MAKALAH REVIEW ARTIKEL JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI

MAKALAH REVIEW ARTIKEL JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI

MAKALAH REVIEW JURNAL: ARTIKEL 2

Identitas Artikel

Judul       : Evaluation of Instructional Technologies in Cyberspace Economics Teaching: Does Hyperlink Really Matter?

Penulis     : Chien-Ping Chen & Yuh-Jia Chen

Artikel ini ditulis oleh Chien-Ping Chen & Yuh-Jia Chen. Chien-Ping Chen merupakan seorang profesor ekonmi di School of Business Administration, University of Houston-Victoria, 14000 University Blvd, Sugar Land, TX 77479, USA. Sedangkan Yuh-Jia Chen adalah profesor di Rinker School of Business, Palm Beach Atlantic University, 901 S. Flagler Dr., West Palm Beach, FL 33401, USA

Riwayat Pendidikan Chien-Ping Chen:

  • Ph.D., University of Houston, Economics, 1999
  • MA, University of Houston, Economics, 1994

Jurnal      : Atlantic Economic Journal

Artikel ini diterbitkan di Atlantic Economic Journal pada edisi 39, 2011 yang bisa diakses melalui laman web dengan alamat url: http://link.springer. com/journal/11293 . Jurnal ini sudah terindeks di Scimago Journal dengan H-Index 16.

Isi Artikel

Secara singkat isi dari artikel ini adalah sebagai berikut :

Masalah PenelitianTidak adanya perbedaan yang signifikan pada performa hasil belajar siswa antara pembelajaran tradisional dan pembelajaran online, pada seharusnya dengan pembelajaran online hasilnya bisa lebih baik karena menawarkan banyak kelebihan dibanding dengan pembelajaran tradisional
Tujuan PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak penggunaan pembelajaran online yang terdiri dari simulasi dan referensi yang disertai hyperlink pada hasil belajar siswa
Metode Pengumpulan dataData dikumpulkan dari mahasiswa School of Business Administration di the University of Houston-Victoria (UHV) Amerika selama tahun 2009. Data dikumpulkan dengan cara pemberian kuisioner pada mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah dengan variabel yang telah terekam di sistem WebCT tracking universitas. Variabel yang diukur meliputi : Skor total akhir semester, nilai tengah semester, ujian akhir semester, penilaian diskusi, penilaian makalah, penilaian pekerjaan rumah.
Metode PenelitianMetode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif
Obyek PenelitianMahasiswa ekonomi School of Business Administration di the University of Houston-Victoria (UHV)
Waktu dan Tempat PenelitianUniversity of Houston-Victoria (UHV) pada tahun 2009
Metode Analisis DataMetode analisis data  yang digunakan untuk membandingkan hasil pembelajaran adalah menggunakan uji beda rata-rata sederhana dan analisis regresi berganda
Hasil AnalisisSimulasi dan materi hyperlink dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun dari hasil penelusuran data tidak semua mahasiswa memanfaatkan hyperlink
SimpulanPembelajaran online dapat meningkatkan hasil belajar siswa, tentunya dengan berbagai persyaratan dan asumsi yang harus dipenuhi

Komentar Artikel

Keterbatasan dari penelitian ini adalah ukuran sampel yang kecil dan terbatas pada demografi tertentu. Konsekuensi dari keterbatasan-keterbatasan tersebut adalah generalisasi hasil penelitian menjadi kurang kuat. Selain itu masih diperlukan perbandingan-perbandingan lagi yang lebih seimbang antar sampel atau obyek yang menjadi observasi penelitian. Kajian ini mungkin cocok untuk diterapkan di Indonesia karena karakteristik siswa Indonesia yang cenderung pasif sehingga akan memberikan pengalaman baru bagi sebagian besar siswa untuk mengeksplorasi lebih luas tentang hal-hal yang terkait dengan pembelajaran yang sedang dilakukan. Tentunya dengan syarat sudah dikembangkan aplikasi yang dimaksud dengan berbagai modifikasi yang disesuaikan dengan karakteristik siswa.

MAKALAH REVIEW JURNAL: ARTIKEL 3

Identitas Artikel

Judul       : A Simple Economic Teaching Experiment on the Hold-Up Problem

Penulis     : Dieter Balkenborg, Todd Kaplan, dan Timothy Miller

Artikel ini ditulis oleh Dieter Balkenborg, Todd Kaplan, dan Timothy Miller. Dieter Balkenborg adalah seorang profesor ekonomi di University of Exeter Business School, United Kingdom.

Daftar Publikasi Jurnal :

  • Balkenborg D, Nagel R (2016). An Experiment on Forward vs. Backward Induction: How Fairness and Level k Reasoning Matter. German Economic Review, 17(3), 378-408. Full text.
  • Balkenborg D, Vermeulen D (2016). Where strategic and evolutionary stability depart – a study of minimal diversity games. Mathematics of Operations Research, 41(1), 278-292. Abstract.  Full text.
  • Balkenborg D, Makris M (2015). An undominated mechanism for a class of informed principal problems with common values. Journal of Economic Theory, 157, 918-958. Abstract.  Full text.
  • Balkenborg D, Hofbauer J, Kuzmics C (2015). The refined best-response correspondence in normal form games. International Journal of Game Theory, 44(1), 165-193. Abstract.  Full text.
  • Balkenborg D, Vermeulen D (2014). Universality of Nash components. Games and Economic Behavior, 86, 67-76. Abstract.  Full text.
  • Balkenborg D, Hofbauer J, Kuzmics C (2013). Refined best reply correspondence and dynamics. Theoretical Economics, 8, 165-192. Abstract.  Full text.
  • Balkenborg D, Kaplan T, Miller T (2012). A Simple Economic Teaching Experiment on the Hold-Up Problem. The Journal of Economic Education, 43(4), 377-385. Abstract.
  • Ishizaka A, Balkenborg D, Kaplan T (2011). Does AHP help us make a choice? an experimental evaluation. Journal of the Operational Research Society, 62(10), 1801-1812. Abstract.  Full text.
  • Balkenborg D, Ishizaka A, Kaplan T (2011). Influence of aggregation and measurement scale on ranking a compromise alternative in AHP. JORS (Journal of the Operations Research Society), 62(4), 700-710. Abstract.  Full text.
  • Balkenborg D, Kaplan T, Miller T (2011). Teaching bank runs with classroom experiments. Journal of Economic Education, 42(3), 224-242. Abstract.
  • Balkenborg D, Kaplan T (2010). Using Economic Classroom Experiments. International Review of Economics Education, 9(2), 99-106. Abstract.  Full text.
  • Balkenborg D, Schlag KH (2007). On the evolutionary selection of sets of Nash equilibria. Journal of Economic Theory, 133(1), 295-315. Full text.
  • Balkenborg D, Schlag KH (2001). Evolutionarily Stable Sets. International Journal of Game Theory, 29(4), 571-595.
  • Balkenborg D (2001). How Liable Should a Lender be? the Case of Judgment Proof Firms and Environmental Risk. American Economic Review, 91(3), 731-738.
  • Balkenborg D, Jansen M, Vermeulen D (2001). Invariance Properties of Persistent Equilibria and Related Concepts. Mathematical Social Sciences, 41(1), 111-130.
  • Balkenborg D, Winter E (1997). A necessary and sufficient epistemic condition for playing backward induction. Journal of Mathematical Economics, 27(3), 325-345. Abstract.
  • Rosenmüller J, Balkenborg D, Lorenz H, Piggott J, Gieseck A, Gächter S, Börsch-Supan A, Jenkins S, Tichy G, Laski K, et al (1993). Book reviews. Journal of Economics Zeitschrift für Nationalökonomie, 58(3), 307-337.
  • Balkenborg D (1993). Game Equilibrium-Models Vol 3. Strategic Bargaining. Journal of Economics, 58(3), 309-312.
  • Balkenborg D (1991). Unique solutions to strategic games – equilibrium selection based on resistance avoidance. Journal of Economics, 53(2), 216-219.

Riwayat Pendidikan :

  • Doktor rer. pol. (equivalent to PhD in Economics) (Bonn)
  • MSc in Quantitative Economics and Econometrics (LSE)
  • Diplom Mathematik (equivalent to Master of Research in Mathematics) (Bonn)

Jurnal      : The Journal of Economic Education

Artikel ini diterbitkan di The Journal of Economic Education  pada edisi Vol. 43, Iss. 4, 2012 yang bisa diakses melalui laman web dengan alamat url: http://www.tandfonline.com/toc/vece20/current.

Abstrak Jurnal ini sudah terindeks di :

• De Gruyter Saur
• EBSCO Host
• Elsevier BV
• ERIC (Education Resources Information Center)
• Gale
• Taylor & Francis
• ProQuest

• Taylor & Francis

• Thomson Reuters


Thomson Reuters Impact Factor
0,785

Isi Artikel

Secara singkat isi dari artikel ini adalah sebagai berikut :

Masalah PenelitianSering kali masalah “hold up problem” pada teori game tidak dipahami secara riil oleh mahasiswa
Tujuan PenelitianPenelitian bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran “hold up problem” pada pembelajaran ekonomi secara sederhana
Metode Pengumpulan dataPengumpulan data dilakukan ketika dan setelah eksperimen dilakukan dari siswa sebagai obyek penelitian
Metode PenelitianPenelitian ini adalah penelitian eksperimen
Obyek PenelitianPenelitian ini dilakukan pada 6 kelas program sarjana di Universitas Haifa dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 300 siswa
Waktu dan Tempat PenelitianPenelitian ini dilakukan pada tahun 2007 selama 4 tahun di program sarjana di Universitas Haifa
Metode Analisis DataMetode analisis yang digunakan dengan melakukan pengamatan yang dimulai dari pendaftaran siswa melalui sistem berbasis web, kemudian sesi diskusi dan sesi game.
Hasil AnalisisSetelah dilakukan eksperimen dengan struktur sederhana namun mencerminkan keadaan dan masalah yang sebenarnya terjadi di lapangan
SimpulanDari eksperimen ini diketahui sangat membantu siswa dalam memahami konsep tentang Organisasi Industrial

  

Komentar Artikel

Eksperimen ini masih menggunakan masalah yang sangat simpel dengan informasi yang dibuat sempurna sehingga variasi sebenarnya masih terbuka. Selain itu masih dapat dikombinasikan dengan beberapa game atau sekuensi yang lain. Sebaiknya eksperimen dikembangkan dengan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan situasi dan alternatif yang sering terjadi. Dengan demikian pengalaman belajar menjadi lebih realistis dan membuka peluang pengalaman yang beragam dan simpulan yang bervariasi. Perlu juga dilakukan eksperimen pada obyek penelitian yang mempunyai karakteristik dan latar belakang yang berbeda untuk memperkaya temuan.

Halaman Selanjutnya….. ( Makalah Review Jurnal )

Loading...

Pages ( 2 of 3 ): « Balik1 2 3Lanjut »