MAKALAH REVIEW ARTIKEL JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI

MAKALAH REVIEW ARTIKEL JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI

MAKALAH REVIEW JURNAL: ARTIKEL 4

Identitas Artikel

Judul       : Tableau´ Economique: Teaching Economics with a Tablet Computer

Penulis     : Robert H. Scott III

Artikel ini ditulis oleh Robert H. Scott III yang merupakan seorang profesor ekonomi dan keuangan di Departemen Ekonomi, Keuangan, dan Real Estate. Dia mengajar Statistik Bisnis; Uang, kredit, dan Lembaga Keuangan; Makroekonomi dan Analisis Keuangan menggunakan Bloomberg. Dia telah menerbitkan artikel di Jurnal ilmiah tentang Masalah Ekonomi, Ulasan Sosial Ekonomi, Tantangan, Jurnal Keluarga dan Isu Ekonomi, Focus, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Jurnal Pendidikan Keuangan, dan lain-lain. Minat penelitiannya termasuk kartu kredit, utang konsumen, literasi finansial, pembiayaan usaha kecil dan Kenneth Boulding. Dia adalah penulis Kenneth Boulding: Suara Menangis di Wilderness (2015) diterbitkan oleh Palgrave Macmillan.

Daftar Publikasi Jurnal :

  • Don’t Cry for Argentina—It Is Not 2001 Again, Challenge, Vol. 57(6), 2014 (with Kenneth Mitchell).
  • Children Need Paid Parental Leave Most, Challenge, Vol. 57(5), 2014 (with Steven Pressman): 65-80.
  • Debt-Poor Kids, Journal of Poverty, Vol. 17(3), Fall 2013 (with Steven Pressman): 356-373.
  • Household Debt and Income Distribution, Journal of Economic Issues, Vol. 47(2), June 2013 (with Steven Pressman): 323-331.
  • A Double Squeeze on the Middle Class, Journal of Economic Issues, Vol. 45(2), June 2011 (with Steven Pressman): 333-342.
  • Tableau Économique: Teaching Economics with a Tablet Computer, Journal of Economic Education, Vol. 42(2), June 2011: 175-180.
  • Bloomberg 101, Journal of Financial Education, Vol. 36(1/2), Spring/Summer 2010: 80-88.
  • Consumer Debt and Poverty Measurement, Focus, Vol. 27(1), Summer 2010 (with Steven Pressman): 9-12.
  • Credit Card Ownership Among American High School Seniors: 1997-2008, Journal of Family and Economic Issues, Vol. 31(2), June 2010: 151-160.
  • Climate Change in Spaceship Earth: An Integral Ecological Economics Perspective, Journal of Integral Theory and Practice, Vol. 4(4), December 2009: 89-102.
  • Consumer Debt and the Measurement of Poverty and Inequality in the U.S., Review of Social Economy, Vol. 67(2), June 2009 (lead article with Steven Pressman): 128-146.
  • Who are the Debt Poor?, Journal of Economics Issues, Vol. 43(2), June 2009 (with Steven Pressman): 423-432.
  • The Bankruptcy Abuse Prevention and Consumer Protection Act of 2005: How the Credit Card Industry’s Perseverance Paid Off, Journal of Economics Issues, Vol. 41(4), December 2007: 943-960.
  • Fill ‘er Up: A Study of Statewide Self-Service Gasoline Station Bans, Challenge, Vol. 50(5), 2007: 103-114.
  • Three Million Americans Are Debt Poor, Dollars and Sense, Number 271, July/August 2007 (with Steven Pressman):10-11, 13.
  • Credit Card Use and Abuse: A Veblenian Analysis, Journal of Economic Issues, Vol. 41(2), June 2007: 567-574.
  • Optimum Initial Billing Period, Journal of Applied Business and Economics, Vol. 7(1), March 2007 (with Donald Smith): 51-55.

Jurnal      : The Journal of Economic Education

Artikel ini diterbitkan di The Journal of Economic Education pada edisi Vol. 42, Iss. 2, 2011 yang bisa diakses melalui laman web dengan alamat url: —- .

Abstrak Jurnal ini sudah terindeks di :

• De Gruyter Saur
• EBSCO Host
• Elsevier BV
• ERIC (Education Resources Information Center)
• Gale
• Taylor & Francis
• ProQuest

• Taylor & Francis

• Thomson Reuters

  • Thomson Reuters Impact Factor
    0,785

Isi Artikel

Secara singkat isi dari artikel ini adalah sebagai berikut :

Masalah PenelitianPembelajaran ekonomi yang masih banyak menggunakan metode chalk & talk
Tujuan PenelitianUntuk menguraikan kelebihan pembelajaran ekonomi menggunakan komputer tablet
Metode Pengumpulan dataMetode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan referensi yang terkait dengan pembelajaran tablet
Metode PenelitianMetode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan eksplorasi referensi yang terkait dengan pembelajaran menggunakan komputer tablet
Obyek PenelitianYang menjadi obyek penelitian adalah artikel tentang pembelajaran ekonomi tablet
Waktu dan Tempat Penelitian– informasi tidak tersedia diindikasikan dilaksanakan sekitar tahun 2010
Metode Analisis DataMetode yang digunakan adalah kajian literatur
Hasil AnalisisPembelajaran menggunakan tablet memungkinkan siswa melakukan pembelajaran interaktif, lebih dari sekedar simulasi karena setiap siswa dapat dengan mudah mengeksplorasi idenya masing-masing, serta lebih fleksibel
SimpulanPembelajaran tablet memungkinkan pengajaran yang bersifat dinamis dan berlangsung dua arah

 

Komentar Artikel

Dalam artikel ini belum diuraikan secara rinci tentang bagaimana penggunaan tablet dalam pembelajaran yang dilakukan, serta belum ada perbandingan – perbandingan dengan kelas-kelas lain. Belum juga memperhatikan keterbatasan asumsi ketersediaan jaringan dan perangkat yang tentunya akan sangat berkaitan dengan infrastruktur.

Melihat kelemahan-kelemahan tersebut artikel ini belum cukup kuat untuk dijadikan referensi utama. Namun terlepas dari itu artikel ini sangat baik untuk mengembangkan metode-metode baru dalam pembelajaran khususnya terkait dengan pengembangan teknologi pembelajaran. Di masa yang akan datang diharapkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam menghadirkan kemudahan, kenyamanan dan kedalaman belajar bagi tiap-tiap siswa dan guru.

 

MAKALAH REVIEW JURNAL: ARTIKEL 5

Identitas Artikel

Judul       : Innovative Teaching: An Empirical Study of Computer-Aided Instruction in Quantitative Business Courses

Penulis     : Füsun F. Gönül dan Roger A. Solano

Artikel ini ditulis oleh Füsun F. Gönül dan Roger A. Solano. Dr. Fusun F. Gonul merupakan pengajar berbagai kuliah seperti riset pemasaran, ekonometrik, dan statistik, dan juga melakukan penelitian empiris yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah termasuk Journal of American Statistical Association, Journal of Econometrics, Journal of Marketing, Ilmu pemasaran, dan Ilmu Manajemen. Dalam publikasi dia telah secara ekstensif diteliti perilaku pilihan menggunakan state-of-the-art metode ekonometrik dengan penekanan khusus pada heterogenitas yang tidak teramati di seluruh individu.

Riwayat Pendidikan :

  • Bachelor of Science in Economics & Statistics, Middle East Technology University, Ankara, 1979.
  • Master of Arts in Economics, Case Western Reserve University, Cleveland, 1982.
  • Doctor of Philosophy in Economics, Ohio State University, Columbus, 1986.

Jurnal      : Journal of Statistics Education

Artikel ini diterbitkan di Journal of Statistics Education pada edisi Vol. 21, Nomor. 1, tahun 2013. Jurnal ini sudah terindeks di :

  • •PANDORA Archive (Australia)
    •EBSCO Host
    •ProQuest
    •Gale Publishing
    •HW Wilson Index & Abstracts
    •Cabell’s Directories
    •DOAJ

    ERA Ranking: C
    ERA ID#: 35696
    FoR(1): 1301
    FoR(2): 1302
    FoR(3): 1399
    ABDC Ranking: C
    Google Scholar Impact Factor
    h-index = 8

Isi Artikel

Secara singkat isi dari artikel ini adalah sebagai berikut :

Masalah PenelitianHasil belajar bisnis kuantitatif yang belum terukur selama ini terutama pada pembelajaran blended learning
Tujuan PenelitianPenelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh faktor-faktor akademis seperti jumlah peserta dalam kelas, suplemen bahan pembelajaran berbasis web dan pekerjaan rumah
Metode Pengumpulan dataData diambil dengan melakukan observasi dan  kuisioner pada sejumlah 102 mahasiswa program sarjana dengan observasi ganda di Khan Akademy pada tahun 2011
Metode PenelitianMetode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan regresi berganda model panel regression
Obyek PenelitianMahasiswa program sarjana di Khan Akademy
Waktu dan Tempat PenelitianPenelitian ini dilakukan pada Agustus 2011 di Khan Akademy
Metode Analisis DataAnalisis data menggunakan model regresi panel
Hasil AnalisisJumlah siswa berpengaruh positif pada hasil tes tetapi tidak signifikan pada waktu penyelesaianSuplemen berbasis web tidak signifikan pada hasil tes tetapi signifikan positif pada waktu penyelesaianPemberian pekerjaan rumah tidak signifikan pada hasil tes tetapi signifikan positif pada waktu penyelesaian
SimpulanJumlah siswa mempunyai efek positif pada hasil tes sedangkan suplemen web dan pekerjaan rumah mempunyai efek pada waktu pengerjaan tes

  

Komentar Artikel

Melihat keterbatasan dari penelitian ini yaitu yang tidak memperhatikan efek dari jam pembelajaran dalam setiap harinya karena data bisa diambil pada pembelajaran sesi pagi, siang, maupun sore hari, yang bisa berdampak pada proses pemelajaran siswa. Sampel penelitian juga terbilang kecil yaitu hanya 100 responden, walaupun sudah cukup kuat bila digunakan sebagai landasan generalisasi namun akan lebih baik bila sampelnya diperbesar. Tidak menutup kemungkinan adanya variabel-variabel lain di luar variabel yang diobservasi juga turut mempengaruhi hasil penelitian. Dengan demikian model penelitian masih sangat terbuka untuk diperbaiki atau dimodifikasi lagi agar mendekati kondisi nyata.

 

BAB III KESIMPULAN

Pembelajaran hybrid atau juga sering disebut sebagai blended learning dewasa ini mulai dikembangkan dan diterapkan di berbagai negara. Harapan tercapainya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan menjadi tujuan umum dalam berbagai program pembelajaran tersebut. Melihat kajian-kajian tentang aplikasi pembelajaran hybrid yang sudah dilakukan membuka peluang untuk diperdalam baik esensi penerapan pembelajaran hibryd itu sendiri sampai pada aplikasi paling memungkinkan dan efektif untuk diterapkan sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah contoh makalah review artikel jurnal yang baik dari kami. Semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan bersama maglearning.id.

Loading...

Pages ( 3 of 3 ): « Balik12 3