Cara Mendapatkan Database Pelanggan

Cara Mendapatkan Database Pelanggan, Ampuh dan Gratis !

Loading...

Cara Mendapatkan Database Pelanggan, Ampuh dan Gratis – Pelanggan adalah aset terbesar dalam bisnis. Semakin loyal pelanggan dan semakin banyak jumlah pelanggan maka akan semakin baik untuk profitabilitas dan masa depan bisnis. Database konsumen sangat berperan dominan, bahkan merupakan kebutuhan pertama sebelum pengelolaan pelanggan dilakukan. Dengan database ini kita bisa melakukan beberapa hal, terutama untuk memaksimalkan penjualan, juga sebagai salah satu cara mengurangi jarak antara penjual dan pembeli.

Untuk mengurangi jarak antara penjual dan pembeli, kita bisa memberi informasi-informasi terkini seputar produk yang dijual. Fasilitas yang bisa digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah email. Potensi nilai konversi yang bisa didapatkan dari email pun dapat dikatakan besar. Lalu bagaimana cara mendapatkan database dari pelanggan, berikut beberapa caranya:

1. Melakukan Survei Pelanggan

Dalam mendapatkan database pelanggan dengan survei, kita harus menentukan beberapa hal, seperti :

  1. Teknisnya dalam melakukan survei.
  2. Target survei.
  3. Format survei.

Teknik survei harus ditentukan agar para surveyor tidak asal jalan saja atau mendata dengan sembarangan. Saat melakukan survei, kita bisa melakukan dengan dua cara yang dibedakan dari sumber daya manusianya. Pertama, Anda bisa menggunakan tenaga outsource surveyor atau kedua, Anda bisa langsung menurunkan tim sales untuk melakukan survei.

Ada kekurangan dan kelebihan masing-masing pilihan, hal ini tergantung pada besar budget, tujuan dari survey, dan data yang dibutuhkan.

Survey juga bisa tanpa biaya alias gratis. Caranya adalah dengan melakukan wawancara di toko, pengisian kuisioner, atau bisa survey secara online.

2. Program Membership

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh minimarket dan supermarket untuk membangun database pelanggan. Dari program tersebut, Kita bisa mengetahui data pembelian per bulan, produk favorit, data pribadi, dan kontak pelanggan. Strategi ini akan berhasil bila didukung dengan benefit yang menarik bagi pelanggan.

Potongan harga adalah benefit yang paling banyak ditemui dari program membership. Anda bisa menawarkan langsung kepada pelanggan yang sudah melakukan pembelian berulang maupun pelanggan yang baru sekali melakukan pembelian.

Cara mendapatkan database pelanggan melalui membership adalah cara yang aling soft dan biasanya tidak mengganggu pelanggan atau bahkan pelanggan tidak menyadari bahwa mereka sedang didata.

3. Melakukan Pameran

Pameran adalah tempat yang berpotensi untuk mendapatkan data calon pelanggan. Anda bisa meminta pengunjung pameran untuk mengisi buku tamu. Agar pengunjung mau mengisi buku tamu, Anda harus memberikan hadiah yang menarik.  Anda juga bisa melakukan undian berhadiah kepada pengunjung yang memasukkan kupon berisi biodata ke kotak pengundian.

4. Menawarkan Newsletter atau Ebook

Biasanya newsletter berisi tentang update info dari website tersebut, baik info produk maupun info artikel terbaru. Ebook berisi tentang strategi bisnis atau konten pembelajaran lainnya yang bermanfaat. Semakin bermanfaat newsletter dan ebook, semakin banyak orang yang tertarik.  Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan perangkat email subscription  pada website Anda.

Cara ini sering dipakai oleh para praktisi karena minim biaya. Cukup menyediakan perangkat subscription atau ebook yang akan diberikan, bahkan ebook ini juga tidak perlu yang full version.

5. Menjaring data Melalui Sosial Media

Sosial media sekarang merupakan media yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Bagaimana mendapatkan database dari media sosial? Pada awalnya harus membangun interaksi yang baik dahulu, membagikan berbagai hal yang bermanfaat dan membangun ikatan dengan fans/followers Anda di media sosial.

Setelah semua itu terlaksana, maka Anda baru bisa mendapatkan database pelanggan dari sosial media dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat tapi dengan syarat memberikan database untuk pengiriman file tersebut. Sistemnya mirip dengan email subscription.

Demikianlah cara mendapatkan dan membangun database pelanggan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan