara bersamaan, maka seketika akan muncul menu-menu seperti gambar utama di atas artikel ini.
  • Bila tidak langsung muncul, maka Anda akan menemukan tulisan “Apakah Anda ingin membuka game bar?” yang mungkin bisa saja berbentuk bahasa Inggris sesuai dengan bahasa yang Anda gunakan di PC Anda kemudian Anda bisa memilih “yaa” atau “yes”.
  • Kemudian game bar Anda akan terbuka dan Anda akan disediakan pilihan apakah ingin melakukan recording video atau untuk screenshot layar saja.
  • Pada gambar di atas, yang ada tanda merahnya adalah yang untuk merekam videonya, sedangkan icon gambar kamera adalah untuk screenshot-nya.
  • Untuk memudahkan pekerjaan Anda, Anda bisa melakukan tombol pintas yakni Win + ALT + R yang bisa Anda gunakan untuk merekam. Sedangkan untuk screenshot layar, Anda bisa menggunakan tombol pintas yakni Win + ALT + Prntscr
  • Bagaimana untuk menyetop? Anda bisa menggunakan tombol pintas yakni Win + ALT + R atau cukup tekan sekali lagi tombol recordnya.

Nah, itu tadi cara merekam layar Windows 10 tanpa aplikasi apa pun. Sedangkan jika menggunakan aplikasi, Anda bisa mengikuti instruksi yang ada pada aplikasi masing-masing. Hal ini dikarenakan setiap aplikasi untuk merekam bisa memiliki cara yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah salah satu contoh merekam layar Windows dengan menggunakan aplikasi.

Aplikasi Perekam Layar Laptop dan Cara Menggunakannya

Sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar di Windows 10 Anda. Ada banyak sekali aplikasi yang  bisa Anda gunakan, dan salah satu aplikasi terbaik yang disarankan untuk Anda adalah aplikasi VLC.

Merekam layar windows gratis menggunakan VLC

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah petunjuk singkatnya:

  1. Langkah pertama tentunya Anda harus mengunduh dan membuka aplikasi bernama VLC Media Player ini.
  2. Aplikasi ini tersedia secara gratis tanpa registrasi, silakan unduh DI SINI.
  3. Kemudian, Anda akan menemukan tab “Capture device” di layar Anda setelah membuka VLC app tersebut
  4. Kemudian, pilihlah “desktop” yang akan Anda temukan pada bagian “capture mode”
  5. Jangan lupa untuk mengisi “desire frame rate for the capture” dengan memasukkan angka 15 fps atau 30 fps tergantung selera Anda untuk setting dalam merekam layar Anda dengan kualitas terbaik
  6. Kemudian, pilih simbol segitiga terbalik yang terdapat di sebelah “play” di bagian bawah
  7. Langkah selanjutnya adalah pilih ‘browse’
  8. Anda bisa memilih “start” kemudian untuk memulai perekaman yang Anda inginkan
  9. Untuk berhenti, Anda bisa kembali pada VLC dan mengeklik “stop recording”

Itulah cara merekam layar laptop Windows 10 tanpa aplikasi dan dengan aplikasi. Dengan begini, urusan merekam layar bukanlah hal yang perlu dibingungkan lagi pada PC Anda terutama Windows 10. Terkait menggunakan aplikasi ataupun tidak menggunakan aplikasi, semuanya terserah dengan Anda sesuai dengan pertimbangan masing-masing.

Semoga bermanfaat! Salam sehat selalu dan jangan lupa belajar harus dengan cara yang menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan