MAKALAH REVIEW JURNAL: ARTIKEL 2
Identitas Artikel
Judul : Evaluation of Instructional Technologies in Cyberspace Economics Teaching: Does Hyperlink Really Matter?
Penulis : Chien-Ping Chen & Yuh-Jia Chen
Artikel ini ditulis oleh Chien-Ping Chen & Yuh-Jia Chen. Chien-Ping Chen merupakan seorang profesor ekonmi di School of Business Administration, University of Houston-Victoria, 14000 University Blvd, Sugar Land, TX 77479, USA. Sedangkan Yuh-Jia Chen adalah profesor di Rinker School of Business, Palm Beach Atlantic University, 901 S. Flagler Dr., West Palm Beach, FL 33401, USA
Riwayat Pendidikan Chien-Ping Chen:
- Ph.D., University of Houston, Economics, 1999
- MA, University of Houston, Economics, 1994
Jurnal : Atlantic Economic Journal
Artikel ini diterbitkan di Atlantic Economic Journal pada edisi 39, 2011 yang bisa diakses melalui laman web dengan alamat url: http://link.springer. com/journal/11293 . Jurnal ini sudah terindeks di Scimago Journal dengan H-Index 16.
Isi Artikel
Secara singkat isi dari artikel ini adalah sebagai berikut :
Masalah Penelitian | Tidak adanya perbedaan yang signifikan pada performa hasil belajar siswa antara pembelajaran tradisional dan pembelajaran online, pada seharusnya dengan pembelajaran online hasilnya bisa lebih baik karena menawarkan banyak kelebihan dibanding dengan pembelajaran tradisional |
Tujuan Penelitian | Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak penggunaan pembelajaran online yang terdiri dari simulasi dan referensi yang disertai hyperlink pada hasil belajar siswa |
Metode Pengumpulan data | Data dikumpulkan dari mahasiswa School of Business Administration di the University of Houston-Victoria (UHV) Amerika selama tahun 2009. Data dikumpulkan dengan cara pemberian kuisioner pada mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah dengan variabel yang telah terekam di sistem WebCT tracking universitas. Variabel yang diukur meliputi : Skor total akhir semester, nilai tengah semester, ujian akhir semester, penilaian diskusi, penilaian makalah, penilaian pekerjaan rumah. |
Metode Penelitian | Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif |
Obyek Penelitian | Mahasiswa ekonomi School of Business Administration di the University of Houston-Victoria (UHV) |
Waktu dan Tempat Penelitian | University of Houston-Victoria (UHV) pada tahun 2009 |
Metode Analisis Data | Metode analisis data yang digunakan untuk membandingkan hasil pembelajaran adalah menggunakan uji beda rata-rata sederhana dan analisis regresi berganda |
Hasil Analisis | Simulasi dan materi hyperlink dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun dari hasil penelusuran data tidak semua mahasiswa memanfaatkan hyperlink |
Simpulan | Pembelajaran online dapat meningkatkan hasil belajar siswa, tentunya dengan berbagai persyaratan dan asumsi yang harus dipenuhi |
Komentar Artikel
Keterbatasan dari penelitian ini adalah ukuran sampel yang kecil dan terbatas pada demografi tertentu. Konsekuensi dari keterbatasan-keterbatasan tersebut adalah generalisasi hasil penelitian menjadi kurang kuat. Selain itu masih diperlukan perbandingan-perbandingan lagi yang lebih seimbang antar sampel atau obyek yang menjadi observasi penelitian. Kajian ini mungkin cocok untuk diterapkan di Indonesia karena karakteristik siswa Indonesia yang cenderung pasif sehingga akan memberikan pengalaman baru bagi sebagian besar siswa untuk mengeksplorasi lebih luas tentang hal-hal yang terkait dengan pembelajaran yang sedang dilakukan. Tentunya dengan syarat sudah dikembangkan aplikasi yang dimaksud dengan berbagai modifikasi yang disesuaikan dengan karakteristik siswa.
MAKALAH REVIEW JURNAL: ARTIKEL 3
Identitas Artikel
Judul : A Simple Economic Teaching Experiment on the Hold-Up Problem
Penulis : Dieter Balkenborg, Todd Kaplan, dan Timothy Miller
Artikel ini ditulis oleh Dieter Balkenborg, Todd Kaplan, dan Timothy Miller. Dieter Balkenborg adalah seorang profesor ekonomi di University of Exeter Business School, United Kingdom.
Daftar Publikasi Jurnal :
- Balkenborg D, Nagel R (2016). An Experiment on Forward vs. Backward Induction: How Fairness and Level k Reasoning Matter. German Economic Review, 17(3), 378-408. Full text.
- Balkenborg D, Vermeulen D (2016). Where strategic and evolutionary stability depart – a study of minimal diversity games. Mathematics of Operations Research, 41(1), 278-292. Abstract. Full text.
- Balkenborg D, Makris M (2015). An undominated mechanism for a class of informed principal problems with common values. Journal of Economic Theory, 157, 918-958. Abstract. Full text.
- Balkenborg D, Hofbauer J, Kuzmics C (2015). The refined best-response correspondence in normal form games. International Journal of Game Theory, 44(1), 165-193. Abstract. Full text.
- Balkenborg D, Vermeulen D (2014). Universality of Nash components. Games and Economic Behavior, 86, 67-76. Abstract. Full text.
- Balkenborg D, Hofbauer J, Kuzmics C (2013). Refined best reply correspondence and dynamics. Theoretical Economics, 8, 165-192. Abstract. Full text.
- Balkenborg D, Kaplan T, Miller T (2012). A Simple Economic Teaching Experiment on the Hold-Up Problem. The Journal of Economic Education, 43(4), 377-385. Abstract.
- Ishizaka A, Balkenborg D, Kaplan T (2011). Does AHP help us make a choice? an experimental evaluation. Journal of the Operational Research Society, 62(10), 1801-1812. Abstract. Full text.
- Balkenborg D, Ishizaka A, Kaplan T (2011). Influence of aggregation and measurement scale on ranking a compromise alternative in AHP. JORS (Journal of the Operations Research Society), 62(4), 700-710. Abstract. Full text.
- Balkenborg D, Kaplan T, Miller T (2011). Teaching bank runs with classroom experiments. Journal of Economic Education, 42(3), 224-242. Abstract.
- Balkenborg D, Kaplan T (2010). Using Economic Classroom Experiments. International Review of Economics Education, 9(2), 99-106. Abstract. Full text.
- Balkenborg D, Schlag KH (2007). On the evolutionary selection of sets of Nash equilibria. Journal of Economic Theory, 133(1), 295-315. Full text.
- Balkenborg D, Schlag KH (2001). Evolutionarily Stable Sets. International Journal of Game Theory, 29(4), 571-595.
- Balkenborg D (2001). How Liable Should a Lender be? the Case of Judgment Proof Firms and Environmental Risk. American Economic Review, 91(3), 731-738.
- Balkenborg D, Jansen M, Vermeulen D (2001). Invariance Properties of Persistent Equilibria and Related Concepts. Mathematical Social Sciences, 41(1), 111-130.
- Balkenborg D, Winter E (1997). A necessary and sufficient epistemic condition for playing backward induction. Journal of Mathematical Economics, 27(3), 325-345. Abstract.
- Rosenmüller J, Balkenborg D, Lorenz H, Piggott J, Gieseck A, Gächter S, Börsch-Supan A, Jenkins S, Tichy G, Laski K, et al (1993). Book reviews. Journal of Economics Zeitschrift für Nationalökonomie, 58(3), 307-337.
- Balkenborg D (1993). Game Equilibrium-Models Vol 3. Strategic Bargaining. Journal of Economics, 58(3), 309-312.
- Balkenborg D (1991). Unique solutions to strategic games – equilibrium selection based on resistance avoidance. Journal of Economics, 53(2), 216-219.
Riwayat Pendidikan :
- Doktor rer. pol. (equivalent to PhD in Economics) (Bonn)
- MSc in Quantitative Economics and Econometrics (LSE)
- Diplom Mathematik (equivalent to Master of Research in Mathematics) (Bonn)
Jurnal : The Journal of Economic Education
Artikel ini diterbitkan di The Journal of Economic Education pada edisi Vol. 43, Iss. 4, 2012 yang bisa diakses melalui laman web dengan alamat url: http://www.tandfonline.com/toc/vece20/current.
Abstrak Jurnal ini sudah terindeks di :
• De Gruyter Saur
• EBSCO Host
• Elsevier BV
• ERIC (Education Resources Information Center)
• Gale
• Taylor & Francis
• ProQuest
• Taylor & Francis
• Thomson Reuters
Thomson Reuters Impact Factor
0,785
Isi Artikel
Secara singkat isi dari artikel ini adalah sebagai berikut :
Masalah Penelitian | Sering kali masalah “hold up problem” pada teori game tidak dipahami secara riil oleh mahasiswa |
Tujuan Penelitian | Penelitian bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran “hold up problem” pada pembelajaran ekonomi secara sederhana |
Metode Pengumpulan data | Pengumpulan data dilakukan ketika dan setelah eksperimen dilakukan dari siswa sebagai obyek penelitian |
Metode Penelitian | Penelitian ini adalah penelitian eksperimen |
Obyek Penelitian | Penelitian ini dilakukan pada 6 kelas program sarjana di Universitas Haifa dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 300 siswa |
Waktu dan Tempat Penelitian | Penelitian ini dilakukan pada tahun 2007 selama 4 tahun di program sarjana di Universitas Haifa |
Metode Analisis Data | Metode analisis yang digunakan dengan melakukan pengamatan yang dimulai dari pendaftaran siswa melalui sistem berbasis web, kemudian sesi diskusi dan sesi game. |
Hasil Analisis | Setelah dilakukan eksperimen dengan struktur sederhana namun mencerminkan keadaan dan masalah yang sebenarnya terjadi di lapangan |
Simpulan | Dari eksperimen ini diketahui sangat membantu siswa dalam memahami konsep tentang Organisasi Industrial |
Komentar Artikel
Eksperimen ini masih menggunakan masalah yang sangat simpel dengan informasi yang dibuat sempurna sehingga variasi sebenarnya masih terbuka. Selain itu masih dapat dikombinasikan dengan beberapa game atau sekuensi yang lain. Sebaiknya eksperimen dikembangkan dengan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan situasi dan alternatif yang sering terjadi. Dengan demikian pengalaman belajar menjadi lebih realistis dan membuka peluang pengalaman yang beragam dan simpulan yang bervariasi. Perlu juga dilakukan eksperimen pada obyek penelitian yang mempunyai karakteristik dan latar belakang yang berbeda untuk memperkaya temuan.
Halaman Selanjutnya….. ( Makalah Review Jurnal )
2 comments